tips menurunkan berat badan

4 Stategi Management Stres Sebagai Tips Menurunkan Berat Badan

Bagaimana tips menurunkan berat badan melalui pengelolaan stres? Apakah benar-benar efektif dilakukan untuk program fat loss?

Ketika memasuki program fat loss atau penurunan berat badan, maka latihan dan pengaturan pola makan (diet) adalah hal pertama yang harus dilakukan.

Namun tahukah Anda bahwa kesehatan mental juga perlu diperhatikan? Ketika pikiran sedang tidak sehat, apakah ini juga mempengaruhi program fat loss?

Jawabannya adalah TENTU.

Beberapa pertanyaan juga sudah muncul. Salah satunya adalah “kenapa sudah latihan, diet, dan juga sering melakukan sit up, tapi berat badan belum juga turun?”

Atau bahkan Anda merasa bahwa belum ada perubahan sehingga lemak yang ada di perut sulit untuk bergeser atau menghilang?

Saking seringnya, keluhan seperti ini bukanlah rahasia umum lagi. Dan kebanyakan, hambatan tersebut berasal dari stres (tertekan).

Apa itu Kortisol?

tips menurunkan berat badan

Secara ilmiah, kortisol merupakan hormon yang diproduksi di kelenjar adrenal sebagai bagian dari sistem respons stres, yang disebut juga dengan Hypothalamic-pituitary-adrenal (HPA) Axis.

Ketika Anda merasa stres atau tertekan secara mental maupun fisiologis, maka salah satu bagian di dalam otak Anda yang dinamakan hipotalamus akan mengirimkan pesan ke kelenjar pituitari, pesan tersebut dikirim melalui darah ke kelenjar adrenal untuk memberitahu bahwa saatnya mengeluarkan kortisol.

Produksi hormon kortisol ketika masih dalam tahap wajar, dikatakan dapat membantu berbagai cara kerja tubuh seperti membantu mengatur metabolisme glukosa, pelepasan insulin, meningkatkan kekuatan memori (daya ingat), hingga menambah energi. Karena itu, hormon kortisol cukup bermanfaat bagi sistem tubuh Anda.

Namun apa yang terjadi apabila produksi hormon kortisol secara berlebihan dan terus-menerus (kontinyu)?

Stres yang berlebihan akan menyebabkan tubuh berada dalam kondisi lemah. Dan ini tentu saja dapat memicu sejumlah masalah kesehatan.

Antara lain tekanan darah meningkat, penurunan kepadatan tulang, ketidakseimbangan gula darah, penurunan imunitas (daya tahan tubuh), serta dapat menghambat mobilisasi (pembakaran) lemak.

Mobilisasi lemak adalah pemecahan sel adiposa (lemak) untuk menggerakkan trigliserida (molekul lemak) ke dalam aliran darah untuk digunakan sebagai energi.

Jadi apa yang sebaiknya Anda lakukan?

Berikut ini terdapat 4 strategi jitu sebagai penangkal stres dan pastinya sangat baik untuk Anda jadikan tips menurunkan berat badan yang cepat.

Baca sampai akhir dan Anda akan tahu betapa mudahnya mengelola stres ketika program fat loss ini.

#1. Just Let it Flow

tips menurunkan berat badan

Bahkan ketika Anda BACA artikel ini, mungkin masih sempat terlintas hal lain yang mengganggu benak Anda.

Entah itu apakah Anda sudah mengirimkan email untuk bos Anda, atau Anda masih mengingat-ingat apakah sudah membayar kuang kontrakan atau belum, atau berpikir bahwa akhir pekan lalu Anda terlalu banyak makan sehingga Anda terlihat lebih gemuk?

Satu hal yang tidak dapat dipungkiri adalah terlalu banyak waktu yang dihabiskan untuk memikirkan semua hal itu secara bersamaan, justru dapat menguras energi pada pikiran Anda. Akibatnya, pikiran Anda semakin tertekan dan stres.

Efek dominonya adalah stres yang terlalu berat dapat mengganggu program fat loss yang sedang dijalankan.

Bukan hanya itu, berbagai dampak lain seperti penurunan kinerja latihan, produktivitas kerja, hingga kelelahan mental, juga bisa dialami jika tidak ada management stress yang Anda lakukan.

Jika stres ini tengah melanda, maka luangkan waktu untuk bermeditasi atau sekadar mengosongkan pikiran dan fokus. Memang cara ini bukanlah secara langsung, namun salah satu tips menurunkan berat badan adalah bersahabat dengan stres, bukan membiarkanya semakin sering terjadi.

Salah satu teknik untuk mengatasinya adalah setiap kali Anda memikirkan tentang masa lalu maupun masa depan yang menurut Anda berat, akuilah hal itu dan biarkan berlalu tanpa beban.

Dan yang paling penting, yakinlah bahwa Anda akan selalu BISA mengatasi berbagai hal yang sedang terjadi pada Anda.

#2. Tips Menurunkan Berat Badan Populer dengan Yoga

tips menurunkan berat badan

Mungkin beberapa dari Anda yang masih menganggap bahwa senam yoga diperuntukkan bagi mereka kaum hawa. Padahal, baik pria maupun wanita sangat disarankan melakukan yoga sebagai salah satu management stress.

Seperti yang sudah dikatakan di awal, tingkat stres yang tinggi akan mengganggu program penurunan berat badan yang Anda lakukan.

Cara cukup tepat untuk mengatasinya adalah dengan melakukan yoga.

Tips menurunkan berat badan selanjutnya adalah yoga. Yoga merupakan salah satu aktivitas yang cukup populer dalam beberapa waktu terakhir. Senam ini juga dapat membantu meningkatkan fleksibilitas, meningkatkan kekuatan otot, meningkatkan respirasi, serta mengurangi potensi cedera.

Yoga lebih berfokus pada pengaturan nafas untuk membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi ketegangan otot, dan tentu saja mengurangi produksi hormon kortisol yang berlebih.

Bagaimana management stress dengan berlatih yoga untuk menurunkan berat badan?

Anda bisa mulai berlatih yoga setiap minggu. Baik itu di gym (class) atau di dalam rumah sendiri. Fokus pada cara mengendalikan pernapasan. Kenapa? Karena mengendalikan pernapasan adalah senjata ampuh ketika situasi stres muncul.

#3. Perbaiki Waktu Tidur Anda

tips menurunkan berat badan

Faktor lain yang dapat menyebabkan timbulnya stres adalah karena kurang tidur. Baik stres secara fisik maupun mental bisa terjadi akibat kurang mendapatkan waktu istirahat.

Tidur adalah salah satu aktivitas yang mudah dilakukan. Tidur berfungsi cukup penting sebagai salah satu cara atau tips menurunkan berat badan yang efektif. Dengan tidur yang cukup, energi dalam otak Anda akan terisi kembali. Bukan hanya itu, tidur yang cukup dapat membantu mempercepat proses pemulihan serta meningkatkan pertumbuhan massa otot.

Beberapa hasil penelitian juga dikatakan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan peningkatan pada berat badan karena beberapa alasan. Seperti:

  • Performa latihan menurun akibat tubuh terasa lemas (kurang tidur)
  • Cenderung makan berlebihan

Mengapa disebut cenderung makan berlebih? Hal ini dikarenakan ketika kurang tidur terjadi ketidakseimbangan hormon pada tubuh Anda. Dan ini dapat memicu peningkatan nafsu makan dan mengurangi perasaan kenyang.

Teknik management stress: Atur alarm pada jam atau smartphone Anda. Pastikan alarm berhenti berbunyi setelah Anda memperhitungkan waktu yang cukup untuk tidur. Jika rutin dilakukan maka ini akan menciptakan kebiasaan dan otak Anda akan mulai merespons tanpa perlu alarm.

#4. Tips Menurunkan Berat Badan dengan Cepat Melalui HIIT

tips menurunkan berat badan

Beberapa dari Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah di atas. Benar?

Ya, ini adalah salah satu teknik latihan kardio yang cukup ngetrend saat ini. Terlebih bagi Anda yang berniat untuk turunkan berat badan.

HIIT atau high intensity interval training adalah latihan yang cukup intensif hanya dalam waktu yang cukup singkat.

Cukup banyak manfaat dari melakukan HIIT. Antara lain membantu meningkatkan endorfin (membuat tubuh merasa lebih baik), mengurangi kelelahan, memperbaiki waktu tidur, meningkatkan suasana hati (mood), meningkatkan fokus dan kewaspadaan, hingga membantu meningkatkan fungsi kognitif secara keseluruhan.

Latihan HIIT ini juga sangat efektif untuk mengurangi produksi hormon kortisol yang meningkat. Dan pastinya, ini juga bisa membantu memangkas kadar lemak berlebih dalam tubuh Anda, terutama pada area perut.

Pada saat latihan HIIT menyebabkan defisit oksigen yang pada akhirnya dapat menyebabkan ‘excess post-exercise oxygen consumption’ (EPOC). Artinya, tubuh Anda dapat terus membakar kalori hingga dalam waktu kurang lebih 48 jam setelah latihan.

Hal ini menyebabkan rantai perubahan metabolisme yang unik dalam tubuh seperti peningkatkan sensitvitas insulin. Pada gilirannya nanti ini akan membantu tubuh untuk mengambil glukosa lebih cepat. Selanjutnya, proses pembakaran lemak bisa menjadi lebih maksimal.

Jadi ketika berlatih HIIT, bukan hanya mengurangi produksi hormon kortisolnya yang bisa Anda dapat, melainkan juga dapat meningkatkan enzim pembakaran lemak.

Bagaimana management stress melalui HIIT?

Karena latihan ini cukup intens dan menguras tenaga, maka jangan terlalu sering dalam melakukannya. Dalam seminggu, sebaiknya lakukan sebanyak 2-3 kali.

Contoh yang paling sederhana untuk memulai HIIT adalah berlari di atas mesin treadmil. Lakukan sprint dengan kecepatan tinggi selama 30 detik pertama. Kemudian 30 detik kedua jalan biasa. Ulangi dan lakukan sebanyak 10-15 set (putaran).

Kesulitan untuk berlari di atas treadmill atau gym, Anda bisa mencoba latihan menggunakan kettlebell, yakni kettlebell swing. Ayun kettlebell selama 45 detik kemudian berhenti selama 15 detik sebelum dilanjut lagi. Anda bisa melakukannya sebanyak 10-15 putaran.

HIIT ini sangat disarankan bagi Anda, terlebih Anda yang memiliki mobilitas tinggi sehingga sangat sulit mendapatkan waktu khusus untuk istirahat.

HIIT adalah solusi sempurna karena dapat dilakukan dengan intensif tapi tidak memakan waktu yang terlalu lama untuk melakukannya.

Dari beberapa poin di atas, tujuan utamanya adalah tetap sebagai tips menurunkan berat badan melalui management stress. Pastinya ini adalah untuk menghentikan produksi hormon kortisol yang berlebih.

Stres yang tinggi dapat memicu penyimpanan lemak berlebih dalam tubuh, tak terkecuali pada area perut. Sehingga hal itu bisa menyembunyikan otot perut Anda.

Jadi mulai sekarang, satu tips menurunkan berat badan yang bisa Anda lakukan adalah dengan management stress sebaik-baiknya. Apabila sudah, maka Anda akan segera mendapatkan hasilnya.

loading…


Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes