Jackfruit Protein Drink

Jackfruit atau nangka merupakan salah satu jenis pohon penghasil buah yang memiliki nama latin Artocarpus heterophyllus. Tanaman ini masih satu keluarga dengan mulberry (Moraceae). Nangka berasal dari Asia Selatan dan Asia Tenggara. Meskipun buah ini adalah buah nasional negara Bangladesh, akan tetapi banyak dibudidayakan di negara-negara tropis lain seperti Srilanka, Vietnam, Thailand, Filipina, Malaysia, Indonesia, Uganda, Mauritius, Brasil, dan Jamaika.

Sebutan “jack fruit” berasal dari bahasa Portugis “Jaca” yang diturunkan dari bahasa Malayalam (salah satu bahasa di India Selatan) yaitu “Chakka”. Jackfruit dikenal juga dengan sebutan “nangka” atau “langka” di Filipina dan merupakan makanan penutup favorit bagi masyarakat Filipina.

Daging buah nangka bertekstur lembut dan mudah dicerna. Rasa manisnya berasal dari gula sederhana yaitu fruktosa dan sukrosa yang merupakan sumber energi instan. Buah nangka kaya akan serat pangan yang membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah sembelit.

Buah nangka segar mengandung sejumlah vitamin A dan senyawa pigmen flavonoid seperti beta-karoten, xanthin, lutein dan beta-kriptoxantin. Senyawa-senyawa ini mempunyai peran sebagai antioksidan dan dalam menjaga kesehatan mata. Konsumsi buah yang kaya akan vitamin A dan karoten ternyata juga dapat membantu melindungi dari kanker paru-paru dan rongga mulut.

Buah nangka merupakan sumber vitamin C yang baik. Dalam 100 g buah nangka terkandung 13.7 mg vitamin C yang dapat memenuhi 23% dari kebutuhan harian yang direkomendasi. Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin C dapat membantu melindungi dari agen infeksi dan radikal bebas berbahaya. Buah nangka mengandung sejumlah vitamin B kompleks antara lain vitamin B6 (piridoksin), vitamin B3 (niasin), vitamin B2 (riboflavin), dan vitamin B9 (asam folat). Vitamin B6 yang terkandung dapat membantu kesehatan jantung karena dapat menurunkan tingkat homosistein dalam darah.

Sejumlah mineral penting juga terkandung dalam buah nangka seperti kalium, magnesium, mangan, besi, dan tembaga. Kalium dapat membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah, sehingga mengurangi resiko serangan jantung dan stroke. Magnesium membantu dalam penyerapan kalsium dan fungsi kalsium untuk menguatkan tulang dan mencegah kerusakan tulang seperti osteoporosis. Mangan berperan dalam menjaga tingkat kadar gula dalam darah. Zat besi yang terkandung dalam buah nangka dapat membantu mencegah gangguan darah seperti anemia. Tembaga berperan dalam metabolisme tiroid khususnya dalam produksi hormon.

Cara membuat jackfruit protein drink

Untuk 1 porsi :
Bahan

50 g nangka
1 sdt sari jeruk kalamansi
2 sdm UN Prostar 100% Whey Protein
150 ml susu rendah lemak
50 ml air minum
1 sdt madu

Cara membuat

  • Campur semua bahan dalam food processor atau blender.
  • Proses sampai halus.
  • Sajikan.

Nilai gizi per porsi
Energi: 280 kkal
Lemak: 3.2 g
Karbohidrat: 33 g
Serat: 0.8 g
Protein: 30 g

Tips dan trik

  • Jika ingin konsumsi dingin, air minum bisa diganti dengan es batu atau dimasukkan ke dalam pendingin terlebih dahulu.
  • Minuman protein akan memberikan manfaat lebih optimal bila diminum setelah berolahraga.
  • Sari jeruk kalamansi bisa diganti dengan sari jeruk nipis atau jeruk.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes