fakta sarapan

Fakta Sarapan yang Mampu Ubah Berat Badan Makin Ideal

Sudahkah Anda sarapan hari ini? Ya, hari ini tepatnya 9 Maret salah satu restoran siap saji ternama sedang menawarkan sarapan gratis bagi seluruh pelanggannya. Ini adalah kali ketiga restoran yang banyak tersebar di beberapa belahan dunia ini mengadakan program ‘National Breakfast Day’.

Headline Sarapan

Dalam berita yang dikutip oleh Liputan6.com, gerakkan ini dilakukan karena kepedulian terhadap pentingnya sarapan sebelum memulai aktivitas. Memangnya, sepenting itukah sarapan?

Melewatkan sarapan justru dapat meningkatkan kalori yang masuk ke tubuh Anda. Bahkan, sarapan dapat meningkatkan mood, energi, dan konsentrasi. Itulah mengapa orang yang selalu sarapan memiliki berat badan yang sehat daripada mereka yang sering melewatkan sarapan (Survei Breakfast Week, dikutip DailyMail (29/01)).

Mitos Tentang Sarapan yang Beredar di Masyarakat

Tentu Anda pernah mendengar mitos-mitos salah yang beredar luas di tengah masyarakat. Mitos ini tebtu tidak sepenuhnya benar. Untuk itulah Anda dituntut sebagai masyarakat yang cerdas dengan membuktikan kebenarannya. Berikut adalah mitos-mitos salah yang sering kita dengar!

Ngantuk-

Mitos: Sarapan boleh ditunda, karena bukan makanan yang penting.
Faktanya, sarapan sangatlah penting bagi kebutuhan nutrisi tubuh Anda. Hal ini dikarenakan, selama Anda tidur lelap semalaman, maka gula darah akan berkurang. Hal ini bisa saja menyebabkan Hipoglikemia (kadar gula darah yang rendah). Bila hal ini terjadi, maka akan mempengaruhi sistem organ tubuh, misalnya akan terjadi gangguan sistem otak. Itulah sebabnya, sarapan sangat penting untuk memulai aktivitas dari pagi hingga siang.

Mitos: Sarapan akan membuat kita mengantuk.
Faktanya, sarapan akan memberikan persediaan energi yang Anda butuhkan untuk beraktivitas hingga siang hari. Memang, mitos tersebut tidak sepenuhnya salah. Hal ini bergantung pada kandungan nutrisi dalam menu sarapan Anda. Jika saat sarapan Anda mengasupi banyak karbohidrat (seperti nasi), maka hal tersebut benar adanya. Jadi, bukan ‘sarapannya’ yang menjadikan seseorang mengantuk, namun menu makanan yang Anda pilihlah penyebabnya.

Mitos: Sarapan bisa membuat anak kelebihan berat badan.
Faktanya, anak-anak yang rajin sarapan justru akan terjaga berat badannya. Melewatkan 3 kali sarapan dalam seminggu akan berpotensi meningkatkan 252 kalori. Jika hal itu terjadi, maka akan terjadi penumpukan sebanyak 91.890 kalori, hal itu justru akan menyebabkan berat badan Anda bertambah (Survei Breakfast Week, dikutip DailyMail (29/01)). Itulah sebabnya sarapan adalah hal yang sangat penting dan wajib untuk Anda jalani.

Lalu, Masihkah Anda latah dengan mengikuti diet-diet yang sedang populer tanpa mengetahui kebenaran dan alasan ilmiah di balik itu semua?

Beberapa metode diet populer justru menganjurkan Anda untuk tidak sarapan. Ya, banyak alasan yang mendasari hal tersebut. Salah satu alasannya yakni sarapan tidak akan mempercepat metabolisme Anda. Namun, bagaimana jika Anda memilih menu sarapan yang kaya akan nutrisi? Masihkah Anda pikir sarapan tidak penting? Salah, justru dengan sarapan yang kaya nutrisi akan membantu Anda kenyang lebih lama.

Berikut 4 Aturan Sarapan yang Membuat Anda Kenyang Lebih Lama!

Sarapan

Singkatnya,
Jika Anda mempunyai target untuk menurunkan berat badan, maka ada baiknya untuk Anda melakukan sarapan 1 jam setelah bangun tidur. Ini merupakan kebiasaan orang-orang barat. Hal ini dilakukan untuk membantu ritme sirkadian tubuh dan meningkatkan metabolisme awal. Selanjutnya, pilih menu sarapan yang banyak mengandung protein demi memperoleh energi yang cukup untuk aktivitas Anda. Jangan lupa perkirakan jumlah serat pada menu sarapan Anda. Setidaknya, sarapan Anda harus mengandung 8 gram serat untuk membantu Anda kenyang lebih lama. Demi menunjang target penurunan berat badan, menu sarapan untuk sebisa mungkin merupakan menu makanan yang mengandung rendah kalori.

Cara Memilih Menu Sarapan Sehat

istock_000020111414small

• Pilih menu makanan lengkap
Sarapan ideal itu berupa kombinasi dari protein, karbohidrat, dan lemak sehat. Protein dan lemak akan membuat Anda kenyang lebih lama. Sementara karbohidrat memberikan dorongan energi. Pastikan Anda menghindari lemak jenuh dan memilih gandum.

• Kurangi makanan bergaram
Jika tidak ingin bangun tidur dengan perut terasa kembung, pastikan Anda memperhatikan asupan makanan yang mengandung garam. Dan pastikan juga tidak lebih dari 500 mg garam per makanan, yang berarti anda harus menjauhi makanan beku atau kemasan.

• Pilih sereal mengandung serat, lemak dan kadar gula yang cukup
Misalnya saja, pilih sereal yang setidaknya memiliki 3 gram serat dalam setiap penyajian. Beri perhatian lebih pada informasi kandungan lemak, serat dan gula. Kebanyakan sereal, granola dan breakfast bar cenderung mengandung banyak gula dibanding serat

• Pengganti buah-buahan
Cara lain yang cepat dan mudah untuk memaksimalkan menu sarapan Anda adalah selalu menyediakan kismis dan kacang di dapur. Kismis bisa dijadikan sebagai pengganti buah segar saat persediaan buah Anda kosong.

Bagaimana, masih mau melewatkan sarapan? (gie)

BACA JUGA: Tidak Bugar Saat Latihan? Awas Hipertensi

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes