bahaya kedelai

Kedelai: Sehat atau Malah Berbahaya?

Kedelai sering disebut sebagai bahan makanan sehat karena kandungan nutrisinya. Kandungan proteinnya yang tinggi namun rendah kalori, ditambah dengan kandungan antioksidannya membuat kedelai dianggap sebagai super food.

bahaya kedelai

Namun demikian, beberapa orang mengaggap manfaat kedelai untuk kesehatan secara berlebihan. Karena sebenarnya, kedelai juga memiliki beberapa kandungan yang boleh dibilang tidak terlalu sehat.

Ada temuan bahwa kedelai dapat menyebabkan alergi dan mengurangi kesuburan pada wanita. Hal ini terbukti bahwa isoflavon kedelai (jenis fitoestrogens) dapat menghambat sistem endokrin dan menyebabkan ketidakseimbangan hormon. Berikut adalah beberapa masalah terkait dengan kedelai.

1. Fitoestrogen

Fitoesterogen dianggap dapat menyebabkan ketidakseimbangan testosteron dan kesuburan pada laki-laki. Ada juga beberapa yang meyakini bahwa zat ini dapat menyebabkan peningkatan aktivitas enzim yang dapat menyebabkan kanker payudara.

2. Goitrogen

Kedelai mengandung goitrogen, zat yang mencoba mencegah sintesis hormon tiroid dan menghalangi metabolisme yodium sehingga dikhawatirkan akan mengganggu fungsi tiroid.

3. Asam Fitat

Asam ini dapat menggagalkan penyerapan mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti seng, kalsium, magnesium, zat besi.

4. Hemagglutinin

Kedelai mengandung hemagglutinin, zat yang dapat membuat sel darah merah menggumpal jika terkandung terlalu banyak dalam tubuh kita.

5. Penghambat Tripsin

Penghambat tripsin (trypsin inhibitor) dapat menghambat pencernaan protein sehingga asupan makanan yang mengandung zat ini tidak boleh berlebihan agar protein tercerna dengan baik.

6. Mangan

Dalam kedelai terdapat cukup tinggi mangan. Bila dibandingkan dengan ASI, kedelai memiliki hampir sekitar 80 persen mangan yang tersimpan di dalamnya. Mangan memang cukup dibutuhkan tubuh untuk membantu sel mengumpulkan energi. Namun jika berlebihan, mangan dapat menyebabkan kerusakan otak seperti penyakit Parkinson.

Lalu, apakah ini artinya kedelai adalah makanan berbahaya bagi kesehatan? Tentu saja tidak!

Ingat bahwa segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, dan justru bersifat merusak. Begitu juga dengan kedelai. Kita memang disarankan untuk mengonsumsi kedelai karena kandungan gizinya yang begitu tinggi, namun bukan berarti kita boleh mengonsumsinya secara berlebihan, dan menjadikannya seolah-olah sebagai makanan pokok bagi beberapa orang.

So, meski perbebatan tentang baik buruknya kedelai ini terus berlanjut, mari kita lebih cermat dalam mengatur apa yang kita konsumsi setiap hari. Dan kesimpulannya, kedelai tetap merupakan makanan sehat, namun konsumsilah dalam jumlah cukup, sesuai kebutuhan Anda. American Heart Association menyarankan konsumsi kedelai sebanyak 25 gram setiap hari untuk menekan risiko penyakit jantung. Nah, konsumsilah kedelai dengan bijak.

Semoga bermanfaat. (ctr)

BACA JUGA: 12 Buah Yang Efektif Mencegah Kanker

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes