sistem kekebalan tubuh

Menjaga Tubuh Tetap Prima Saat Musim Hujan

Musim hujan identik dengan udara dingin dan banyaknya genangan air di mana-mana. Dibutuhkan persiapan khusus untuk menghadapi musim hujan karena biasanya banyak bermunculan berbagai penyakit, mulai dari flu ringan sampai demam berdarah, diare, dan muntah-muntah.

Musim hujan memiliki cuaca yang selalu berubah-ubah dan hal ini sangat mempengaruhi daya tahan tubuh Anda. Oleh karena itu, tidak berlebihan jika kita melakukan upaya untuk menjaga stamina selama musim hujan. Karena stamina yang prima, akan membuat tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Berikut beberapa tips yang membantu Anda menjaga daya tahan tubuh agar tetap prima di musim hujan:

Makan Makanan Bergizi

sarapan untuk diet

Salah satu kuncinya adalah bahwa tubuh tetap sehat dengan makan makanan bergizi dan seimbang. Apa yang masuk dalam tubuh kita memang sangat menentukan kondisi kesehatan tubuh. Jika makanan yang kita makan sudah cukup untuk tubuh, maka organ-organ otomatis tubuh kita akan berfungsi secara optimal.

Jangan lupa untuk menyertakan buah-buahan dan sayuran untuk melengkapi menu sehari-hari. Satu hal yang perlu diingat, pada musim hujan biasanya banyak lalat di sekitar. Jadi kita harus selalu menjaga dan menutup makanan atau minuman sehingga tidak ada lalat yang membawa banyak kuman dan menyebabkan penyakit.

>> Rahasia Langsing ala Ahli Gizi <<

Minum Cukup Air

manfaat minum air putih

Tubuh manusia 70 persennya terdiri dari air. Karena itu, kecukupan cairan untuk tubuh Anda sangat diperlukan agar organ-organ tubuh Anda berfungsi dengan optimal.

Mengonsumsi air yang cukup tidak hanya dilakukan ketika cuaca panas. Dalam dinginnya musim hujan kebutuhan air Anda masih harus dipenuhi.

Minum setidaknya 8 gelas air putih setiap hari sangat baik untuk kesehatan serta juga akan menjaga kita dari penyakit ginjal dan pembentukan batu ginjal.

Baca Juga: Kenali Tanda-tanda Tubuh Mengalami Dehidrasi

Latihan Rutin

energi latihan di musim hujan

Olahraga atau latihan juga memberikan kontribusi peran dalam meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh. Orang yang gemar berolahraga biasanya lebih bugar dan jarang sakit. Oleh karena itu, kita masih harus membiasakan diri berolahraga, meskipun hanya sedikit gerakan.

Manfaat aktivitas fisik seperti olahraga banyak sekali seperti pengendalian berat badan, meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan fleksibilitas, serta meningkatkan keseimbangan, serta menjaga kesehatan tubuh Anda secara menyeluruh.

Jadi, meluangkan waktu untuk latihan adalah pilihan yang bijak untuk Anda. Latihan bisa Anda lakukan selama 20-30 menit setiap hari dengan latihan ringan seperti jogging, atau lari pagi. Serta lakukan juga latihan beban minimal 3 kali seminggu untuk menjaga agar tubuh Anda tetap ideal.

>> 6 Tips Latihan Beban Bagi Pemula <<

Mengonsumsi Vitamin C dan Suplemen

manfaat creatine

Selain berfungsi sebagai antioksidan untuk melindungi tubuh dari radikal bebas yang berasal dari polusi udara dan asap rokok, vitamin C juga dipercaya untuk meningkatkan kekebalan tubuh dari tubuh. Vitamin C tidak diproduksi oleh tubuh kita, oleh karena itu kita membutuhkan asupan vitamin C dari makanan atau minuman yang kita konsumsi.

Anda juga perlu pertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen yang akan membantu menjaga daya tahan tubuh Anda, seperti suplemen multivitamin dan mineral untuk mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral harian Anda. Dengan konsumsi suplemen, maka akan membantu memenuhi kebutuhan nutrisi penting tubuh Anda. Sehingga menjaga tubuh Anda tetap bugar dan prima.

Menjaga Kebersihan Pribadi dan Lingkungan

Pada musim hujan, genangan air menjadi pemandangan umum Anda jumpai di sepanjang jalan dan bahkan di lingkungan rumah Anda sendiri. Jadi jangan heran jika nyamuk senang bersarang di sana. Demam berdarah biasanya mulai banyak terjadi selama musim hujan. Untuk mencegah aegypty aedes berkembang, maka Anda harus menjaga kebersihan diri dan lingkungan di sekitar Anda.

Tetaplah sehat dan fit dalam menghadapi musim hujan ini dengan menjaga daya tahan tubuh melalui tips-tips di atas!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes