Cara Cepat Turunkan Berat Badan dengan Pacu Metabolisme

Cara Cepat Turunkan Berat Badan dengan Pacu Metabolisme

Cara cepat turunkan berat badan adalah dengan memacu metabolisme tubuh Anda. Bagaimana caranya? Berikut tipsnya untuk Anda.

Apakah Anda masih kesulitan untuk turunkan berat badan?

Atau Anda sudah berusaha dengan keras tapi belum mendapat bentuk tubuh yang diinginkan?

Bisa jadi itu karena metabolisme tubuh Anda yang lambat.

Memiliki bentuk tubuh yang kurang ideal atau berat badan yang berlebih, memang dapat mengganggu aktivitas harian Anda.

Bahkan, berat badan yang berlebih juga dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri Anda.

Karena itu, bagi Anda yang memiliki berat badan berlebih pasti ingin segera mengetahui cara cepat turunkan berat badan.

Cara Cepat Turunkan Berat Badan dengan Meningkatkan Metabolisme

Cara Cepat Turunkan Berat Badan dengan Pacu Metabolisme

Beberapa dari Anda mungkin sudah mencoba segala hal untuk mengurangi berat badan. Namun, hingga saat ini Anda belum mendapatkan hasil seperti yang diinginkan.

Salah satu faktor yang mungkin menghambat goal Anda tersebut adalah berbedanya sistem metabolisme tubuh setiap individu.

Apabila proses metabolisme tubuh berjalan lambat, maka pembakaran kalori yang dilakukan di dalam tubuh tentunya juga sangat lambat. Sebaliknya, jika pembakaran tubuh Anda cepat, tentunya Anda juga semakin cepat pula meraih gol yang diinginkan.

Memang faktor genetik dapat menentukan tingkat metabolisme Anda, tetapi tahukah Anda bahwa metabolisme Anda bisa berubah-ubah?

Metabolisme sendiri sebenarnya adalah Basal Metabolic Rate (BMR). BMR sendiri merupakan jumlah energi dalam bentuk kalori yang dibutuhkan tubuh untuk hidup dan organ tubuh berfungsi sebagai mana mestinya.

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi metabolisme Anda. Misalnya jenis kelamin dan usia.

Mengurangi Makan Bukan Solusi Cerdas

Cara Cepat Turunkan Berat Badan dengan Pacu Metabolisme

Rumus yang biasanya ada untuk menurunkan berat badan adalah ‘Kalori yang masuk lebih kecul daripada kalori yang keluar’. Salah satu caranya adalah dengan mengurangi makan.

Mungkin satu atau dua orang berhasil, tetapi ketika berhenti diet, dan kembali makan normal, berat badan langsung naik kembali ke titik awal arau bahkan lebih berat lagi.

Solusi untuk menurunkan berat badan adalah mengurangi kalori sebesar 500 kalori saja per harinya. Bisa dengan cara mengurangi makan sebesar 500 kalori saja, atau makan dengan jumlah yang sama tetapi menambah olahraga dengan pembakaran sebesar 500 kalori.

Bisa juga dengan mengkombinasi keduanya.

Misalnya diet mengurangi 300 kalori makanan, dan olahraga membakar kalori sebesar 300 kalori. Jangan salah langkah dengan mengurangi makanan sebesar 500 kalori dan berolahraga juga sebesar 500 kalori karena totalnya akan menjadi kekurangan sebesar 1000 kalori. Dan hal itu sekali lagi akan menurunkan BMR kita.

Yang kedua adalah untuk memprogram BMR supaya tetap tinggi, kita harus makan sesering mungkin, dan yang disarankan adalah 5-6x makan terbagi atas 3 makan utama dan 2-3x snack.

Lalu bagaimana meningkatkan metabolisme sebagai cara cepat turunkan berat badan?

Baca Juga: Ketika Mengurangi Makan = Gemuk

Percepat Metabolisme dengan Angkat Beban

Bagi Anda yang merasa proses metabolisme di dalam tubuhnya lambat, jangan khawatir karena ada beberapa cara untuk meningkatkannya. Salah satunya adalah dengan latihan.

1. Latihan Angkat Beban

Cara Cepat Turunkan Berat Badan dengan Pacu Metabolisme

Angkat beban bukan hanya diperuntukan bagi Anda yang ingin memiliki tubuh dempal nan berotot. Melainkan juga bagi Anda yang ingin turunkan berat badan.

Pada saat melakukan angkat beban, maka akan membuat otot Anda bekerja lebih keras sehingga membuatnya merasakan stres.

Stres pada otot tersebut diartikan sebagai perusakan jaringan otot yang bersifat sementara karena dipaksa mengangkat beban yang berat.

Setelah otot berhasil memperbaiki dirinya, maka otot tersebut akan bertambah baik dari massa maupun kekuatannya. Maka dari itu, jangan anti untuk latihan menggunakan beban berat.

Semakin banyak otot, maka semakin cepat proses pembakaran lemak.

2. Istirahat Tiap Set Lebih Singkat

Cara Cepat Turunkan Berat Badan dengan Pacu Metabolisme

Menahan nafas untuk waktu yang lama antara set tidak akan bekerja jika tujuan Anda untuk memangkas lemak.

Cara cepat turunkan berat badan pada saat latihan adalah dengan memperpendek waktu istirahat setiap set.

Jika sebelumnya Anda berlama-lama istirahat, maka sebaiknya segera perpendek waktu istirahat Anda menjadi 30 detik setiap setnya.

3. Pangkas Lemak dengan Superset

Cara Cepat Turunkan Berat Badan dengan Pacu Metabolisme

Superset merupakan teknik latihan yang mengombinasikan dua jenis latihan dan melakukan latihan ini dengan berurutan tanpa ada jeda di antara latihan tersebut.

Disebut-sebut sangat efektif karena latihan ini memungkinkan otot Anda untuk melakukan variasi latihan di mana setelah melakukan satu set latihan A, Anda akan berlanjut ke satu set latihan B tanpa jeda istirahat.

Tidak hanya efektif, melainkan juga hemat waktu. Karena tanpa jeda istirahat, secara otomatis juga dapat persingkat waktu Anda.

Selain itu, dengan latihan superset akan membantu meningkatkan produksi asam laktat tubuh Anda. Pasalnya, ketika pertumbuhan hormon Anda meningkat, tubuh akan berada dalam kondisi anabolik atau pembentukan otot, yang berarti Anda akan mendapatkan pertumbuhan otot lebih maksimal dalam waktu yang singkat.

4. Latihan Kardio HIIT

Cara Cepat Turunkan Berat Badan dengan Pacu Metabolisme

Latihan kardio yang terlalu lama memang tidak disarankan bagi Anda yang ingin cara cepat turunkan berat badan.

Karena jika dilakukan terlalu lama, bukan hanya lemak yang terbakar, tapi juga otot Anda. Karena itu, apabila ingin melakukan latihan kardio sebaiknya perhatikan intensitas dan juga durasi latihannya. Dan yang kini sangat populer adalah latihan HIIT atau High Intensity Interval Training.

Penelitian dari University of Western Ontario membandingkan antara latihan singkat tapi intens (diiringi dengan sprint) dengan latihan dalam tempo sedang.

Hasilnya, meskipun singkat tapi peserta yang melakukannya lebih intens dapat membakar lemak tubuh DUA KALI LEBIH BANYAK.

Latihan yang keras dan intens ini membuat tubuh Anda bekerja lebih keras sehingga dapat membakar lemak lebih banyak.

Dengan latihan yang intens maka tubuh Anda membutuhkan energi yang memadai. Karena itu, pastikan asupan makronutrisi Anda yaitu protein, karbohidrat, dan lemak selalu terpenuhi.

Baca Juga: Langsing Alami Lebih Cepat dengan Latihan HIIT

Percepat Metabolisme Tubuh dengan Reverse Diet

Cara Cepat Turunkan Berat Badan dengan Pacu Metabolisme

Diet cara ini adalah metode diet yang banyak digunakan oleh mereka para atlet body contest ataupun binaraga, di mana saat perlombaan tersebut metabolisme mereka telah ‘rusak’ karena diet ekstrem.

Namun, setelah masa perlombaan berakhir, mereka yang mengikuti ajang serupa akan memulihkan metabolisme dengan menambah asupan makanan.

Selain tetap menambahkan massa otot dengan latihan, meminimalisir lemak dengan cara menambahkan asupan kalori secara perlahan dalam waktu tertentu juga menjadi tujuan dalam reverse diet ini.

Reverse diet merupakan fase ketika seseorang hanya memprioritaskan pada perbaikan metabolisme, bukan pembakaran kalori.

Kalori yang dibutuhkan oleh setiap individu berbeda-beda, hal ini tergantung pada tipe tubuh Anda (ectomorph, mesomorph, atau endomorph). Reverse diet tak hanya dilakukan oleh mereka yang baru saja melakukan perlombaan, namun juga cocok bagi mereka yang telah melakukan diet ketat.

Apa saja sih keuntungan melakukan reverse diet?
• Makan lebih banyak dari porsi diet Anda.
• Memiliki energy lebih dalam menjalankan keseharian Anda.
• Bisa melakukan latihan tidak hanya untuk fat loss saja, melainkan juga bisa berfokus ke strength training dan body shaping.

Kebiasaan Ini Bantu Dongkrak Metabolisme Anda

1. Istirahat/ Tidur yang Cukup

cara cepat turunkan berat badan

Tidur cukup, 8 jam sehari. Tidur adalah waktu bagi tubuh untuk memperbarui dan memperbaiki sel sehingga metabolisme tubuh tetap terjaga dalam level optimal.

2. Sarapan

cara cepat turunkan berat badan

Makanlah makanan yang tinggi karbohidrat kompleks seperti roti gandum utuh atau oatmeal dengan susu tinggi protein rendah lemak pada saat sarapan.

Hal ini adalah untuk memberikan cadangan energi dalam waktu lama sehingga menjaga metabolisme Anda tetap optimal sampai waktu makan berikutnya.

3. Asupan Protein

cara cepat turunkan berat badan

Pastikan protein terkandung dalam setiap makanan Anda. Protein sangat dibutuhkan untuk membantu meningkatkan metabolisme tubuh, meningkatkan perkembangan otot, menjaga nafsu makan dan menjaga otot bebas lemak. Penelitian menunjukkan protein dapat membakar kalori sampai sebanyak 35%.

Konsumsi protein yang tepat adalah salah satu cara cepat turunkan berat badan.

4. Hindari Alkohol

Cara Cepat Turunkan Berat Badan dengan Pacu Metabolisme

Alkohol dapat menurunkan performa fisik dan pikiran, karena membuat pusing, kurang konsentrasi dan menurunkan daya pikir.

Tanpa konsumsi alkohol sama sekali, Anda akan merasa energi Anda jauh lebih tinggi dan metabolisme tubuh akan jauh lebih aktif.

Selain itu, telah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa konsumsi alkohol yang berlebih juga memicu sejumlah penyakit berbahaya.

5. Perbanyak Minum Air (Hidrasi)

cara cepat turunkan berat badan

Air merupakan salah satu nutrisi yang sangat penting untuk membantu meningkatkan metabolisme tubuh agar mampu membakar lemak tubuh secara optimal.

Karena itu, pastikan Anda minum air putih dalam jumlah cukup, yaitu 8 gelas sehari.

6. Kurangi Stres

cara cepat turunkan berat badan

Stres tidak hanya menyebabkan Anda memilih makanan ringan berkalori tinggi, stres benar-benar dapat memperlambat metabolisme. Jadi sangatlah penting untuk beristirahat secara teratur di hari sibuk Anda.

Memang Anda tidak berarti harus terus melakukan hal yang sama tiap harinya, tetapi luangkan waktu untuk bersenang-senang dapat menurunkan stress sehingga metabolisme dan pasokan energi pun terjaga.

Bila Perlu, Tambahkan Suplementasi untuk Tingkatkan Metabolisme

1. CLA

cara cepat turunkan berat badan

Conjugated Linoleic Acid (CLA) adalah lemak sehat yang ditemukan dalam daging dan susu. Suplemen ini menawarkan pelindung ganda untuk mengusir lemak jahat. CLA juga dapat membantu membakar lemak dan meningkatkan massa otot.

Orang yang mengonsumsi 3,2 gram suplemen ini biasanya akan membakar lemak sekitar 454 gram per bulannya. Karena CLA juga dapat meningkatkan massa otot, pembakaran lemak akan naik sedikit demi sedikit.

Meski demikian, Anda mendapat keuntungan yang sangat besar dan bentuk tubuh yang ideal untuk menambah massa otot dan cara cepat turunkan berat badan.

Sumber makanan terbaik CLA adalah daging sapi, susu organik, keju, dan telur.

2. Seng

cara cepat turunkan berat badan

Meskipun Anda sudah menjalani diet sehat, Anda mungkin saja masih kehilangan nutrisi (mineral) yang penting bagi tubuh. Seng salah satunya.

Mineral ini banyak sekali ditemukan pada kerang, daging sapi, dan daging unggas yang berwarna gelap. Masalahnya adalah kadang Anda terlalu banyak mengonsumsi mineral zat besi, kalsium, dan fosfor sehingga dapat mengganggu penyerapan zink atau seng.

Sebenarnya Anda tidak perlu mengonsumsi terlalu banyak seng, sangat penting untuk mendapatkannya meskipun dalam jumlah yang sedikit.

Kelenjar tiroid Anda memerlukan seng untuk menghasilkan hormon tiroid yang membantu menjaga metabolisme dan energi tubuh. Bahkan ada bukti bahwa seng dapat membantu mengontrol nafsu makan Anda.

3. Catechin

cara cepat turunkan berat badan

Teh terutama teh hijau adalah sumber katekin, zat yang melindungi stimulan alami dalam tubuh. Karena katekin berfungsi sebagai peningkat aktivitas sel, maka secara tidak langsung zat ini akan meningkatkan kebutuhan energi dalam tubuh sehingga dapat membakar kalori lebih banyak sepanjang waktu.

Penurunan berat badan dengan mengonsumsi suplemen ini akan berlangsung lebih lama. Para peneliti di The Cleveland Clinic menganalisis hasil dari 15 studi tentang suplemen katekin dan menemukan bahwa pil dapat membantu Anda menurunkan sekitar satu pon atau 454 gram per bulan. Para ahli percaya bahwa dengan mengonsumsi teh hijau dapat mencegah naiknya berat badan kembali.

4. Selenium

cara cepat turunkan berat badan

Meskipun selenium penting untuk kesehatan dan berat badan, Anda tidak perlu mengonsumsi mineral ataupun suplemen ini terlalu banyak.

Anda bisa mendapatkannya dalam ikan tuna, ikan kod, atau udang, jamur, biji bunga matahari dan kacang brasil. Jika makanan tersebut bukan merupakan bagian dari makanan sehari-hari Anda, pertimbangkan untuk memilih suplemen yang memberikan kebutuhan akan mineral ini sehari-hari Anda.

Selenium dapat membantu memastikan bahwa kelenjar tiroid di leher yang mengatur metabolisme agar tetap sehat dan terus menghasilkan hormon yang menjaga metabolisme dan energi dengan optimal.

Anda juga bisa konsumsi suplemen yang mengandung kafein untuk tingkatkan metabolisme tubuh Anda. Tentunya ini akan sangat membantu bagi Anda yang ingin memiliki tubuh ideal karena fungsinya adalah untuk meningkatkan energi, bakar lemak berlebih, serta menekan nafsu makan.

EFEKTIF PERCEPAT METABOLISME TUBUH ANDA

  • Meningkatkan Metabolisme Tubuh
  • Menambah Energi dan Stamina
  • Membakar Lemak Tubuh
  • Menekan Nafsu Makan

Tambah energi dan buat performa Anda lebih optimal sekarang juga!BELI DI SINI!

Bagaimana, apakah sudah siap untuk mendongkrak metabolisme tubuh Anda sebagai cara cepat turunkan berat badan?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes