Cara Meningkatkan Stamina

Bagaimana Cara Meningkatkan Stamina dalam 3 Hari?

Dengan stamina yang cukup, maka Anda akan mampu melakukan beragam aktivitas fisik sehari-sehari. Bagaimana cara meningkatkan stamina Anda?

Dan bagi mereka yang mencintai olahraga atau atlet profesional, biasanya mereka memiliki stamina yang kuat karena menerapkan gaya hidup sehat. Seperti olahraga teratur dan diet (mengatur pola makan) seimbang.

Namun, mereka pastinya juga membutuhkan tambahan stamina sebagai persiapan untuk kompetisi atau kegiatan yang membutuhkan fisik prima lainnya. Lalu bagaimana cara meningkatkan stamina hanya dalam waktu singkat, 3 hari misalnya?

Cara Meningkatkan Stamina dengan Latihan Kardio atau Aerobik

Cara Meningkatkan Stamina

Salah satu cara meningkatkan stamina hanya dalam waktu tiga hari adalah dengan melakukan latihan aerobik selama tiga hari. Latihan aerobik ini dapat melibatkan beberapa kelompok otot besar untuk bantu tingkatkan heart rate (detak jantung) dan juga stamina.

Kegiatan ini seperti bersepeda, jogging, lari, aerobik, dan renang. Rekomendasi yang dikeluarkan oleh Cleveland Clinic menyebut, sebaiknya lakukan aktivitas ini selama 30-60 tiap hari.

Cara Meningkatkan Stamina dengan Latihan Beban Pastinya

Cara Meningkatkan Stamina

Mungkin beberapa di antara Anda masih takut untuk melakukan latihan beban, terutama wanita. Ya, mereka biasanya takut latihan beban karena takut tubuhnya akan dempal dan berotot layaknya pria. Padahal tidak selalu demikian?

Mengapa? Ketahui mengapa wanita tidak perlu takut untuk latihan dalam artikel “Wanita, Testosteron, dan Latihan Beban”.

Nah, salah satu cara meningkatkan stamina dalam waktu singkat selanjutnya adalah dengan rutin melakukan latihan beban. Dengan latihan beban, akan membantu tingkatkan kekuatan otot Anda.

Menurut American College of Sport Medicine, kekuatan otot ini tidak hanya berdampak pada keseimbangan, tekanan darah, kepadatan tulang, dan fleksibilitas tubuh Anda, tapi juga dapat mendongkrak stamina serta daya tahan tubuh Anda.

So, tunggu apalagi, sudahkah Anda latihan beban hari ini?

Cara Meningkatkan Stamina dengan Istirahat yang Cukup

Cara Meningkatkan Stamina

Ok, katakanlah Anda sudah latihan rutin selama tiga hari, tapi Anda selalu begadang. Apakah itu berpengaruh?

Jika Anda melakukan kegiatan tersebut, bisa jadi usaha latihan Anda akan sia-sia. Seperti yang dikatakan National Sleep Foundation, memiliki tidur yang berkualitas sangat penting untuk performa Anda.

Tubuh Anda membutuhkan waktu tidur agar tubuh dan otak mendapat energi yang diperlukan untuk aktivitas Anda.

Berapa lama waktu tidur yang direkomendasikan berbeda-beda tiap orang, tergantung tingkat usia. Usia remaja biasanya membutuhkan 8-9 jam setiap malam, sementara orang dewasa 7-9 jam setiap malam.

Baca Juga: Suplemen Ampuh untuk Menjaga Kualitas Istirahat Anda

Cara Meningkatkan Stamina dengan Fokus Pada Makanan yang Sehat

Cara Meningkatkan Stamina

Cara meningkatkan stamina berikutnya adalah dengan fokus pada diet Anda. Ya, pola makan yang sehat akan mendukung hasil latihan Anda. Pastikan tubuh Anda terasupi nutrisi dengan baik, terutama karbohidrat, protein, lemak, mineral, dan serat.

Seperti sayuran, buah-buahan, ikan atau kacang-kacangan yang mengandung asam lemak esensial OMEGA 3 untuk lindungi kesehatan jantung Anda.

Sementara protein konsumsi protein akan sangat membantu perkembangan dan pemulihan otot Anda pasca latihan. Sehingga latihan Anda berikutnya menjadi lebih optimal.

Cara Meningkatkan Stamina dengan Pastikan Kebutuhan Cairan Tercukupi

Cara Meningkatkan Stamina

Cara terbaik dan sederhana untuk meningkatkan stamina Anda adalah dengan menjaga kecukupan cairan tubuh Anda.

Terutama ketika Anda latihan. Minum cukup air sebelum, selama, dan setelah latihan untuk menggantikan cairan yang hilang saat Anda berkeringat. Pastinya ini akan dapat mencegah dehidrasi.

Berapa banyak cairan yang dibutuhkan tubuh setiap harinya?

Tentunya, tubuh dan aktivitas masing-masing orang berbeda sehingga kebutuhan cairan juga bisa berbeda. Cara terbaik untuk menguji apakah tubuh Anda cukup cairan atau tidak, Anda dapat melihat warna air kencing Anda.

Apabila warna urine tersebut kuning pekat bisa jadi tanda tubuh Anda dehidrasi. So, jika tidak ingin itu terjadi, maka langkah sederhananya adalah dengan minum 1-2 gelas air pada saat bangun tidur. Ini akan membantu tubuh Anda tetap terhidrasi karena tubuh tidak terasupi makanan dan minuman pada saat Anda tidur.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes