Ingin Menghilangkan Kafein?

Banyak penelitian telah dilakukan untuk menelaah resiko kesehatan, dan salah satunya berhubungan dengan konsumsi kafein, dahulu, kafein dipercaya menaikkan tekanan darah tetapi sekarang para peneliti tidak yakin hubungan antara konsumsi kafein sedang dan tekanan darah.

Apapun alasan Anda untuk minum dan tidak minum kopi, Anda mungkin telah mendengar kasus dimana ada gejala sakit kepala, gelisah lemas bahkan depresi, apakah semua ini adalah efek samping dari kefein ataukan hanya sugesti belaka?

Penelitian menunjukan kalau kafein benar berfungsi sebagai stimulant, dan banyak pakar kesehatan berpendapat bahwa kafein adalah salah satu jenis obat2an yang tersebar luas. Kafein dapat disebut sebagai stimulant ringan, dan dapat menambah kinerja saraf sentral, yang dapat membuat konsumen dapat menjadi lebih siaga, tetapi tidak menambah kinerja mereka.

Sumber utama dari kafein adalah kopi, teh, coklat dan soft drink, obat kesehatan yg membantu orang untuk tetap bangun juga mengandung kafein. Asupan per hari yang disarankan adalah kurang dari 300 mg sehari, yang terdapat dalam 2-3 cangkir kopi sehari

Bagi Anda yang pernah mencoba menghilangkan kafein dari diet Anda pasti mengerti bahwa ini bukan pekerjaan yang mudah, mereka yang menghentikan kafein dalam diet mereka seringkali mendapat efek samping seperti diatas. Cara yang paling efektif adalah mengurangi jumlah asupan kafein dalam tubuh Anda secara berkala, hal ini menyebabkan tubuh Anda mampu menyesuaikan dengan perubahan jumlah kafein yang masuk ke dalam tubuh Anda.

Berikut ini adalah beberapa tips dari AMERICAN DIETIC ASSOCIATION untuk membantu mengurangi konsumsi kafein Anda:

  • Cobalah campur kopi yang mengandung kafein dengan kopi yang tidak mengandung kafein (decaf)
  • Tambahlah jumlah susu dalam kopi anda
  • Kurangilah waktu pembuatan teh anda, sehingga teh yang menyerap ke dalam minuman tidak mengandung terlalu banyak kafein
  • Cobalah substitusi produk berkafein dengan yang tidak, minumlah kola sebagai ganti cola, dan herbal tea sebagai pengganti teh hitam.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes