bosan makan buah

Dilanda Kebosanan? Makan Bukanlah Jawabannya!

Apakah Anda sering dilanda kebosanan dan melampiaskannya dengan makan? Jika iya, maka Anda sebaiknya harus menghentikan kebiasaan ini. Kedengarannya sederhana dalam teori, tapi belajar bagaimana membedakan antara kebosanan dan kelaparan akan membantu untuk mengontrol nafsu makan Anda. Dengan menghentikan kebiasaan tersebut, Anda juga bisa membatasi kenaikan berat badan. Berikut ini beberapa tips yang mungkin berguna untuk menghentikan menjadikan makanan sebagai pelarian saat Anda bosan.

Headline Bosan Makan

Ubah Pola Pikir

Para psikolog mengatakan bahwa kebiasaan makan yang dilatarbelakangi oleh stres, rasa bosan, depresi dapat menambah berat badan pelakunya. Kebiasaan makan ini akan membuat Anda untuk selalu mengunyah makanan meskipun di saat Anda tidak benar-benar lapar. Untuk itu, hal yang sangat diperlukan adalah mengubah pola pikir dan sadar akan akibat dari kebiasaan tersebut.

Pikirkan Ulang Waktu Menonton Televisi

Jika Anda tidak memiliki rencana di sore dan malam hari untuk pergi keluar rumah, maka biasanya Anda akan tergoda untuk duduk nyaman di atas sofa dan menonton televisi. Karena tidak ada aktivitas, biasanya Anda akan menghilangkan kejenuhan atau kebosanan dengan cenderung melihat layar televisi. Dan tidak dapat dipungkiri bahwa sangat nyaman untuk menikmati makanan ringan saat menonton televisi. Oleh karena itu, untuk mengatasi hal ini, sebaiknya kurangi jam menonton televisi Anda dan lakukanlah kegiatan yang lain.

Minumlah Air Putih

Banyak orang yang kebingungan dengan sensasi haus pada orang yang lapar. Sangat sulit memang untuk memebedakan kapan Anda benar-benar haus atau lapar. Untuk membedakannya cobalah Anda minum air saat lapar dan tunggu hingga 20-30 menit kemudian. Jika perut Anda masih terasa lapar, maka Anda benar-benar dalam kondisi lapar.

Jauhi Lemari Makanan Atau Pendingin

Sering membuka lemari es dan meraih makanan darinya akan membuat Anda berada dalam kerugian. Ketika Anda mulai berdiri dan makan, Anda sering kali tidak sadar sudah berapa banyak makanan yangsudah Anda makan. Tetapkan waktu tertentu kapan Anda harus makan makanan ringan maupun yang berat. Hal ini tidak hanya membantu Anda membedakan antara bosan dan lapar, tapi juga akan membuat Anda makan secukupnya saat di luar rumah.

Selain hal-hal di atas, Anda juga perlu menambahkan olahraga rutin dan menghindarkan diri dari stres,depresi,rasa bosan agar makanan tidak menjadi bahan pelampiasan Anda seterusnya. Semoga bermanfaat. (mee)

BACA JUGA: Rahasia Artis Bollywood Raih Tubuh Sixpack Sempurna

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes