Carpal Tunnel Syndrome

Awas, Sering Mengetik Sebabkan Carpal Tunnel Syndrome!

Yang kita tahu, ketika kita bekerja delapan jam hanya duduk sambil menatap layar komputer, maka bukan hanya tulang punggung dan mata Anda saja yang lelah. Melainkan, ada dampak lainnya yang dapat mengganggu kesehatan Anda. Ya, ketika Anda menatap komputer tentu jemari Anda sedang bergerak-gerak di atas keyboardnya. Tahukah Anda bahwa hanya dengan mengetik sepanjang hari dapat menganggu kesehatan Anda? Bagaimana bisa?

Headline fix ngetik

Carpal Tunnel Syndrome

Tak hanya mata Anda saja yang lelah menatap komputer, melainkan jemari Anda pun juga bisa berisiko menyebabkan Carpal Tunnel Syndrome. Sindrom apa itu? Ya, sindrom carpal tunnel adalah kondisi di mana seseorang akan merasakan mirip seperti tersetrum, mati rasa, hingga sakit pada sekitar jemari dan tangan. Sindrom ini muncul karena saraf yang mengontrol gerakan tangan dan indra peraba di antara sekitar tangan terjepit. Dinamakan carpal tunnel, karena nama tersebut merupakan jalur sempit di pergelangan tangan yang terbentuk dari kumpulan tulang-tulang kecil dan sekumpulan jaringan serta tendon yang memungkinkan jari dapat menekuknya.

Bilamana Seseorang Terkena Syndrom iIni?

Seseorangdapat mengalami sindrom ini bilamana ada riwayat keluarga yang juga mengalaminya, sedang mengandung, mengalami cedera pada pergelangan tangan, menderita diabetes atau arthritis, serta adanya kegiatan yang dilakukan berulang-ulang sehingga dapat memberikan tekanan pada tangan. Hal tersebut misalnya Anda lakukan pada saat mengetik.

Bagaimana Gejalanya?

Seseorang yang mengalami carpal tunnel syndrome akan merasakan sakit di malam hari. Gejala carpal tunnel mulanya terasa ringan. Tapi, secara perlahan akan intens dan rasa sakitnya semakin menyiksa. Tak main-main, rasa sakitnya pun tersebar pada bagian pergelangan tangan, jempol, jari telunjuk, dan jari tengah.

Lalu, Cara Mengatasinya?

Cara mengatasi sindrom ini sebenarnya Anda harus tahu terlebih dahulu pemicunya. Misalnya, jika sindrom ini pemicunya padawanita hamil, maka carpal tunnel syndrome dapat sembuh secara alami. Biasanya dalam waktu tiga bulan akan pulih dengan sendirinya. Namun, apabila pemicunya adalah mengetik yang terlalu sering, maka kuragi aktivitas tersebut. Anda juga bisa mengistirahatkan tangan Anda sejenak agar jemari yang terlalu lama digunakan untuk mengetik bisa mengendurkan otot-ototnya. Jangan mengabaikan sindrom ini. apabila tak kunjung sembuh setelah beberapa minggu, maka segera konsultasikan ke dokter.

Carpal tunnel syndrome dapat disembuhkan dengan cara memasangkan balut pada pergelangan tangan serta memberikan suntikan kortikosteroid. Operasi pun dapat menjadi pilihan jika carpal tunnel syndrome yang diderita memiliki risiko tinggi sehingga Anda bisa mengalami kerusakan saraf permanen.

Sebagai peringatan, bagi Anda yang memiliki pekerjaan yang menuntut Anda untuk terus mengetik. Maka, pintar-pintarlah dalam mengakalinya. Misalnya, membatasi waktu untuk mengistirahatkan jemari Anda setiap satu jam sekali. Jangan sampai Anda menyesal dengan terkena sindrom ini. Pemulihannya akan memakan waktu selama beberapa minggu, dan hal itu tentunya akan membuat pekerjaan Anda semakin menumpuk. Itulah sebabnya, mulai saat ini perhatikan kesehatan jari jemari Anda! (gie)

BACA JUGA: Ini Dia Diet Terbaik Lima Tahun Berturut-Turut

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes