fitnes untuk pemula

Biasa Menghabiskan Waktu di Ruangan Ber-AC? Waspada, Flu Mengintai Anda!

Berada di dalam ruangan ber-AC mungkin adalah sesuatu yang sulit untuk dihindari, terutama para karyawan kantor. Padahal ruangan ber-AC dapat memicu sejumlah masalah kesehatan. Salah satunya adalah flu.

penyebab flu

Influenza atau yang juga dikenal dengan flu adalah penyakit yang sudah umum dialami, maka tak heran jika flu dapat menyerang siapa saja. Flu merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus. Banyak yang mengira bahwa flu adalah penyakit biasa dan mudah ditangani seperti pilek atau batuk. Namun, tahukah Anda bahwa penyebab flu adalah virus yang berbeda?

Ya, penting diketahui bahwa flu berbeda dengan pilek. Memang keduanya sama-sama disebabkan oleh virus. Pilek memiliki gejala yang lebih ringan dan mungkin akan mereda dalam beberapa hari saja. Namun apabila terkena flu, dapat membuat pasien merasa kurang sehat dan letih cukup lama.

Kenapa Flu Bisa Menyerang Anda?

penyebab flu

Seperti yang dipaparkan sebelumnya, flu disebabkan oleh penularan virus. Dan ada tiga virus yang menjadi penyebab dan diklasifikasikan sebagai virus A, virus B, dan virus C. Virus A merupakan virus penyebab utama flu dan sangat berperan dalam gangguan pernapasan yang terjadi hampir setiap musim dingin. Sementara virus B bisa menyebabkan reaksi yang lebih ringan daripada tipe A. Meski begitu, virus B juga bisa menjadi penyebab wabah flu musiman.

Virus tipe C cenderung lebih ringan daripada dua virus lain. Biasanya, pasien flu yang diakibatkan virus C tidak mengalami gangguan kesehatan yang parah. Ada beberapa sebab mengapa virus flu mudah menyerang manusia. Salah satunya adalah karena kondisi tubuh yang tidak fit dan kekurangan vitamin.

Pernapasan Terganggu? Bisa Jadi Anda Terkena Flu

Virus flu kebanyakan akan mengganggu saluran pernapasan seperti hidung, moncler armoise albizia tenggorokan, dan paru-paru. Gejala awal yang ditimbulkan antara lain tubuh menjadi demam dengan suhu antara 38-40 C. Selain itu, gejala umum yang biasa terjadi adalah nyeri otot, radang tenggorokan, nafsu makan berkurang, sakit kepala, pusing dan mual, serta tubuh terasa letih dan kurang bertenaga akibat daya tahan tubuh yang melemah. [Baca Juga: Rekomendasi untuk Anda yang Mudah Terserang Flu]

penyebab flu

Setelah gejala-gejala tersebut mereda, maka akan mulai terjadi gejala-gejala seperti hidung tersumbat, pernapasan terasa berat, bersin, pilek bening dan encer, atau batuk kering. Bagi sebagian orang, gejala-gejala tersebut akan hilang dalam waktu kurang lebih tujuh hari. Sementara bagi mereka yang sebelumnya memiliki masalah pernapasan seperti asma dan penyakit jangka panjang lainnya dapat berpotensi menjadi lebih buruk akibat flu.

Bagaimana Virus Flu Dapat Menyebar di Kantor Anda ?

Flu adalah penyakit menular yang umum terjadi. Ada beberapa cara penularan virus flu ini. Antara lain dapat melalui kontak langsung dengan cairan atau lendir pada orang yang terkena flu. Seperti melalui berbagi peralatan makan, bersentuhan, atau penciuman.

penyebab flu

Selain itu juga dapat melalui pernapasan. Hal ini biasanya terjadi ketika orang yang menderita flu, batuk atau bersin sehingga menimbulkan partikel halus yang melayang di udara (aerosol) yang mengandung virus. Bukan hanya melalui pernapasan, melalui benda mati virus flu juga dapat menyebar seperti gagang pintu, keyboard, monster beats amazon australia telepon, remote TV, dan lain-lain. Benda-benda tersebut dapat menularkan flu karena sebelumnya telah tercemar virus flu. Kondisi ini dapat diperparah apabila banyak kontak dengan orang dibanyak tempat serta kontak langsung dengan penderita flu.

>> Singkirkan Flu dengan 8 Cara Jitu Ini <<

1. Ruangan ber-AC Membuat Virus ‘Bergerilya’

Apakah setelah menghindari cara penularan di atas lantas membuat virus flu tidak dapat menyerang kita? Belum tentu. Beberapa kondisi juga bisa memicu penularan virus. Salah satunya adalah dalam ruangan ber-AC baik di rumah atau kantor. Sudah banyak perusahaan menggunakan ruangan kerja karyawannya dengan dilengkapi AC. Kondisi yang panas menjadikan AC sebagai penolong rasa pengap saat bekerja. Tapi. AC inilah yang dapat menularkan flu. Bagaimana bisa?

penyebab flu

Wabah flu biasanya terjadi pada bulan-bulan musim dingin. Ini dikarenakan pada kondisi tersebut virus dapat bertahan hidup, ini sama dengan AC. AC sendiri adalah bertujuan untuk menciptakan udara dingin dalam ruangan. Tapi pada kondisi ini virus, termasuk virus flu, akan dapat bertahan hidup. Memang, dengan berlama-lama beraktivitas dalam ruangan ber-AC bukan menjadi penyebab utama, tapi dapat memperberat flu yang terjadi. [Baca Juga: Ini Lho Cara Unik Menghajar Virus Flu]

2. Daya Tahan Tubuh Melemah

Kondisi tubuh juga dapat mempengaruhi seseorang terkena atau bebas dari flu. Apabila memiliki kondisi tubuh yang fit dan prima, maka virus akan kesulitan untuk menyerang tubuh. Namun apabila kondisi daya tahan tubuh melemah maka dengan mudah virus flu akan masuk dalam tubuh dan menyerang manusia. Di sinilah peran penting dari vitamin. Salah satu penyebab daya tahan tubuh lemah adalah karena kekurangan vitamin. Meski tidak harus dalam komposisi besar, michael kors access apple watch peran vitamin sangat penting menjaga tubuh berfungsi secara maksimal.

penyebab flu

Tangkal Flu dengan Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Telah diketahui apa penyebab serta cara penularan flu. Cara terbaiknya kini adalah dengan mencegah agar flu tidak mudah menyerang tubuh kita serta tidak harus menghindari orang yang mengalami flu. Karena disebabkan oleh virus, maka cara jitu adalah dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, antara lain;

penyebab flu

1. Pola makan
Terutama dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung antioksidan tinggi seperti sayuran atau buah-buahan. Antioksidan akan membantu melindungi sel-sel Anda dari radikal bebas.

2. Rutin berolahraga
Sibuk dengan pekerjaan bukan alasan untuk tidak berolahraga. Karena olahraga adalah salah satu cara paling sederhana untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda. Usahakan untuk rutin berolahraga 3-4 kali dalam seminggu.

3. Istirahat yang cukup
Jika tidur Anda kurang maka tubuh tidak akan memiliki daya untuk melawan virus flu. Sebaiknya istirahat (tidur) setidaknya 7-8 jam setiap malam.

4. Asupan Vitamin
Apabila asupan nutrisi harian Anda kurang mencukupi jika hanya dari makanan, Anda dapat menambahkannya melalui suplementasi. Suplementasi vitamin dapat membantu tubuh Anda mendapatkan kebutuhan vitamin yang cukup untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang kuat.

Dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat dan bergizi dapat menjaga tubuh tetap terasupi nutrisi-nutrisi penting seperti vitamin dan mineral. Apabila kebutuhan vitamin tubuh tercukupi maka sistem kekebalan tubuh akan tetap terjaga dan Anda tetap dapat bekerja dengan semangat.

BACA JUGA: Efek Instan yang Bisa Anda Rasakan dari Diet dan Latihan

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes