latihan saat puasa

5 Cara Mudah Meningkatkan Kesehatan dan Kebugaran Anda

Apakah Anda merasa masih kurang fit setelah liburan?

Bisa jadi ini karena kebugaran Anda yang menurun. Nah, cara terbaiknya adalah mengembalikan kebugaran tubuh Anda.
Bagaimana caranya?

Berikut ini 5 cara mudah bagaimana meningkatkan kondisi kebugaran dan kesehatan Anda agar lebih bersemangat untuk menjalani aktivitas di tahun yang baru.

1. Ayo Bergerak!

latihan membakar lemak

Pastikan Anda tidak terlalu banyak duduk sepanjang hari. Meskipun pekerjaan mengharuskan Anda duduk, namun sebaiknya tetap lakukan gerakan dalam rutinitas Anda agar tubuh tetap bergerak.

Misalnya dengan berlari atau berjalan kecil dengan waktu yang singkat sudah cukup baik untuk Anda. Sedikit bergerak akan jauh lebih baik daripada tidak sama sekali.

Latihan ringan ini dapat Anda lakukan sebelum bekerja, saat istirahat makan siang, atau setelah pulang kerja. >> Tubuh Anda Punya Hak untuk Tetap Bergerak

Sebaiknya, Anda tidak duduk selama lebih dari satu jam dalam satu waktu, dengan sedikit bergerak atau berjalan-jalan ringan akan sangat bermanfaat bagi kesehatan jangka panjang Anda.

2. Buat Tubuh Anda Lebih Kuat dengan Olahraga

latihan di gym

Cara tepat untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh adalah berolahraga atau berlatih. Dengan latihan beban dan kardio di gym akan membantu Anda mendapatkannya.

Gym atau pusat kebugaran bukanlah satu-satunya tempat yang bisa Anda andalkan untuk latihan. Bahkan, Anda dapat memulainya dengan latihan di rumah.

Lakukan latihan intensitas sedang hingga tinggi di rumah, baik menggunakan alat-alat sederhana seperti dumbbell atau kettlebell, maupun latihan bodyweight seperti push up, sit up, atau pull up.

Jika melakukan latihan bodyweight, coba lakukan latihan yang menantang seperti jump squat atau burpee. Atau Amda bisa mencoba latihan menantang seperti 5 Bodyweight Circuit Training untuk Bakar Lemak Lebih Maksimal.

Atau dengan latihan kardio high intensity interval training (HIIT). Misalnya dengan 10 detik sprint, kemudian 15 detik berjalan.

3. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh Anda

manfaat minum air putih

Menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi dengan baik akan menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh Anda.

Biasanya, yang direkomendasikan adalah 2-3 liter per harinya. Namun, kebutuhan cairan setiap orang bervariasi.

Nah, agar Anda tidak dehidrasi saat bekerja, siapkan botol air minum di meja kerja atau di manapun di sekitar Anda.

Dehidrasi juga bisa berwujud dalam rasa lapar. Biasanya akan ngemil di sela-sela pekerjaan Anda. Padahal, itu adalah tanda bahwa tubuh Anda mulai kekurangan cairan.

4. Makan Makanan yang Sehat

nutrisi untuk recovery tubuh

Pastikan diet Anda tetap seimbang antara lemak, protein, dan karbohidrat. Ketiganya merupakan makronutrisi yang menjadi sumber energi tubuh Anda.

Selain memperhatikan ketiga makronutrisi tersebut, pastikan untuk mengonsumsi banyak buah-buahan dan sayur-sayuran karena mengandung mineral dan vitamin penting bagi tubuh.

Nutrisi yang terkandung dalam buah dan sayuran akan sangat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda sehingga dapat menghindarkan Anda dari beragam penyakit.

Baca Juga: Merasa Cepat Lelah? Sebaiknya Hindari 5 Makanan Ini!

5. Hindari Stres

cara mengusir stres

Jika Anda ingin menurunkan berat badan atau mengencangkan tubuh, percayalah bahwa itu tidak akan terjadi dalam semalam.

Banyak hal yang akan turut mempengaruhinya seperti latihan, pola makan, istirahat, dan tingkat stres Anda. Cobalah pikiran Anda untuk tetap relax dan jangan terlalu sering merasa tertekan.

Stres juga bisa terjadi pada otot Anda. Jika Anda terus menerus berlatih di gym tanpa istirahat maka justru akan dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh Anda. Yang terjadi selanjutnya adalah Anda mudah sakit atau cedera karena overtraining.

Solusinya adalah ambil hari istirahat dan pastikan Anda mendapatkan waktu tidur yang berkualitas. Tubuh Anda juga membutuhkan waktu untuk pulih dan berkembang.

#Dukung dengan Suplementasi untuk Menjaga Kondisi Tubuh Anda

suplemen pembentukan otot

Jika Anda sudah mengonsumsi makanan yang sehat, olahraga rutin, minum cukup air, maka Anda akan mendapatkan manfaat kesehatan untuk jangka panjang.

Jika nutrisi yang didapat dari makanan kurang mencukupi, Anda dapat menambahkannya melalui suplemen multivitamin dan multimineral.

Konsumsi suplemen multivitamin dan multimineral yang diformulasikan khusus untuk membantu memulihkan kebugaran tubuh Anda, meningkatkan kesehatan, dan mengoptimalkan fungsi tubuh Anda

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes