Bikin Tubuh Anda Tetap Membakar Kalori Meski Sedang Tidur

Kunci untuk menurunkan berat badan atau pembentukan tubuh adalah dengan olahraga dan mengatur pola makan (diet). Padahal, satu hal lagi yang perlu diperhatikan adalah dengan istirahat. Memiliki istirahat atau tidur malam yang berkualitas akan memberikan efek yang baik bagi tubuh Anda.

Namun tidak sedikit yang melupakan manfaat dari tidur yang berkualitas. Mendapatkan waktu istirahat malam hari adalah keharusan bagi fitnes mania. Ini karena tidur sangat penting untuk pertumbuhan dan perbaikan otot. Selain itu, tidak mendapatkan tidur malam yang berkualitas juga disebut berpotensi untuk menambah lemak dalam tubuh.

Otot memiliki peran besar dalam metabolisme tubuh Anda. Karena itu, akan sangat penting untuk menumbuhkan pertumbuhan otot baru sehingga mendorong pembakaran kalori tubuh Anda agar lebih maksimal, baik saat aktif maupun saat Anda tidur. Jadi, metabolisme Anda akan tetap terjaga untuk membakar kalori.

Berikut adalah beberapa tips untuk membuat metabolisme tubuh Anda tetap terjaga dan membakar kalori meskipun Anda sedang tidur.

#1. Tidur Selama 7-9 Jam

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, mendapatkan tidur yang berkualitas akan sangat mendukung program penurunan berat badan yang Anda lakukan. Bukan hanya latihan atau diet yang harus Anda perhatikan, tidur juga patut menjadi perhatian utama.

Ketika tidur, tubuh kita akan memproduksi hormon pertumbuhan yang sangat penting bagi program Anda, termasuk menurunkan berat badan. Otot yang terjaga akan mendorong pembakaran kalori tubuh. Namun, kebutuhan waktu istirahat tiap-tiap orang mungkin berbeda. Yang direkomendasikan adalah tidur selama 7-9 jam.

BACA JUGA: 6 Tips Praktis Diet Sehat dan Aman

#2. Matikan Ponsel Anda

Peralatan elektronik yang Anda miliki dan pakai biasanya seperti televisi, laptop atau ponsel, adalah hal yang perlu mendapat perhatian. Bahkan, beberapa penelitian menyebut jika cahaya yang dipancarkan dari ponsel Anda dapat merangsang otak Anda. Tentu,  ini dapat semakin menyulitkan Anda untuk menuju waktu tidur.

Penelitian dari Lighting Research Center (LRC) tahun 2012 lalu menyebutkan bahwa paparan cahaya dari perangkat elektronik Anda dapat mengganggu ritme sirkadian tubuh karena menekan hormon melatonin.

Masalah yang sama juga akan juga akan timbul dari komputer. So, karena itu sebaiknya singkirkan laptop atau ponsel Anda ketika Anda ingin berangkat tidur. Yang direkomendasikan adalah matikan alat-alat tersebut selama satu hingga dua jam sebelum tidur.

#3. Hindari Kafein Sebelum Tidur

Sebenarnya, hal ini sudah jelas untuk disarankan menghindari kafein maupun stimulan sebelum tidur. Namun tidak sedikit yang menyadari bahwa mereka melakukannya, terutama kopi. Bahkan, mungkin snack yang kaya protein juga masih mengandung kafein yang tentu akan dapat menganggu waktu tidur Anda.

Tidak sedikit fitnes mania, mungkin termasuk Anda, yang gemar atau rutin berlatih di malam hari. Dan ketika akan berlatih, kebanyak akan mengambil suplemen yang mengandung kafein untuk meningkatkan tenaga.  Dan jika terlalu mepet dengan jadwal tidur, maka efek kafein akan mengganggu tidur Anda.

Solusinya adalah berlatihlah namun tidak terlalu dekat dengan jadwal tidur Anda sehingga efek kafein akan menurun dan dapat membuat Anda mendapatkan tidur yang berkualitas.

>> Kafein, Menambah Daya Ingat Hingga Maksimalkan Pembakaran Lemak <<

#4. Konsumsi Protein Lambat Serap Sebelum Tidur

Casein adalah protein yang lambat diserap sehingga ideal jika dikonsumsi sebelum tidur. Protein casein akan membentuk gel dalam perut dan protein dilepaskan secara perlahan. Ini akan membuat waktu tidur Anda lebih berkualitas dan tidak terbangun karena lapar. Karena lambat serap, maka pasokan protein untuk tubuh Anda akan tetap terjaga dan metabolisme tubuh tetap lancar.

Beberapa makanan sumber kasein antara lain yoghurt dan keju. Atau Anda juga dapat menambahkannya melalui suplementasi protein kasein.

Dengan menjaga pola makan, latihan rutin, dan istirahat cukup maka dapat membuat pembakaran kalori tubuh Anda berjalan dengan maksimal. (ctr)

BACA JUGA: 4 Metode Latihan Terbaik untuk Pangkas Lemak Tubuh Berlebih

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes