cara mengecilkan perut

Hanya Latihan Kardio untuk Menurunkan Berat Badan? Maksimalkan dengan Angkat Beban!

Anda serius melakukan latihan kardio karena ingin menurunkan berat badan?

Apakah Anda terlalu lama di atas mesin kardio dengan harapan banyak lemak yang terbuang?

Bagaimana sekarang hasilnya?

Ya, latihan kardio memang menjadi lathan favorit untuk menurunkan berat badan.

Latihan ini merupakan gerakan yang membuat jantung berdetak lebih cepat serta meningkatkan sirkulasi darah.

Latihan kardio sangat populer untuk digunakan membakar kelebihan kalori dan lemak. Latihan ini sendiri memang cukup efektif untuk membakar lemak tubuh.

Pertanyaannya adalah, apa sudah cukup hanya mengandalkan latihan kardio untuk menurunkan berat badan? Sudah pernah melakukan latihan beban?

#Penurunan Berat Badan Lebih Maksimal dengan Latihan Beban

kontraksi eksentrik

Banyak sekali jenis gerakan latihan kardio, antara lain jogging, lari, renang, atau bersepeda. Latihan kardio juga memunculkan beragam teknik seperti circuit training atau High Intensity Interval Training (HIIT) yang semakin memperkuat bahwa latihan kardio efektif menurunkan berat badan.

Namun, hanya dengan latihan kardio saja maka penurunan berat badan akan kurang maksimal. Mengapa? Karena menjaga massa otot sangatlah penting bagi Anda. Nah, caranya adalah dengan melakukan latihan beban.

#Ayo Segera Mulai Latihan Beban

Barbell Complex Workout

Tidak ada kata tepat selain sekarang untuk membuat perubahan. Jika Anda sudah melakukan latihan kardio hingga berat tubuh Anda menurun, maka saatnya Anda latihan beban untuk menjaga massa otot Anda.

Jika Anda bingung bagaimana cara memulainya, Anda dapat mencoba terlebih dahulu gerakan melaui video (youtube), membeli buku, atau Anda dapat meminta jasa personal trainer.

Baca Juga: Kebiasaan yang Sebaiknya Jangan Anda Lakukan Saat Latihan Beban

#Tubuh Anda Akan Membakar Kalori Lebih Banyak Saat Angkat Beban

angkat beban

Hasil penelitian menunjukkan bahwa latihan beban dapat meningkatkan EPOC (Exess Post exercise Oxygen Consumption). Ini berarti bahwa tubuh Anda masih akan membakar kalori meski setelah latihan ketika otot Anda memperbaiki diri.

Berlatih beban juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh Anda. Tentunya, latihan beban yang masuk dalam latihan compound (melibatkan banyak kelompok otot) akan lebih maksimal Anda lakukan.

#Latihan Kardio Memang Dapat Menurunkan Berat Badan, Tapi Mungkin Bukan Seperti yang Anda Inginkan

menurunkan berat badan dengan cepat

Latihan kardio membakar kalori, dan defisit kalori bisa menyebabkan hilangnya lemak. Menurunkan berat badan dengan hanya latihan kardio saja memang cukup efektif.

Masalahnya, bukan hanya otot Anda saja yang bisa terpangkas, melainkan juga massa otot Anda. Pastinya ini dapat membawa kerugian bagi Anda.

Jika ini terjadi pada Anda, maka Anda akan terlihat cukup kurus dengan otot yang minim. Tentunya jika dipandang akan terasa kurang sempurna karena otot yang tidak terlihat.

>> Bakar Lemak dengan Latihan Kardio yang Lebih Singkat <<

#Dengan Latihan Beban, Akan Membuat Tubuh Anda Ramping Tapi Berotot

DietHL

Di sinilah keunggulan dari latihan beban.

Selain membantu menurunkan kadar lemak dalam tubuh Anda, juga dapat membantu menjaga massa otot tubuh Anda. Sehingga akan membuat tubuh Anda ramping dan kencang (lean).

Pastinya ini akan semakin menambah kepercayaan diri Anda dengan memiliki bentuk tubuh yang ideal.

#Jangan Pernah Minder, Orang Lain Tidak Memperhatikan Anda!

latihan di gym

Perasaan ini mungkin pernah dialami mereka yang baru masuk ke gym. Tidak sedikit fitnes mania, mungkin juga Anda, yang merasa malu ketika baru memulai nge-gym di pusat kebugaran.

Mulai dari perasaan bingung harus memulai latihan apa, hingga berat yang menurut orang lain terlalu ringan.

Langkah yang baik Anda lakukan adalah hilangkan pikiran tersebut. Banyak fitnes mania yang sebenarnya kurang bahkan tidak memperhatikan Anda ketika di gym. Karena perhatian mereka tertuju pada target yang mereka lakukan.

#Ladies, Latihan Beban Tidak Akan Membuat Tubuh Anda Kekar!

latihan punggung

Pertanyaan ini juga tak jarang dilontarkan oleh fitnes mania perempuan. Mereka takut latihan beban karena khawatir tubuhnya akan menjadi berotot seperti kaum pria. [Baca Juga: Ladies, Haruskah Anda Mengangkat Beban Jika Ingin Menurunkan Berat Badan?]

Sempat dibahas pada artikel-artikel sebelumnya, latihan beban tidak akan serta merta membuat tubuh perempuan menjadi berotot layaknya pria. Ini dikarenakan kadar hormon pertumbuhan (terutama testosteron) antara pria dan perempuan sangatlah berbeda.

So ladies, jangan takut untuk latihan beban ya?!

#Jangan Lupakan Latihan Kardio

turunkan berat badan dengan berlari

Setelah hobi beralih ke latihan beban, Anda lantas meninggalkan latihan kardio. Latihan kardio masih penting Anda lakukan untuk menjaga kardiovaskuler Anda serta menstabilkan kadar lemak tubuh Anda.

Anda dapat melakukan latihan kardio di awal latihan sebagai pemanasan, dan di akhir sesi latihan. Atau Anda juga bisa melakukan latihan kardio ketika masa recovery.

Jika ingin lebih menantang, lakukan latihan kardio high intensity interval training (HIIT) ketika masa recovery ini untuk meningkatkan kesehatan jantung Anda.

#Maksimalkan Latihan Anda dengan Suplementasi Pembakar Lemak

manfaat creatine

Mengapa suplemen dapat membantu memaksimalkan latihan Anda?

Dengan bantuan suplementasi seperti suplemen pembakar lemak yang mengandung L-Carnitine akan dapat menambah energi Anda saat latihan.

L-Carnitine sendiri berfungsi untuk menggunakan dan membakar lemak Anda sebagai tambahan energi sebelum disimpan dalam tubuh. L-Carnitine terbaik seperti L-Carnitine dari Ultimate Nutrition akan menjadikan latihan Anda optimal karena mencegah pembentukan lemak dan juga meningkatkan energi pada saat berlatih.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes