merampingkan pinggang

Tidur Nyenyak Bantu Merampingkan Pinggang

Banyak cara untuk merampingkan pinggang, seperti diet sehat dan olahraga. Namun ternyata, tidur yang berkualitas sangat membantu untuk mengecilkan ukuran pinggang. Benarkah?

merampingkan pinggang

Akibat gaya hidup yang tidak sehat banyak memunculkan beragam masalah, salah satunya obesitas. Obesitas atau kelebihan berat badan dapat dilihat secara fisik melalui ukuran lingkar pinggang. Batas ukuran lingkar pinggang normal pada pria adalah 90 cm sementara wanita 80 cm.

Untuk mengatasi hal itu, maka diet yang sehat dipadu dengan olahraga akan sangat membantu. Tidak hanya untuk mengecilkan ukuran pinggang, melainkan juga menyehatkan badan secara keseluruhan. Karena jika kelebihan lemak di perut, selain berakibat obesitas juga dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskuler.

Selain diet dan olahraga, tidur yang nyenyak dan berkualitas ternyata juga sangat membantu mengecilkan ukuran pinggang. Berikut ini manfaat tidur nyenyak pada ukuran pinggang Anda seperti dikutip dari PopSugar, Rabu (14/01).

1. Mengurangi Nafsu Makan

Ketika Anda tidur akan mempengaruhi kadar hormon leptin yang mengatur lapar (membantu merasa kenyang) dan ghrelin yang merangsang nafsu makan. Jika Anda tidak mendapatkan tidur yang berkualitas, makan hormon leptin akan menurun dan meningkatkan ghrelin. Hal ini dapat membuat Anda makan secara berlebih jika kurang tidur.

Dalam sebuah studi baru-baru ini menyebutkan, wanita yang tidak memiliki tidur pulas, makan 300 kalori lebih banyak daripada mereka yang tidur nyenyak.

2. Mengurangi Lemak Perut

Tidur berkualitas rasanya sangat tepat bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Bahkan bagi yang memiliki perut buncit, tidur ternyata dapat mengurangi lemak di perut.

Selain kurang gerak, pemicu perut buncit adalah gelisah dan stres. Ini dapat menyebabkan menumpuknya lemak di perut, terlebih jika jarang melakukan olahraga. Nah, solusi terbaiknya adalah mungkin dengan memiliki istirahat yang cukup serta mendapatkan tidur yang berkualitas.

3. Menekan Gen Kegemukan

Dalam sebuah studi menemukan bahwa wanita yang mendapatkan tidur selama tujuh hingga sembilan jam saat malam hari, berat badannya cenderung menurun daripada mereka yang kurang tidur.

Peneliti yakin, mereka yang tidur kurang dari tujuh jam atau lebih dari sembilan jam, dapat mempengaruhi gen kegemukan atau bahkan obesitas.

4. Menambah Energi

Setelah seharian disibukkan dengan pekerjaan, tubuh kita akan merasa lelah. Nah, solusi terbaiknya adalah tidur. Karena ketika kita tidur, tubuh kita akan menjalankan metabolisme yang memproduksi energi.

Tidur yang nyenyak pada malam hari akan membuat memiliki cukup energi ketika berolahraga. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tidurlah lebih awal agar bangun lebih pagi dan bersiap untuk melakukan olahraga.

Memiliki jam tidur yang cukup akan sangat membantu merampingkan pinggang serta menyehatkan tubuh. Namun, kurang tidur dan terlalu berlebihan juga sangat tidak dianjurkan.

Semoga bermanfaat. (ctr)

BACA JUGA: Percepat Metabolisme untuk Anda Yang Bertubuh Tambun

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes