cara kontrol berat badan

Cara Cerdik Kontrol Berat Badan dengan Langkah Berikut!

Menghitung kalori? Tidak Mau! Ya, Banyak alasan yang orang tak mau melakukannya. Alasan terseringnya adalah tidak ada waktu untuk melakukannya. Selain itu, menghitung kalori yang masuk ke tubuh juga merupakan sesuatu hal yang rumit. Untuk itu, banyak yang tak mau ambil langkah repot dengan melakukannya. Sebenarnya, terdapat cara lain untuk mengontrol kalori yang masuk ke tubuh Anda. Misalnya dengan beberapa cara-cara berikut ini!

hEADLINE fAT lOSS

1.) Jus Buah Memang Sehat, Namun Jangan Terlalu Sering

‘Aku senang sekali dengan meminum jus buah, karena kandungan nutrisi dan vitaminnya yang sehat!” Itu memang benar. Ya, benar sekali. Masalahnya adalah, jus-jus tersebut sangat manis dan cepat menambah jumlah kalori total harian Anda.

‘Apa? Benarkah hal tersebut?’ Ya, setidaknya begitulah hasil penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Clinical Nutrition. Sekitar 37 persen dari warga Amerika memiliki total kalori harian berasal dari gula manis yang berasal dari minuman seperti soda dan jus buah. Untuk itu, minum jus buah memang sesekali direkomendasikan untuk memperbaiki nutrisi dan vitamin dalam tubuh Anda, namun tidak jika terlalu sering. Ada baiknya untuk Anda menggantinya dengan minum air putih atau minum protein shake yang dapat membantu Anda dalam mempercepat pembentukan tubuh yang Anda inginkan.

2.) Go Green untuk Makan Malam Anda

Memang, makan malam yang salah akan menentukan penambahan kadar lemak dalam tubuh Anda. Akibatnya, hal itu bisa berdampak bada kenaikan berat badan Anda. Alangkah baiknya jika Anda melakukan makan malam tiga jam sebelum akhirnya memutuskan untuk tidur. Sebaiknya, pilih menu makanan dengan sayur-sayuran hijau. Hal ini dikarenakan, sayur-sayuran telah banyak mengandung serat yang bermanfaat untuk membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Memang, banyak menyadari jika sayuran itu merupakan menu makanan yang membosankan. Terlebih jika menu tersebut disajikan dalam bentuk salad. Jika Anda berpikiran sama seperti ini, maka Anda dapat mengombinasikan salad Anda dengan irisan dada ayam. Sudah bukan rahasia lagi jika dada ayam banyak mengandung protein yang baik untuk menunjang pembentukan otot Anda.

3.) Boleh Sesekali, Namun Tidak Terus untuk Makan di Luar

Mungkin kita akan sulit untuk menolak ajakan orang terkasih ataupun sahabat, dan rekan-rekan kerja Anda untuk makan di luar. Ya, hal tersebut wajar. Namun, tahukah Anda bahwa dengan makan di luar (restoran), maka Anda akan menyuplai tubuh Anda dengan jumlah kalori harian yang jauh lebih banyak? Itu benar. Hal ini dikarenakan, Anda akan lebih lahap dan memungkinkan Anda untuk lepas kontrol dalam menyantap menu hidangan tersebut. Belum lagi jika Anda memilih menu makanan yang rendah akan nutrisi. Tentunya, hal ini akan berisiko besar untuk kegagalan diet Anda.

Untuk mengatasi hal ini, maka Anda perlu untuk berpikir cerdas dengan membawa bekal makanan sendiri ke kantor ataupun saat Anda menghabiskan waktu di luar rumah. Menu yang Anda masak sendiri akan lebih menyehatkan, dan yang paling penting, Anda pun tak perlu khawatir dengan jumlah kalori yang Anda makan.

4.) Lingkungan Menentukan Perubahan Diri Anda

Jika Anda telah memutuskan untuk menerapkan pola hidup sehat, maka tentunya Anda akan mewujudkan upaya-upaya yang mengarah ke hal tersebut. Salah satunya dengan melakukan latihan dan melakukan diet sehat. Namun, hal tersebut tidak akan berhasil jika Anda tak mempunyai lingkungan yang menunjang Anda untuk melakukan hal-hal tersebut.

Lingkungan adalah salah satu faktor terpenting untuk kunci kesuksesan Anda. Jika Anda berada di lingkungan dengan orang-orang yang tidak memiliki pemikiran serupa, maka hal besar kemungkinan Anda akan terpengaruh dengan pola pikirnya. Sebaliknya, jika Anda berada di lingkungan yang sehat, dengan orang-orang yang memiliki pemikiran yang sama dengan Anda, maka keinginan Anda untuk membentuk tubuh yang kekar akan semakin dekat. Itulah mengapa lingkungan menjadi alasan terbesar untuk keberhasilan Anda dalam menerapkan pola hidup sehat.

5.) Melakukan Latihan Adalah Usaha Paling Nyata

Jika Anda menargetkan ingin membuang kantong-kantong lemak dan membuat tubuh Anda terlihat lebih proporsional, maka wajib bagi Anda untuk melakukan latihan. Latihan adalah salah satu faktor yang penting selain niat dan konsistensi Anda. Pertama yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan tubuh atletis adalah dengan membuang lemak berlebih di tubuh Anda. Maka dari itu, lakukan kardio untuk memangkas lemak tersebut. Meski kardio adalah latihan terbaik untuk membakar lemak, namun bukan berarti Anda menutup mata dengan latihan lainnya. Ada baiknya bagi Anda untuk tetap melakukan latihan angkat beban agar penurunan dan bentuk tubuh Anda semakin maksimal menuju ke arah yang lebih baik.

Bagaimana, cukup mudah ‘kan untuk melakukannya? Semoga target Anda untuk memiliki bentuk tubuh yang proporsional akan terwujud dengan cara-cara di atas! (gie)

BACA JUGA: Bakar Kalori Lebih Cepat Dengan Cara Mudah

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes