latihan di kantor

Latihan Saat Jam Kerja Bikin Karyawan Lebih Sehat

Kesibukan kerja bukan halangan bagi karyawan untuk tetap sehat dan langsing. Studi baru mengatakan, penerapan gaya hidup yang sehat di kantor dapat menghindarkan karyawan dari sejumlah penyakit kronis.

latihan di kantor

Dikutip dari Zee News, Rabu (11/03), program gaya hidup sehat di tempat kerja secara signifikan dapat mengurangi faktor risiko sejumlah penyakit berbahaya. Seperti penyakit jantung dan diabetes.

Studi baru ini dikembangkan oleh University of Pittsburg Graduate School of Public Health. Program ini dilakukan selama satu tahun untuk membuat perubahan gaya hidup yang lebih sehat. Hasilnya, para peserta rata-rata kehilangan lima persen dari berat badan mereka (atau sekitar 4,5 kilogram).

Tak hanya itu, para peserta juga menunjukkan peningkatan aktivitas fisik hampir dua kali lipat. 96 persen peserta mengaku program latihan di tempat kerja menguntungkan, dan 99 persen mengatakan bahwa mereka akan merekomendasikan program ini pada rekan kerja mereka.

“Program perubahan gaya hidup yang lebih sehat ini bukan hanya menawarkan produktivitas bekerja, melainkan juga mengurangi risiko faktor diabetes dan penyakit jantung pada karyawan,” kata peneliti utama Andrea Kriska dalam Journal of Occupational and Environmental Medicine.

#Terlalu lama duduk bahayakan kesehatan

latihan di kantor

“Duduk memiliki bahaya yang sama dengan merokok, sama-sama berpotensi membunuh Anda,”

Terlalu lama duduk ketika bekerja di depan komputer telah lama dikaitkan dengan masalah kesehatan. Bahkan, dalam studi yang diterbitkan di The Annals of Internal Medicine awal tahun ini mengatakan, terlalu lama duduk tetap bisa memunculkan risiko penyakit meski telah menambah aktivitas fisik.

Selain itu, terlalu lama duduk juga disebut-sebut berpotensi memperpendek usia seseorang karena bahayanya hampir sama dengan kebiasaan merokok. “Duduk memiliki bahaya yang sama dengan merokok, sama-sama berpotensi membunuh Anda,” kata Profesor Peter Katzmarzyk dari Pennington Biomedical Research Centre di Louisiana.

Duduk dalam waktu yang lama dapat menyebabkan kolesterol tinggi dan lingkar pinggang yang besar. Kondisi tersebut tentu saja dapat menimbulkan risiko penyakit kardiovaskuler dan metabolik. Otot-otot yang kendur ketika seseorang duduk terlalu lama membuat jantung tidak dapat memompa darah secara maksimal.

Untuk itu, penting bagi pekerja, terutama mereka yang bekerja di depan computer untuk tetap bergerak disela-sela pekerjaan. Pada penelitian yang diterbitkan dalam Medicine & Science in Sports & Exercise tahun 2014 lalu mengatakan, cukup berjalan-jalan selama lima menit dapat mencegah menggumpalnya darah di kaki selama duduk.

Tetap aktif meski ketika bekerja adalah langkah tepat untuk mengurangi segala risiko penyakit atau masalah kesehatan akibat terlalu lama duduk.

#Latihan di kursi kerja

Terlalu lama duduk bisa menimbulkan sejumlah penyakit. Solusinya adalah usahakan tetap aktif meski pekerjaan memaksa Anda duduk terlalu lama di depan komputer.

Atau melakukan latihan dengan memanfaatkan kursi kerja Anda. Berikut beberapa latihan yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko penyakit akibat duduk terlalu lama.

1. Knee Extension

latihan di kantor

Tahap pelaksanaan

– Pisahkan jarak kedua kaki Anda selebar bahu
– Kedua tangan berada di samping tubuh
– Angkat kaki kanan Anda lurus ke depan
– Luruskan tulang punggung Anda
– Tahan 10-15 detik, kemudian turunkan kaki ke posisi semula dan ganti dengan kaki kiri.
– Ulangi 10-15 repetisi untuk masing-masing kaki.

2. Cat Cow Stretch

latihan di kantor

Tahap pelaksanaan
– Duduk dengan punggung tegak
– Kedua tangan memegang lutut
– Tarik napas dan condongkan pinggang ke depan
– Tahan 10-15 detik
– Hembuskan napas dan lengkungkan punggung ke belakang
– Lakukan masing 10-15 repetisi dalam tempo lambat

3. Bench Dips

latihan di kantor

Tahap pelaksanaan
– Tempatkan kedua tangan pada ujung kursi di belakang badan
– Kedua kaki lurus ke depan
– Turunkan tubuh hingga paha hampir menyentuh lantai
– Kemudian angkat tubuh dan ulangi

4. Chair Pose

latihan di kantor

Tahap pelaksanaan
– Berdiri tegak dengan kaki rapat
– Tarik nafas dan angkat tangan lurus ke depan tubuh
– Buang nafas dan tekuk lutut hingga paha sebisa mungkin sejajar dengan lantai sambil mengangkat kedua kaki dengan ujung kaki (jinjit)
– Tahan posisi selama 10-15 detik
– Kembali ke posisi semula
– Ulangi

5. Chair Squat

latihan di kantor

Tahap pelaksanaan
– Bediri di depan kursi kerja
– Lakukan gerakan jongkok secara perlahan dengan mengkontraksikan otot paha, pinggul, dan perut
– Berhentilah saat pantat Anda menyentuh papan kursi
– Tahan posisi ini selama 2-5 detik
– Kembali ke posisi semula
– Ulangi 8-10 kali.

Latihan di atas merupakan latihan peregangan dan latihan kekuatan. Selain latihan tersebut, Anda juga dapat melakukan latihan kardio. Latihan ini selain membuat Anda lebih sehat, juga dapat membakar lemak membandel di tubuh Anda. Latihan kardio yang dapat dilakukan antara lain jumping jacks, naik-turun tangga, atau lari di tempat.

Meski relatif singkat, beberapa latihan di atas dapat memberikan manfaat kesehatan dan menjadikan Anda lebih bugar. Akibatnya, produktivitas pun akan meningkat. Bagi Anda yang ingin mendapatkan informasi kesehatan bisa bergabung dengan DuniaFitnes.com atau silahkan klik di sini.

Be active and healthy. Selamat berlatih. (ctr)

BACA JUGA: Mulai Tambah Performa Latihan dengan Bahan Utama Ini!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes