hidup sehat

Cara Mudah Dapatkan Hidup Sehat, Bahagia, dan Panjang Umur

Olahraga mampu membuat Anda lebih sehat dan bahagia. Selain itu, gaya hidup dan pola makan juga berpengaruh. Nah, berikut ini beberapa cara mudah agar hidup Anda lebih sehat, bahagia, dan panjang umur.

hidup sehat

Dalam studi terbaru dari Harvard mengatakan bahwa sarapan bubur whole grain, seperti oats atau sereal, setiap pagi mampu memperpanjang hidup Anda. Namun, bukan hanya itu saja yang bisa memperpanjang harapan hidup Anda.

Berikut ini beberapa cara mudah untuk membuat Anda tetap sehat, bahagia, dan panjang umur.

1. Olahraga

Tak bisa dipungkiri, Olahraga memberikan efek yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Selain membuat tubuh kita kuat, olahraga juga mampu mengatasi beragam penyakit.

2. Permainan Otak

Permainan yang menggunakan otak seperti catur atau puzzle ternyata mampu mencegah penyakit demensia. Permainan ini dapat meningkatkan fungsi kognitif otak.

3. Suka Menolong

Sering membantu atau bersifat ringan tangan dapat mengurangi depresi. Bahkan, salah satu studi di Amerika menyebutkan jika orang yang suka menolong dapat mengurangi risiko kematian hingga 22 persen. Ini dikarenakan manfaat yang didapat dari tingkat emosional.

4. Asupan Kalori

Penelitian dari St Louis University di Amerika Serikat mengkonfirmasi bahwa mengurangi asupan kalori dapat mengurangi produksi T3, hormon yang mempercepat penuaan.

5. Seks

Seks terbukti membawa banyak manfaat kesehatan. Seperti menurunkan stres, membantu mendapatkan tidur yang berkualitas, meningkatkan sistem imun tubuh. Pada tahun 1997, peneliti di Wales menyebutkan bahwa orang yang hanya melakukan hubungan kurang dari sekali dalam sebulan memiliki risiko kematian lebih dini daripada mereka yang melakukan dua kali seminggu.

6. Cabe

Capsaicin atau zat kapsaisin adalah senyawa kimia yang menimbulkan rasa pedas, bisa ditemukan pada cabe, terbukti ampuh mengatasi tekanan darah tinggi dan depresi. Dikombinasi dengan turmeric, senyawa yang terdapat pada kari dan saus pedas, juga dapat mengurangi risiko stroke, serangan jantung, hingga kanker.

7. Duduk di Tempat Kerja

Duduk terlalu lama di tempat kerja terbukti berdampak buruk bagi kesehatan Anda. Duduk terlalu lama dapat meningkatkan berat badan hingga nyeri punggung. Ilmuwan dari Pennington Biomedical Research Centre di Louisianna menemukan bahwa orang yang duduk lebih dari 54 jam per minggu lebih berisiko kematian akibat serangan jantung ketimbang orang yang duduk kurang dari 54 jam.

8. Sosialisasi

Hasil penelitian yang dilakukan Brigham Young University, Utah, menemukan bahwa memiliki banyak teman meningkatkan kesehatan. Bersosialisasi, menjadi teman yang baik mampu mengatasi depresi.

9. Positif Thinking

Peneliti dari Yale University menemukan bahwa cukup dengan positive thinking dapat memperpanjang harapan hidup hingga tujuh tahun. Sementara yang selalu menanggapi negatif, selalu terkait dengan kondisi kesehatan yang buruk, terutama hati.

10. Menikah

Peneliti dalam buku The Longevity Project menemukan pria yang menikah dan mempertahankannya, kemungkinan dapat hidup hingga usia lebih dari 70 tahun.

Kurang dari sepertiga pria yang bercerai berhasil mencapai usia tersebut. Sementara wanita yang telah menikah mampu hidup empat tahun lebih lama ketimbang wanita yang tidak menikah.

Semoga bermanfaat. (ctr)

BACA JUGA: Jadikan Tahun 2015 Selalu Tetap Bugar di Kantor

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes