7 Latihan yang Efektif Membantu Tubuh Lebih Ramping dan Lean

Sangat banyak sekali jenis latihan yang dapat membantu Anda memangkas timbunan lemak berlebih dalam tubuh Anda serta membantu Anda mendapatkan bentuk tubuh yang Anda inginkan.

Namun, ada beberapa latihan yang sangat efektif untuk membakar lemak tubuh Anda. Salah satunya adalah latihan compound (compound exercise).

Latihan compound bekerja pada beberapa kelompok otot dan melibatkan banyak sendi dalam waktu bersamaan. Dengan begitu, latihan ini sangat efektif untuk membangun kekuatan serta fisik tubuh yang Anda inginkan.

Namun sebelum melakukan latihan compound, perhatikan bahwa gerakan harus benar. Selain untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, juga untuk mencegah risiko cedera.

Apabila Anda masih pemula, maka sebaiknya mulai dengan berat beban yang tidak terlalu berat. Seiring dengan kemampuan teknis yang tepat, maka tingkatkan kekuatan beban Anda.

Selain melakukan latihan compound, tambahkan juga beberapa latihan untuk mendapatkan hasil yang maksimal, yaitu menurunkan berat badan sekaligus tubuh lebih kencang.

1. Squat

manfaat overhead squat

Squat merupakan salah satu latihan utama untuk membentuk tubuh bagian bawah. Pastinya latihan ini juga latihan yang baik untuk membakar lemak dengan melibatkan banyak otot dalam gerakannya.
Latihan squat juga tidak sulit dan bisa Anda lakukan dimanapun tanpa mengharuskan pergi ke gym. Anda dapat melakukannya dengan dumbbell, barbell, kattlebell, atau bodyweight (berat tubuh).

>> 6 Variasi Squat yang Jangan Anda Lewatkan Jika Ingin Memiliki Lower Body Kuat <<

2. Bench Press

otot besar sebelah

Latihan ini mungkin lebih dikenal dengan latihan untuk membentuk otot dada.

Ya, bench press dianggap sebagai latihan terbaik untuk membentuk otot dada. Selain itu, latihan bench press juga dapat membantu Anda untuk memangkas lemak berlebih.

Namun tidak hanya otot dada, bench press juga merupakan latihan yang sangat membantu pembentukan tubuh bagian atas, mulai dari dada, lengan, dan bahu.

Agar latihan ini maksimal, ketika menurunkan beban sebaiknya secara perlahan hingga hampir menyentuh dada. Kemudian beban dorong ke atas dengan otot dada. Ketika beban di atas maka biarkan sejenak baru kemudian ulangi kembali gerakannya.

3. Deadlift

latihan deadlift

Deadlift adalah latihan selain squat yang sangat efektif untuk melatih tubuh bagian bawah. Namun tidak hanya tubuh bagian bawah, deadlift juga sangat tepat untuk melatih otot tubuh bagian atas khususnya punggung dan bahu.

Untuk melakukan deadlift, Anda dapat melakukannya dengan dumbbell atau barbell. Ketika melakukannya, sangat penting untuk menjaga posisi punggung Anda tetap lurus.

Selain itu perhatikan pula lebar jarak kedua kaki. Biasanya jaraknya adalah selebar bahu Anda, namun ini masih dapat disesuaikan dengan keinginan Anda. Simak juga artikel menarik lain Tips Deadlift Bagi Anda yang Jarang Melakukannya.

4. Burpee

5Burpee

Latihan ini merupakan latihan sederhana yang cukup populer untuk menurunkan berat badan. Latihan sederhana merupakan kombinasi dari push up dan squat jump.

Memang, latihan ini terbilang cukup berat namun jika dilakukan secara konsisten maka akan sangat membantu menurunkan berat badan dan menjaga tubuh kita tetap fit.

5. Plank

variasi-plank

Meskipun kalah populer dibandingkan crunch atau leg raise, namun latihan plank cukup efektif untuk melatih otot perut.

Latihan plank sendiri merupakan latihan keseimbangan dan pengkondisian tubuh bagian tengah. Karena melatih otot perut, maka latihan ini sangat efektif untuk mengusir timbunan lemak berlebih dalam tubuh Anda, terlebih di bagian perut.

6. Lunge

reverse lunge fix

Latihan ini adalah latihan yang sangat tepat untuk melatih glutes dan kaki Anda. Mungkin banyak yang melakukan latihan ini menggunakan dumbbell atau barbell, namun melakukan lunge juga dapat dengan berat tubuh Anda.

7. Glute Bridge

5Bridge

Latihan ini merupakan salah satu latihan terbaik untuk membentuk otot glutes Anda. Latihan ini sendiri cukup simpel, berbaring telentang dan tekuk kedua lutut Anda hingga telapak kaki menapak di lantai.
Kemudian angkat pinggul Anda setinggi mungkin semampu Anda dan tahan hingga glutes dan hamstring Anda merasa terbakar. Kembali ke posisi semula dan ulangi gerakan.

#Jangan Lupakan Kardio

latihan treadmill

Latihan beban memang efektif untuk menghancurkan timbunan lemak berlebih dalam tubuh. Namun, jangan melupakan latihan kardio.

Selama ini mungkin latihan kardio biasa dilakoni hanya sebagai pemanasan. Namun, jika dilakukan juga di akhir latihan beban selama 15-20 menit maka akan sangat efektif membantu menstabilkan kadar lemak dalam tubuh Anda serta membuat kondisi tubuh Anda lebih bugar.

Latihan-latihan di atas merupakan latihan pilihan yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan dan bentuk tubuh yang Anda inginkan. Namun ingat, pastikan latihan dilakukan secara rutin serta diimbangi dengan pola makan yang sehat, istirahat yang cukup serta suplementasi yang tepat agar mendapat hasil maksimal.

Untuk suplementasi, alangkah baiknya untuk memilih suplemen protein untuk membantu meningkatkan daya tahan dan daya pulih tubuh Anda. Seperti Iso Sensation dari Ultimate Nutrition yang mengandung protein terbaik serta hampir tidak mengandung gula sehingga membantu meningkatkan massa otot bebas lemak. Tentunya ini akan membuat program pembentukan tubuh Anda agar lebih lean akan segera tercapai.

Baca Juga: Super Sibuk? Lakukan Latihan Sederhana Ini Selama 5 Menit untuk Bakar Lemak Tubuh Lebih Cepat

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes