serangan jantung

Kebiasaan ini Bantu Anda Terhindar dari Serangan Jantung

Serangan jantung merupakan salah satu penyakit yang mematikan di dunia. Nah, penelitian terbaru menyebutkan, enam kebiasaan ini bantu mengurangi risiko serangan jantung, terutama para wanita.

serangan jantung

Enam kebiasaan tersebut adalah tidak merokok, memiliki body mass index (BMI) normal, aktivitas fisik atau olahraga minimal 2,5 jam per minggu, menonton tv kurang dari enam jam seminggu, pola makan sehat, serta mengurangi atau berhenti mengonsumsi alkohol.

Penelitian terbaru yang diterbitkan dalam Journal of the American College of Cardiology menyebutkan, penelitian dilakukan pada lebih dari 70 ribu wanita. Selama 20 tahun, peneliti menemukan 456 wanita mengalami serangan jantung dan 31.691 wanita didiagnosa memiliki risiko tinggi mengalami penyakit kardiovaskuler lain seperti diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, atau kadar kolesterol tinggi.

Peneliti dari Indiana University School of Public Health, Bloomington menemukan, wanita yang melakukan enam kebiasaan di atas memiliki risiko 92 persen lebih rendah mengalami serangan jantung dan 66 persen lebih rendah untuk mengembangkan faktor risiko penyakit jantung. [Baca juga: Kebiasaan yang Dapat Memicu Serangan Jantung]

Gaya Hidup yang Tidak Sehat

Terlepas dari wanita atau pria, sangatlah penting bagi kita semua untuk menjaga tubuh kita agar tetap sehat agar terhindar dari penyakit yang berbahaya, salah satunya jantung.

serangan jantung

Salah satu hal yang berpotensi menimbulkan penyakit atau serangan jantung adalah kebiasaan yang tidak sehat. Seperti yang disebutkan di atas, gaya hidup yang tidak sehat berpotensi datangnya penyakit yang mematikan. Seperti kebiasaan merokok, makan-makanan yang tidak sehat, konsumsi alkohol, kurang olahraga, obesitas, serta terlalu banyak menonton televisi.

1. Stop Merokok

Telah diketahui oleh umum bahwa rokok sangat berbahaya bagi kesehatan. Berbagai masalah kesehatan dapat ditimbulkan akibat rokok karena asap rokok mengandung lebih 4.000 bahan kimia, mulai dari penyakit jantung hingga kemandulan. Karena itulah, bagi Anda yang perokok segeralah untuk berhenti merokok.

2. Kurang Olahraga

Kesibukan pekerjaan kadang membuat seseorang lupa akan satu hal ini. Ya, olahraga merupakan bagian penting dalam kehidupan untuk menjaga tubuh tetap sehat dan kuat. Banyak penelitian yang mengatakan bahwa kurangnya olahraga atau aktivitas fisik bisa menimbulkan masalah kesehatan. Ayo bergerak!

3. Diet Sehat

Diet atau pola makan sehat juga termasuk kunci utama untuk menjaga tubuh agar terhindar dari penyakit-penyakit berbahaya. Selain harus sehat, pastikan makanan yang dikonsumsi Anda juga aman. Menurut catatan dari WHO, lebih dari 200 jenis penyakit muncul akibat makanan yang tidak aman. Seperti diare, lambung, meningitis, hepatitis A, kanker, hingga kematian. [Baca juga: Hari Kesehatan Dunia 2015, ‘Keamanan Pangan’]

4. Obesitas

Obesitas berarti memiliki timbunan lemak tubuh yang berlebih. Banyak sekali masalah kesehatan yang disebabkan oleh obesitas selain jantung. Seperti stroke, diabetes tipe 2, kanker, liver, gangguan pernafasan, hingga risiko osteoarthritis. Bagaimana cara agar tidak mengalami obesitas? Dua cara utama yang harus dilakukan adalah makan-makanan yang sehat dan olahraga teratur.

>> Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Obesitas <<

5. Alkohol

Mengonsumsi alkohol dalam jumlah berlebih akan sangat berdampak buruk bagi kesehatan. Jika dikonsumsi dalam jangka panjang, alkohol dapat merusak organ hati, jantung, stroke, otak, sistem saraf, dan dapat memicu impotensi.

6. Terlalu lama di depan televisi

Untuk mengisi waktu luang, tidak jarang banyak yang mengisi dengan menonton televisi. Namun, terlalu lama menonton televisi juga berdampak buruk bagi kesehatan fisik dan mental. Selain risiko penyakit jantung, terlalu lama menonton TV juga dapat mengganggu tidur, diabetes, obesitas, asma, sakit mata, perilaku agresif, hingga bisa menyebabkan kurang sosialisasi.

Suplementasi

serangan jantung

Selain menjaga pola makan sehat dan rutin olahraga, langkah lain untuk menjaga kesehatan jantung adalah melalui suplementasi. Seperti suplemen Omega 3 dan vitamin E. Keduanya merupakan nutrisi penting menjaga kesehatan kardiovaskuler atau jantung dan pembuluh darah. Seperti Omega 3 dari Ultimate Nutrition, kombinasi keduanya akan mendapatkan manfaat lebih optimal untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

Tidak ada kata terlambat untuk mengubah gaya hidup Anda menjadi lebih sehat. Selain terhindar dari penyakit-penyakit berbahaya, melakukan gaya hidup sehat akan membuat akivitas sehari-hari lebih sehat dan bugar.

Semoga bermanfaat. (ctr)

BACA JUGA: Sudah Latihan Tapi Berat Badan Belum Juga Turun?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes