Wanita Sulit Hamil jika Ibu Menopause Dini?

Gaya hidup, tingkat aktivitas dan pola makan sering dikaitkan dengan tingkat kesuburan wanita. Namun tahukah Anda bahwa selain tiga hal tersebut ada hal lain yang turut berperan penting dalam mempengaruhi tingkat kesuburan wanita?

Sebuah studi yang dilakukan di Denmark mengungkap bahwa tingkat kesuburan wanita dapat diukur dari usia sang ibu, dari wanita yang bersangkutan, ketika memasuki masa menopause.

Seorang wanita yang memiliki ibu menopause dini memiliki sel telur yang lebih sedikit ketimbang wanita yang memiliki ibu belum menopause. Ini berarti wanita menopause dini dan memiliki sel telur lebih sedikit memiliki peluang hamil yang lebih kecil.

Hasil ini didapatkan setelah tim peneliti mengamati 527 wanita dengan rentang usia 20-40 tahun untuk dilihat seberapa banyak kandungan sel telur yang dimilikinya. Peneliti mengukur kadar anti –Mullerian Hormone (AMH) dan Antral Follicle Count, sehingga bisa diketahui seberapa banyak sel telur yang akan dilepaskan atau yang masih tersisa.

Dari penelitian ini ditemukan bahwa kadar AMH dan AFC wanita yang ibunya mengalami menopause dini menurun lebih cepat dibandingkan partisipan dengan ibu yang menopause wajar (setelah 55 tahun).

Untuk wanita dengan ibu menopause dini mengalami penurunan AMH sebesar 8.6 persen/tahun. Sedangkan untuk wanita dengan ibu menopause normal hanya mengalami penurunan sebesar 6.8 persen.
Dr. Janne Bentzen selaku ketua tim peneliti mengungkapkan,” temuan ini mendukung gagasan bahwa cadangan ovarium dipengaruhi oleh faktor genetik. Meski studi lanjutan masih diperlukan untuk memastikan hal ini” seperti dilansir BBCNews.

Menanggapi hal ini, Dr. Valentine Akande seorang konsultan ginekologi dan juru bicara British Fertility Society, mengatakan, “Kendati hingga kini belum ada satupun metode akurat yang dapat memprediksi tingkat kesuburan, yang perlu Anda ingat adalah semakin muda Anda mencoba untuk hamil maka kemungkinannya untuk berhasil juga semakin besar.”

Jadi intinya Anda tak perlu merasa khawatir memiliki ibu yang mengalami menopause dini, karena kesimpulan ini masih belum menjadi faktor utama yang dapat menentukan tingkat kesuburan seseorang. (dan)

BACA JUGA : Bagaimana Memilih Bra yang Tepat? Simak 5 Tip Ini!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes