Fat Loss Guide. Back to Basic

Anda mungkin termasuk dari ribuan orang yang saat ini sedang mengalami kelebihan berat badan.  Anda pun sudah berjuang mati-matian untuk menurunkan berat badan, namun hasil maksimal tak kunjung Anda dapatkan.

Jika demikian, kini saatnya Anda kembali ke prinsip-prinsip dasar menurunkan berat badan dan membakar lemak yang mungkin belum pernah Anda jalankan sebelumnya.

Demi menurunkan berat badan atau membakar lemak, Anda yang suka berolahraga akan melakukan latihan keras sebanyak mungkin tanpa memikirkan pola makan. Sementara yang tidak suka berolahraga, akan memilih untuk mengurangi porsi makannya hingga rela berlapar-lapar setiap hari agar berat badannya turun drastis.

Para pemula pasti banyak yang bingung dengan berbagai macam cara menurunkan berat badan. Padahal ada keuntungan tersendiri bagi para pemula karena dengan memulai program fatloss sedikit saja, sudah dpat merangsang peningkatan metabolisme tubuh yang merupakan kunci pembakaran lemak.

PRINSIP DASAR PROGRAM PENURUNAN BERAT BADAN

Berikut ini prinsip dasar program penurunan berat badan bagi pemula. Langkah ini bisa menjadi pedoman awal bagi Anda yang ingin memulai program penurunan berat badan.

Bagi porsi makan untuk mengatur kalori

Banyak sekali program fatloss yang menyarankan prinsip utama ini, yaitu pengaturan kalori makanan, dan dijamin Anda pasti pusing dengan cara ini karena harus menghitung berapa jumlah masing-masing kalori dalam berbagai jenis makanan. Nah agar lebih mudah, coba Anda terapkan cara yang lebih sederhana berikut ini:

Perhatikan piring makan di depan Anda. Bayangkan seperempat bagian piring adalah makanan berprotein tinggi (misalnya dada ayam, daging tanpa lemak, ikan, tempe, tahu putih telur rebus, dan lainnya), seperempat lainnya adalah karbohidrat kompleks (misalnya nasi merah, roti gandum, oatmeal, ubi), lalu seperempat berikutnya adalah sayuran dan seperempat terakhir adalah buah-buahan segar.

Terapkan pola makan besar Anda seperti di atas sebanyak 2-3 kali sehari dan perhatikan apa yang terjadi.

Ingin ngemil ingat protein

Anda masih lapar di antara waktu makan besar dan ingin sekali ngemil? Sebagian besar camilan yang biasa Anda konsumsi adalah kurang sehat dan umumnya hanya mengandung karbohidrat simpel, gula, dan lemak (contohnya gorengan, biskuit manis, wafer, roti putih dan sebagainya).

Oleh karena itu, selalu ingat protein setiap kali Anda ingin ngemil! Asupan protein akan membuat Anda kenyang lebih lama dan membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

Ada berbagai camilan berdasar protein yang lebih sehat seperti kacang rebus, selai kacang, atau biskuit berbahan dasar gandum yang bisa Anda dapatkan di supermarket terdekat. Camilan sehat lainnya tentu saja buah-buahan seperti jeruk, apel, alpukat dan masih banyak lagi. Sebaiknya Anda membawa bekal berbagai jenis camilan sehat tersebut sehingga bisa Anda makan kapan saja ingin ngemil.

Mulailah latihan beban

Jika Anda belum pernah mencoba latihan beban, maka bergegaslah untuk memulainya. Latihan beban sangat efektif untuk meningkatkan metabolisme tubuh sehingga meningkatkan pembakaran kalori tubuh setaip hari.

Latihan beban mengutamakan kekuatan tubuh dalam waktu yang lebih pendek dan karenanya membutuhkan bahan bakar yang cepat, yaitu karbohidrat (gula). Jadi saat latihan, mulailah dengan latihan beban terlebih dahulu baru diakhiri dengan latihan kardio.

Prinsipnya, karbohidrat akan dibakar di awal latihan beban sehingga menyisakan lemak yang siap dibakar dengan latihan kardio. Pastikan cukup asupan karbohidrat dan protein sebelum dan sesudah latihan untuk membantu mempercepat pemulihan dan membentuk massa otot baru.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes