turunkan berat badan

5 Tips Mudah Menjaga Badan Tetap Ideal Selama Liburan

Momen liburan akhir tahun seperti saat ini bisa menjadi tantangan tersendiri bagi Anda yang menjalani diet, baik untuk menurunkan berat badan maupun menjaga tubuh tetap ideal.

Ya, momen liburan biasanya akan diisi dengan berkumpul bersama keluarga maupun teman. Tidak jarang setiap berkumpul disuguhkan dengan makanan-makanan yang menggugah selera.

Namun, makanan tersebut biasanya mengandung banyak kalori dan lemak. Jika dikonsumsi secara tidak beraturan bisa jadi berat badan Anda akan bertambah. Pastinya ini akan menjadi tantangan sendiri bagi Anda yang ingin menjaga berat badan Anda tetap ideal.

Berikut ini 5 tips untuk menjaga berat badan Anda tetap ideal selama liburan akhir tahun.

Tips 1, Kontrol Porsi Makan Anda

suplemen puasa

Mengontrol porsi makan di sini bukan berarti mengharuskan Anda untuk mengonsumsi makanan yang terlalu sedikit.

Dengan mengontrol porsi makan akan dapat membuat Anda terhindar dari makan berlebih sehingga Anda tetap dapat menikmati makanan sekaligus menjaga kebugaran tubuh Anda.

Saran terbaik mengenai waktu makan saat liburan adalah dengan tetap makan sebanyak 5-6 kali dalam sehari. Jangan membatasi diri Anda dengan makan kurang dari dua kali atau makan dengan sangat sedikit kalori. Jika begitu, maka metabolisme Anda juga akan menurun.

Meningkatkan metabolisme tubuh akan membantu pembakaran lemak tubuh Anda. Salah satu caranya adalah dengan makan setiap 2-3 jam.

>> 4 Makanan Tepat untuk Ratakan Perut Buncit Anda <<

Tips 2, Perbanyak Konsumsi Sayuran Hijau

Cegah Kanker Dengan Kubis

Sayur-sayuran memang kaya akan nutrisi penting bagi tubuh serta bagi Anda yang ingin menjaga berat badan Anda tetap ideal.

Sayuran hijau seperti brokoli, kacang hijau, atau sawi mengandung separuh dari asupan karbohidrat harian Anda.

Sementara itu, sayuran seperti sayuran berdaun oranye, kacang-kacangan, biji-bijian seperti gandum dan quinoa, mengandung protein yang tinggi.

Makanan-makanan tersebut mengandung protein dan serat sehingga dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Baca Juga: 10 Alasan Mengapa Kita Harus Makan Sayuran Hijau Setiap Hari

Tips 3, Jangan Lupakan Latihan!

latihan kardio

Olahraga atau latihan mugkin kerap dilupakan pada saat liburan. Padahal, cara terbaik untuk menjaga kebugaran dan berat badan Anda adalah dengan melakukan latihan rutin, baik latihan beban maupun latihan kardio.

Latihan beban tidak mewajibkan pergi ke gym untuk melakukannya. Latihan beban bisa Anda lakukan dengan mengandalkan berat tubuh Anda sendiri atau bodyweight training. Seperti push up, pull up, sit up, squat, chin up, burpee, dan lain-lain.

Namun alangkah baiknya jika latihan beban ini dilakukan sebelum latihan kardio. Jadi, latihan kardio di lakukan pada akhir sesi latihan Anda. Anda dapat melakukan latihan kardio yang cukup menantang seperti dengan teknik High Intensity Interval Training.

Tips 4, Pilih Protein yang Terbaik untuk Istirahat Malam Anda

tinggi protein

Tubuh Anda akan bekerja lebih baik (mengasimilasi) protein pada akhir hari Anda dan pada saat Anda tidur. Jadi sebaiknya Anda lebih mengonsumsi protein tanpa lemak serta sayuran berdaun hijau sebelum tidur daripada karbohidrat.

Dan protein casein sangat tepat untuk dikonsumsi di malam hari. Protein casein akan membantu Anda terhindar dari rasa lapar di malam hari karena sifatnya yang time release sehingga tubuh diberi pasokan protein secara terus menerus.

Selain untuk memasok kebutuhan protein saat tidur, protein casein terbaik juga dapat membantu meningkatkan daya tahan dan daya tubuh Anda, serta meningkatkan kesehatan dan kekuatan tulang Anda.

Tips 5, Pastikan untuk Melakukan Latihan Beban

Lebih Kuat Melakukan Push-Up

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, latihan beban (resistance training) adalah latihan yang sangat tepat untuk menjaga bentuk tubuh Anda tetap ideal. Cardio dan diet (mengatur pola makan) saja tidak cukup.

Jika ingin membakar lebih banyak kalori secara alami, maka juga diperlukan untuk membangun otot. Otot sendiri merupakan kompor pembaran lemak tubuh Anda.

So, dengan meningkatkan massa otot melalui latihan beban maka pembakaran lemak tubuh Anda juga akan lebih besar.

Note: Dengan mendownload ebook ini, Anda akan mendapatkan latihan-latihan terbaik untuk membantu mendapatkan dan menjaga berat badan Anda tetap ideal selama liburan >> Rahasia Mendapatkan Berat Badan Ideal Hanya Dalam 30 Hari

BadanIdeal

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes