Diet Sehat tak Hanya Bermanfaat untuk Turunkan Berat Badan

Sembelit, konstipasi atau dikenal juga dengan susah buang air besar merupakan masalah yang sangat umum di alamai oleh masyarakat kita. Namun, tahukah Anda bahwa melalui pengaturan pola diet yang sehat akan membantu Anda mengatasi gangguan ini secara tepat dan efektif?

Diet-Sehat-'tak-Hanya-Bermanfaat-untuk-Turunkan-Berat-Badan

Penyebab Sembelit

Sebagian besar kasus sembelit terjadi akibat kurangnya konsumsi serat dalam diet sehari-hari. Faktor lainnya bisa jadi karena asupan cairan yang tidak memadai, kurangnya olahraga, stres ataupun akibat penyakit tertentu, serta penyalahgunaan obat-obatan tertentu. Oleh karena itu, sangat kurang bijak jika Anda mengatasi sembelit dengan obat pencahar, bukan dengan mengatasi penyebab utamanya.

Atasi Sembelit dengan Diet Sehat

Serat merupakan nutrisi yang penting untuk membantu melancarkan buang air besar. Karena tidak dapat dicerna, maka serat akan meningkatkan volume feses sehingga melancarkan proses pembuangan feses. Sebagian besar makanan kaya serat dapat Anda dapatkan dari biji-bijian, seperti roti gandum, beras merah, jagung, pasta gandum, dan lain-lain, juga sayuran, buah-buahan dan kacang-kacangan. Dan untuk buah-buahan dan sayuran sebaiknya Anda konsumsi dalam keadaan mentah dan pastikan kehigienisannya.

6 Tip Sehat Atasi Sembelit

Berikut ini beberapa tip untuk menghindari dan mengatasi sembelit:

  1. Tingkatkan konsumsi gandum dan olahannya seperti roti gandum utuh, juga nasi merah, oat, ubi jalar dan lain-lain
  2. Konsumsi 2-3 porsi buah dan sayuran per hari. Pilih buah dan sayuran yang kaya serat seperti apel, berry, jeruk, tomat, pear, plum, bayam, kubis, lettuce, wortel, brokoli, dan sebagainya.
  3. Pilih sumber lemak dan minyak dari jenis lemak tak jenuh seperti minyak nabati berkualitas tinggi (misalnya minyak canola, bunga matahari, jagung, zaitun) dan sebaiknya tidak dipanaskan, misalnya untuk salad dressing.
  4. Batasi konsumsi makanan manis. Selain mengandung gula dan kalori yang tinggi, yang akan membuat Anda lebih banyak menyimpan lemak dalam tubuh, makanan manis juga sering mengandung lemak tinggi.
  5. Tambahkan juga konsumsi kacang-kacangan, seperti kedelai, lentil, buncis, kacang merah, tempe, tahu, dan lain-lain.
  6. Konsumsi air dalam jumlah cukup per hari, sebaiknya tanpa gula dan batasi alkohol. Faktanya, minuman yang mengandung alkohol memiliki efek diuretik, yang dapat membuat Anda lebih banyak membuang air dari tubuh sehingga tubuh pun bisa kekurangan cairan.

Selain mengatur makanan yang dikonsumsi dengan baik, pastikan Anda berolahraga teratur dan istirahat cukup. Semoga bermanfaat.

BACA JUGA : Suhu Dingin Lemari Es Tidak Membunuh Bakteri

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes