Udah Usaha… Kenapa Ya Tidak Turun-turun? (Dialog)

Hampir semua dari yang pernah berkonsultasi tentang bagaimana cara menurunkan berat badan yang benar, selalu memiliki kesalahan yang sama, tidak berolahraga, atau berolahraga terlalu banyak, dan terutama semua mengurangi makan. Tetapi olahraga rutin dan dilakukan sebanyak itu, ditambah makan sesedikit mungkin malah membuat berat badan tidak turun.

Keanehan-keanehan tubuh kita ternyata menjadi momok tersendiri bagi banyak orang, karena mereka tidak bisa mengerti bagaimana tubuh kita bekerja. Berikut ini saya posting pembicaraan saya dengan Riva, yang setiap hari berolahraga selama 5 jam dan makan 2x sehari, tetapi dalam sebulan tidak turun 1kg pun.


Riva:
Hi temen-teman WG.
Aku sekarang lagi bingung banget deh, udah 1 bulan ini aku mulai ambil keputusan diet plus olah raga secara teratur. tapi kok udah 1 bulan berat badanku ndak turun sama sekali ya?
Padahal orang yang tempat fitness-nya aja udah ketakutan banget sama caraku fitness en dietnya. Tapi dah 1 bulan lo, 1 bulan, beratku ndak turun sama sekali.
Program diet ku:
06.00 : minum susu hi lo
12.00 : Nasi setengah plus buncis (atau sayuran laen) cuma 1 macem aja
15.00 : Yogurt plus buah apel atau strawberry
pulang kantor langsung ngegym sampek jam 10 malem.
malem ndak makan lagi, paleng minum CDR buat kalsium.
Program olah raga ku:
Hari kerja :
17.30 (setelah pulang kerja) langsung cardio wave 1 jam. Kalori yang keluar sampai 500 kalori
18.30 : lari 1/2 jam sampai kalori keluar lagi 200 kalori
19.10 : rpm 1 jam (kalo kalorinya sih tak tau. ndak ngukur sih)
20.20 : Biasanya kalo tak Body combat, Yoga, Body Pump, atau Body balance
21.20 : kalo belon diusir aku tambah jalan lagi sampek jam 21.30 baru mandi.
Kalo pas hari sabtu / minggu (yg libur):
08.00 : Yoga (1 jam)
09.10 : rpm (1 jam)
10.20 : Body pump ( 1 jam)
11.30 : Lari 1 jam kalori 450 kalori.
12.30 : Makan makanan berkuah
setelah makan langsung kembali lagi ke gym.
13.20 (sekitar itu) : Cardio wave (1 jam) kalori 500 kalori
14.30 : Jalan (1 jam) kalori 200 kalori
16.00 : Body balance (1 jam)
17.00 : Body Pump (1 jam)
Baru pulang
Kira-kira begitu juga hari minggunya.
Sumpah itu aku lakuin setiap hari, ndak pernah bolong. Tapi kok turun 1 kg aja ndak.
Cuman emang temen-temen bilang kalo badanku udah keliatan lebih nyusut sih. Tapi kok ndak turun ya?
Teman-teman ada ide tak? bagaimana agar program pengurusan badan saya ini berhasil? soalnya temen-temen yang jelas usahanya ndak skeras saya aja dah turun tuh 3kg.
Irinya. Hik hik hik

Denny:
Karena materinya hampir mirip dan daripada saya tulis ulang, saya copy paste jawaban saya dari thread satunya ya:
di talk show terakhir saya di malang minggu kemarin, saya mengulas tentang pola pikir kita yang salah. Intinya adalah, kalau makan sedikit bisa gendut, apalagi kalau makan banyak, bisa jadi super gendut. Kalau minum alcohol dikit = nge fly, kalau minum alcohol banyak = mabuk berat. Itu semua memang benar. Karena berpijak dari pemikiran tersebut, kebanyakan orang mikir juga, olah raga sedikit bisa membakar lemak, apalagi olahraga mati2an, pasti lebih banyak lemak yg dibakar. Atau juga mengurangi makan sedikit bisa kurusan apalagi mengurangi makan sebanyak mungkin, pasti lebih cepat kurus.
Keliatannya pola pikir seperti itu benar, tetapi itu SALAH. Mobil kita dikasih oil bisa jalan enak, tetapi kalau jumlah oil nya didouble dua kali lipat apa mobil kita bisa lebih enak ?
Kita bayangkan jaman dulu banget, kalau suatu kerajaan, tahu bahwa tahun depan akan ada bencana kelaparan, apa yang akan dilakukan ? Tentunya tahun ini kerja mati2an dan semua hasil bumi nya ditimbun.
Itu lah yang terjadi dengan tubuh kita, kita kita mengurangi Calorie lebih dari 500 Calorie sehari, tubuh kita mulai berpikir bahwa akan datang bencana kelaparan. Dan diluar kendali kita, tubuh kita yang canggih ini mengaktifkan survival mode persis dengan kondisi kerajaan tadi yaitu MENIMBUN semua makanan yg kita makan. Tidak peduli itu cuman sayur dan buah doank, tetep akan ditimbun. Metabolisme/pembakaran energy akan dihemat sedemikian rupa sehingga bener2 aman pada saat bencana terjadi.
Akhirnya kita yg sudah mati2an mengurangi makan, stress, berolahraga dengan gila2an, tetap aja angka timbangan kita tidak berkurang.
Sejujurnya, selama ini sayang menangani client2, bagi yg diet dan berusaha sudah lebih dari 1 bulan tetapi tidak ada hasil, itu berarti caranya salah. Cara yang benar, sudah akan menunjukkan hasil dalam 1 bulan saja. PASTI. So, menurut saya, lihatlah kembali ke diri Anda masing2, berapa lama yang sudah Anda perjuangkan untuk mengatasi masalah berat badan Anda??
Forum ini ada, juga untuk membantu Anda mengetahui cara2 yang benar untuk mencapai berat badan Anda secara ideal
Dietnya pake patokan ini aja:
1. Jangan mengurangi frekuensi makan, 3-5x sehari, porsi kecil akan meningkatkan metabolisme pembakaran tubuh Anda.
2. Jangan mengkonsumsi lemak jahat, minyak goreng biasa. Gunakan canola oil apabila Anda ingin menggoreng
3. Yang paling penting adalah pilih jenis kalori dari karbohidrat Anda. Hindari sumber2 karbohidrat yang memiliki Glikemik Index yang tinggi karena itu akan menyebabkan penimbunan lemak. Pilih makanan dengan glikemik index yang rendah atau sedang.
4. Apabila ingin makan makanan berkaleng, atau yang dikemas, pilih yang memiliki kandungan sodium rendah karena sodium tinggi akan menyebabkan tubuh Anda menahan air di dalam tubuh.

Riva:
Lo, kalo makan nunggu 1 jam lagi, misalnya kelar workout-nya jam 10, teros 1 jam kemudian dinner. kan setelah itu udah capek en tidur. bukannya nanti malah jadi daging tuh makanan?
kalo dinner sebaiknya makan apaan ya kalo gitu?

Denny: Loh, emang latihannya jam 8.30 malam ya?

Riva: Bukan dari jam stgh 6 sore

Denny: lha kalo olahraga dari 5.30 pm kan max 7.00 udah selesai? langsung protein shake ama carbo dari buah, jam 8.00 makan, tidur jam 11, pas kan ?
Lagian kan makanan emang diusahakan jadi daging? Masa mau jadi lemak ?

Riva: He he he, sori salah.
Aku sih kemaren karena udah tahu salah dalam berolah raga selama ini, aku buat jadwal baru. kalo gini gimana pak?
apakah masih terlalu over? soalnya aku ngerasa rugi aja kalo pulang kecepetan, soalnya tempat fitness aku agak jauh sih dari rumah.
17.30 : datang langsung main alat dulu buat kuatin otot
18.00 : Body pump (yang juga buat kuatin otot tangan dll)
17.00 : Cardio (1jam)
19.30 : Pilates / yoga (buat peregangan)
20.30 : mandi dkk
22.00 : sampek di rumah

Denny:
Nah kalau bisa, tentukan tujuan ke gym apa dulu ? Burn fat ? Menurut saya rugi itu relatif, dan kl goalnya burn fat, menurut saya rugi tuh kalau fat nya tidak turun2
Jadwal latihan maks 1.5 jam termasuk cardio. Lebih dari itu, masih tetep salah. Turutin saya deh 1 bulan aja, liat apa bisa turun.
17.30-18.15 latihan beban, harus berat ! dan cukup fokuskan ke major muscle group (dada, pundak, back, ama kaki) Satu hari 1 otot aja.
18.15 cardio sampe 19.00 Jalan cepet, jangan lari, heart rate harus 65%
19.00: minum protein shake + makan buah (pisang pepaya)
20.00: dinner lengkap, protein dari ayam, daging atau ikan, nasi merah, sayur
Itu baru benar. Targetnya fat loss kan ? Bukan targetnya sebanyak mungkin ikut kelas2 gitu kan ?

Riva:
Iya sih, target Riva emang burn fat.
oh ya, berhubungan dengan heart rate, sebetulnya berapa sih ukuran heart rate yang harus Riva ukur kalo 65%, soalnya setiap kali Riva cardio heart rate-nya selalu 180 keatas. itu bener tak?

Denny:
Riva umur berapa ?
Cara ngitungnya: (220-umur) x 65%
Contoh umur 20 berarti (220-20) x 0.65 = 130
Kalau orang umur 20 trus berlatih dgn HR lebih dari 130, dia TIDAK AKAN membakar lemak tetapi membakar karbo. Kalau karbo udah dibakar habis, dia membakar otot.
Riva rambut nya rontok apa ga ?
Roti gandum 1 lapis plus susu masih kurang, susunya pilih skim milk ya. Tambahin buah juga.

Riva:
Ya ampun, pantes rambut Riva sekarang jadi rontok terus. rupanya karena itu ya?
Umur Riva 23 th jadi Riva harus latihan cardio dgn HR 128-an ya?
Soalnya selama ini Riva kira kalo lari emang segitu orang2 HR-nya. Kalo gitu Riva bisanya cuman lari bentar2 aja ya?
OK deh, Riva akan tambah buah buat sarapan.

Denny:
biasanya sih HR 128 tuh jalan cepet udah bisa. Burn fat tuh yg penting lama nya jalan, bukan cepetnya jalan. Tenang aja, ga perlu berlapar2, hidup sedikit santai
terlalu dipaksa, jadi mode kelaparan on, tubuh justru menghemat2 pembakaran lemak
Masukkin whey protein, biar ga rontok. Pokok paling gampang ngamatin client tuh begitu.
Kalau ditanya apa pas diet ini rambut rontok, berarti jelas diet udah salah
Segampang itu sih hehehehe

Riva:
Oh gitu, masalahnya sih rupanya karena kebiasaan makan dikit, Riva nambah makan roti aja udah mual saking kekenyangannya. makanya Riva makannya justru agak maksain juga sih.
Kalo whey protein itu apa sih? en terkandung pada makanan apa ya pak?

Denny:
whey protein tuh suplemen yg terbuat dari susu sapi, yg sudah dihilangkan/direndahkan sekali lemak dan carbo nya. Jadi tinggal sari2 proteinnya aja.
Setiap orang butuh protein, itu dah pasti krn protein adalah blok2 pembangun tubuh kita. Tdk makan protein, lama2 kita pasti mati, contoh awal kurang protein adalah rambut rontok, kulit kusam dan kasar.
Protein ada di telur, daging, ayam, ikan, tahu, tempe, kedelai, susu. Sebagai contoh aja, orang dengan berat 60kg, harus makan 60 gram protein setiap hari. Ini orang biasa yg tidak berolahraga.
Ketika kita join gym, angkat beban, pulang kan otot kita sakit semua tuh. Artinya terdapat mikro trauma, yaitu otot2 kita pada rusak semua. Emang itu yang dicari dari latihan fitness, yaitu rusaklah otot kita sebanyak2nya.
Karena otot rusak, maka kita harus konsumsi protein sehari untuk yg berat badan 60 adalah 2x lipatnya, yaitu 120gram protein, separuhnya dibuat untuk kita hidup, separuhnya digunakan untuk perbaikan otot2 tadi. Sebagai bandingan, 100 gram dada ayam tanpa tulang dan kulit, hanya mengandung 16 gram protein. Bayangin aja kalau sehari kita tidak makan ayam secuil pun seperti Riva waktu pertama. Proteinnya berapa ? Riva makan 3 potong dalam sehari aja masih 48 gram sedangkan sehari dibutuhkan 120 gram kalau kita ke gym.
Setelah kita latihan, otot kita yang hancur tadi bener2 haus akan protein, 15 menit pertama itu bener2 nutrisi akan diserap oleh otot kita tidak akan jadi lemak. Di saat itu lah, paling tepat adalah menggunakan whey protein sebanyak 40gram, dan carbohidrat dari buah2an.
Whey protein berbentuk cairan, diminum langsung diserap oleh tubuh dalam waktu 15 menit itu tadi.
Selama sebulan kita lakukan proses itu terus, otot akan menjadi semakin kuat, mengencang krn terbiasa kita hancurkan trus kita perbaikin, begitu terus akhirnya dia memperkuat dirinya sendiri. Otot yang kuat akan membakar lemak lebih banyak lagi. Bayangkan aja kita cardio 1 jam membakar calorie paling 250-300 calorie, udah ngos2an. Otot yang terlatih, sebanyak 1 pound dalam tubuh kita bisa membakar 30-120 calorie per hari. Kalau otot kita ada 10 pound, berarti 300-1200 calorie dibakar hanya dengan kita tidur doank. Mantep kan ? Maka dari itu, angkat beban, memberikan hasil yang lebih lama, long termnya lebih stabil. Putri Indonesia aja latihan beban koq

Riva:
Terima kasih koh atas saran-saran fitness yang tepat-nya.
kemaren Riva mulai deh ikutin kiat2nya. Tapi kok waktu cardio Riva kok kesulitan yang nyesuaiin agar HR Riva bisa dibawah 128? padahal speed Riva cuma 5 doank. sampai2 karena putus asa Riva buat aja incline-nya jadi 10, biar mantep.itu juga sering banget tuh naek jadi 130 keatas. Itu kenapa ya Koh? apa speed Riva perlu Riva turuini lagi? soalnya Riva biasanya lat. dgn speed 7,5 sih, jadi bingung kalo speed-nya selambat itu.
Oh ya koh, whey protein itu bisa diganti sama apa sih? soalnya Riva belon mampu beli barang yg begitu mahal. he he he

Denny:
Riva, inclinenya flat aja !
naikin incline tuh buat naikin heart rate lhoooo, kl mau turun tuh harus flat.
130 masih ok lah, gpp, emang segitu aja, speed 5 dah cukup.
Mau bakar lemak kan bukan mau bakar gula kan
Riva, gw juga lagi in progress nurunin berat badan koq, lebih fokus ke weight gain, krn lebih permanen loss. Berapa persen fat nya riva ya kmrn ? Kalau masih 30%an, seminggu cardio 4-5x ditambah beban. Kalau udah 25%an, 3x cardio udah cukup.
Whey protein diganti ama putih telur aja. Sebenarnya sih bisa telur, tahu, tempe, ikan, ayam. Itu bagus2 koq.
inti dari fat loss tuh sebenarnya adalah BMR.
Basal Metabolic Rate.
Itu adalah rate pembakaran calorie tubuh kita untuk hidup aja (tanpa aktifitas) sewaktu kita berbaring selama 24 jam.
BMR bisa naik bisa turun. Ketika kita mengurangi makan sampe extreme, BMR kita turun drastis. Nah untuk fat loss yg sukses, kita harus membuat BMR kita tuh tinggi.
Caranya adalah dengan menipu2 tubuh seperti misalnya, makan 5-6x sehari.
Meskipun yg kita makan low calorie, tubuh ga ngerti, pikirnya adalah ‘supply energy ke tubuh begitu stabil, tiap 3-4 jam ada makanan masuk, berarti aku ga perlu nimbun lemak, BMR dinaikkan ama tubuh’.
Salah satunya adalah latihan beban, dgn otot terlatih, otot membutuhkan energy untuk bertahan hidup. Itu membakar lemak banyak banget selama 24 jam.
Begitulah kira2 inti dari fat loss. Caranya banyak, intinya cuman mau naikin BMR, gitu doank

Riva:
He he he, pantesan kemaren HR Riva naek terus. ternyata incline ya yang bikin HR naek.
Oh ya koh, kalo begitu untuk sementara Riva berhentiin dulu ya body combat en RPM? soalnya kan itu pasti HR-nya bakalan naek gila2an krn loncat2.
Btw thanks berat atas panduannya ya koh. Riva jadi tidak Kembali mensia2kan waktu di gym en ada kesempatan istirahat deh. he he he.
Riva kemaren ganti whey protein yg disarankan kokoh dgn susu kedelai bagus tak? tapi manis pakek gula soalnya. itu bahaya tak?

Denny:
ya, HR tinggi pembakaran bukan lemak.
Jadi target atau goal harus di tentuin, kl emang bakar lemak, ya udah, itu ketentuannya
protein dari soy bagus banget koq buat cewek, pakai itu aja gpp, tapi tetap, gula tidak diperbolehkan.
Pake tropicana slim aja. Setelah latihan beban, ditutup ama cardio, setelah itu minum proteinnya plus buah.
Dicoba dulu 1-2 minggu. Makan balikin ke normal aja dulu 1-2 minggu dengan asumsi, kmrn habis hancuran begitu, BMR pasti nge drop banget, makanya ga turun, jadi makan normal ini disarankan untuk balikin BMR dulu aja (tetap jgn gula ya).
Setelah 1-2 minggu, ntar baru pake diet khusus lagi ok ?

Riva:
Koh, kalo tadi pagi Riva barusan jajalin sereal beras merah yang kemaren kebetulan Riva dapet di toko barang2 china. Itu bagus tak koh, soalnya tidak ada keterangan low sugar-nya en tidak ada keterangan apa-apanya sih. cuman diminum emang manis. Itu juga harus Riva stop ya koh?

Denny:
RIva, masak di belakangnya ga ada label supplement or nutrition fact nya ya?
Cari aja apa ada tulisan sugar berapa gram gitu ? kl ada, skip deh, kalo carbohidrat gpp, tapi jgn sugar. Kalau ga dapet atau susah, pilih standard oatmeal aja.

Riva:
Yah, terpaksa Riva kembali deh ke minuman 2 mengerikan. hik3 ternyata ngurusin badan itu bener2 bikin sengsara ya koh? Kemaren Riva sudah beli soy milk-nya. Tetapi karena tanpa ditambahin apa2 rasanya breee mengerikan. Tapi kalo mo ditambah pemanis buatan takut ada efek sampingnya. Belon lagi pagi makan oatmael mau muntah Riva dibuatnya. he he he. Kayaknya mau kembali lagi deh ke roti gandum sama berat merah. Paling tidak rasanya tidak semengerikan itu.
Tapi Riva akan teros aja ah minum soy milk-nya. Soalnya banyak banget sih efek positifnya. cuma ya katanya koh soy milk bisa bikin asam urat ya?

Denny:
Riva, phiew, aku koq ngeliatnya jadi kasihan gitu sih
Tau ga, foto aku yang my abs, di www.friendster.com/cobramania
itu sebelum nge gym makannya nasi goreng, hampir tiap hari )
trus pulang nge gym makannya juga mangga, durian, pisang, ganti2…..still bisa turun sampe 5% fat dan waktu itu sama sekali tidak menggunakan yg namanya fat burner.
Apalagi kl dikasih fat burner, lebih cepat lagi Oatmeal, cukup dikasih air hangat, di microwave 2 menit, dikeluarkan, diaduk, micro lagi 2 menit lagi, keluarin dikasih gula tropicana 1 sendok, dah enak rasanya.
Riva sekarang kondisi sehat kan? Jangan takut asam urat. Takutlah ama kurang gizi dulu aja
Makan protein tuh mengandung purine, itu penyebab asam urat, tetapi tidak makan protein, kita mati, pilih mati ? Menurut pengamatanku, konsumsi gizi Riva masih dibawah, masih kurang, jadi jangan takut berlebihan. OK?

Riva:
Koh Denny, Riva mo tanya nih. Riva kan ikutin anjuran koh Denny buat lat beban dahulu ya baru jalan. tenryata selama 2mgg ini Riva merasakan adanya perubahan pada tubuh Riva. Temen-temen Riva juga bilang sih rasanya ada yang aneh. katanya lengan Riva jadi kelihatan lebih besar dan terlihat berotot.
Koh, itu tidak ada2 ya? emang sih daging2 di tricep yg dahulu menggelambir indah di lengan bawah udah hampir ilang seluruhnya. tapi kok jadinya Riva ngerasa agak terlalu berotot ya utk ukuran cewe. Itu bagaimana cara menanggulanginya koh?
Riva pinginnya tubuh itu lencir en langsing kaya cewe di TV, dan bukan kaya binaragawati. itu caranya ngurangin gimana ya koh?
Riva kan dahulu pingin ngurusin badan soalnya udah dari dulu minder ama ukuran lengan Riva yang agak besar en berotot karena renang dahulu. Kelihatannya setelah latihan beban malah jadi makin parah en bukannya mengecil. hik3.

Denny:
Riva, jangan takut dulu donk, itu kan kata2 orang di gym. Buktinya cuman dalam 2 minggu gelambirnya udah menghilang, ya kan ?
Jangan juga melihat cermin2 di gym krn cermin di gym tuh semua dibuat supaya menggemuk (ini trick yg punya gym).
Terakhir, dah cek timbangan ? Turun atau tetap ? Dah cek kadar lemak ? Turun atau tetap? Dan udah cek lingkar pinggang? Turun atau tetap.
Otot cewek tidak bisa membesar, paling besar cuman bertambah 1cm an aja, dibanding cowok yang saya aja udah bertambah 7-8cm sejak gym pertama. Itu bedanya cowok ama cewek.
Semakin lemak hilang, semakin keliatan bentuk ototnya. Bukan berarti itu bertambah besar, tetapi bentuknya emang keliatan.

Riva:
Riva sih belon ukur2 lagi. masih takut soalnya. Entar deh kalo emang udah ngerasa lebih singset, nanti baru Riva ukur. Sekarang aja Riva lagi jauh2in timbangan. soalnya takut Riva drop kalo liatnya ternyata teteeep aja. Ndak berubah. he he he

Denny:
hmmmm, celana riva gimana, lebih longgar atau ga ?
Tapi riva ga perlu latihan tangan lagi deh
konsentrasi di dada, pundak, back dan legs. Ntar tangan otomatis kena2 sendiri, ga perlu dilatih. Itu saran dari aku untuk fokus di fat loss nya dulu. OK ?

Riva:
payah nih koh, ternyata setelah 2 minggu aku jadi boring banget sama latihan yang hanya itu2 aja. latihan otot en lari doank maksudnya.
Gimana ya koh agar latihan buat burn fat tapi ndak ngebosenin? soalnya karena udah kelewatan bosen kamaren selama 2 hari Riva malah jadi ndak sengaja latihan jorjorna lagi. hari jumat Body Pump, Body Combat, RPM, en lari , teros hari sabtunya body combat, salsa, rpm, en ditutup body combat lagi. en minggunya tepar. he he he.
Riva itu paleng bosen sama latihan otot-nya itu lo. cuma gitu2 aja koh. apa bisa diganti aerobik (power aerobik, dkk) aja yang lebih menantang?

Denny:
riva bisa tepar juga ya
Ok, latihan beban + treadmill adalah cara tercepat dan terbaik untuk burn fat. Kalau mau cara lain sih bisa aja.
Riva coba RPM dulu sekitar 40 menit, (ini high intensity nya buat bakar gula), kemudian dilanjutkan dgn 45 menit lagi seperti salsa, atau body combat, yg low intensity tapi lama aja.
Tapi hasilnya ga akan secepat latihan beban.

Riva:
Koh, Riva udah assesment kemaren. Yah meski tidak begitu bangga dengan kemajuan yang sedikit, Riva udah turun berat badan 2,5 kg. he he he. Teros fat-nya juga turun 3,5%. tapi otot Riva juga turun. cuma dikit sih, cuma 0.02%. Kata Trainer Riva, Riva masih kurang proteinnya, jadi otot Riva sekuat apapun OR tetep turun, meski dikit.
Koh, bisa dilihat lagi tidak apa sebetulnya yang perlu ditambah dalam makanan Riva setiap hari. Soalnya Riva udah ngerasa makanan Riva udah sehat banget.
06.00 : Roti 1 lapis dgn selai kacang / keju low fat + susu low fat
10.00 : Yogurt + 2 putih telor
12.00 : nasi merah 1 mangkuk kecil plus sayur dan jamur
17.30 : Fitness
20.30 : Ikan salmon mentah 1/2 badan + susu kedelai (kalo ada)
Disetiap waktu kosong Riva isi dgn minus teh hijau sebanyak-banyaknya.
Apanya ya yang masih kurang koh? thanks sebelumnya.
Lo, emangnya 3,5% itu dah bagus toh? Riva pikir masih kurang, soalnya kalo loat dr turunnya berat badan kok jelek banget ya. he he he.
Riva sebetulnya tidak suka sama sekali ama makanan yg Riva makan itu. Terutama yang malem itu (ikan salmon mentah itu lo), cuma temen Riva nyoba pakek menu kaya gitu kok manjur ya (dia turun langsung 5 kg dlm 1 bulan), makanya Riva ya nyoba dgn semangat menggebu2. he he he.
Kalo Riva assesment mungkin 1,5 – 2 bulan deh, soalnya sebetulnya masih takut buat liat timbangan.
Oh ya ikan salmon itu Riva celupin kok ke kecap kikoman, jadi lumayan ada rasanya. Lumayan kaya shushi.
Kalo Riva sih sebetulnya fitness-nya kurang dianjurin ama koh Denny sih. (takut nih ketahuan ngelanggar lagi). Soalnya temen2 Riva pada nyuruh Riva ikutan mereka sih, makanya Riva kepacu buat OR gila-gilaan. (Tapi udah lebih mendingan kok dari dulu.)
Sekarang Riva dateng langsung lat. otot, teros 1/2 jam kemudian langsung body combat, setelah itu langsung Rpm teros pulang deh. (yah kira2 gitu deh)

Denny:
riva kayaknya makannya dah mulai sip tuh
otot loss pas kejar fat loss sih udah lumrah banget, emang kyk gitu koq
makanya biasanya tuh setelah 2 bulan diet, dan turun 4-5kg, tubuh kita pasti stop ga turun lagi. Itu udah jenuh. Yang bisa dilakukan klo udah turun 4-5kg dan ga mau turun lagi yaitu kurangi kardio, makan tetep bersih gitu, tapi jumlahnya ditambah, sehingga kalori naik (tapi tetep good kalori, bukan junk food). Dgn begitu sekitar 1 bulanan berat akan naik 1kg an tapi di muscle.
Setelah itu, baru ulangi diet lagi, cardio lagi. Tubuh di zig zag gitu sangat manjur
Trus latihannya boleh dicoba HIT, yang 65% selama 4-5 menit, trus 85% selama 1 menit.
Itu juga buat nge shock badan enak banget, badan jadi enteng Dan biasanya pembakaran bisa jadi lebih lancar.

Riva:
Hore, udah bagus ya koh?
Bagus deh. Oh ya Riva juga informasiin kalo udah 1 mgg ini Riva makan dah bebas dari garam en royko or moto sama sekali. he he he, soalnya bener2 kepingi buat hidup sehat sih. jadi Riva masak sendiri deh pagi2 buat bekal ke kantor. Rasa masakan Riva biasanya Riva ambil dari kecap kikoman (asin) ama bubuk jamur aja. itu kira2 sehat tidak ya koh?

Denny:
riva boleh tambahin nyemil almond deh, itu bagus juga sih, asal nyemil nya ga kebablas sampai se toples abis dalam sehari ya……

(Setelah Riva tidak ada kabarnya lagi beberapa bulan)Denny:
gimana progressnya sekarang? Banyak sekali lho yang udah terinspirasi ama usaha kamu kemarin. Saya mau minta ijin kalau bisa, thread kamu yang kemarin ini aku post di web aku ya. Di http://www.duniafitnes.com/

Thanks
G’luck

Riva:
Boleh-boleh aja koh, Tapi thread yang mana ya? Silahkan aja sih kalo mo di post di web kokoh. la wong juga WG kan juga milik bersama.

Sekarang riva udah turun lagi koh 2 kg, jadi total turun Riva setelah dari jan s/d april 2008 ada 6 kg-an gitu. Lumayan lah. Terima kasih ya koh atas nasihat kokoh selama ini, jadi Riva bisa turun beratnya. he he he.

Oh ya koh, kalo tinggi riva 156 dgn berat 50kg udah pas belon ya koh?

Btw sori ya koh kalo sekarang jarang OL.
Thanks

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes