manfaat cokelat hitam

3 Manfaat Cokelat Hitam untuk Kesehatan yang Tidak Anda Duga

Cokelat dikenal sebagai makanan yang sangat enak dan manis. Namun bagaimana dengan cokelat hitam, apakah rasanya sama dengan cokelat yang ada dipasaran? Dan apa saja manfaat cokelat hitam?

Selain kale atau bok choy, Anda mungkin sudah pernah mendengar superfood lain, yaitu cokelat hitam (dark chocolate).

Kenapa dikatakan superfood? Tentu saja karena mengandung banyak gizi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Begitu pula pada cokelat hitam. Dalam beberapa penelitian disebutkan bahwa makanan ini dapat membantu tingkatkan kesehatan jantung, menjaga tekanan darah, anti-inflamasi dan anti-oksidan, meningkatkan mood, hingga mengurangi risiko penyakit kronis.

Hal ini dikarenakan senyawa kimia dalam cokelat hitam yang disebut polifenol, khususnya flavonoid.

Dan tentu saja, manfaat cokelat hitam bisa Anda dapatkan bila dikonsumsi secara bijaksana karena makanan ini mengandung banyak energi.

Per ons cokelat hitam bisa mengandung 150-170 kalori.

Manfaat cokelat hitam itu apa saja secara detailnya? Berikut tiga yang paling utama untuk meningkatkan kesehatan tubuh yang mungkin belum Anda duga sebelumnya.

Mencukupi Kebutuhan Magnesium dalam Tubuh

Tahukah Anda bahwa kurang lebih sebanyak 68% orang tidak mendapatkan jumlah magnesium yang cukup sesuai dibutuhkan oleh tubuh mereka?

Seberapa penting magnesium? Banyak sekali yang dilakukan oleh magnesium, mineral penting dalam lebih dari 300 proses yang terjadi dalam tubuh.

Cokelat hitam adalah salah satu sumber magnesium yang mumpuni.

Sekitar 3,5 ons cokelat hitam, mengandung sekitar 228 mg magnesium. Sementara kebutuhan magnesium tiap harinya yang direkomendasikan adalah sekitar 400 mg.

Kalau tahu begini, apakah Anda masih ragu untuk konsumsi cokelat hitam lagi?

Baik untuk Kesehatan Jantung

Olahraga sangatlah baik untuk mendukung kesehatan jantung Anda.

Namun jangan lupakan bahwa kesehatan jantung juga dapat terbantu efek anti infllamasi dari flavonoloid.

Salah satu tipe flavonoid, flavonol yang ada dalam cokelat, mampu meningkatkan kesehatan jantung Anda.

Dikutip dari MensHealth.com, salah satu penelitian mengatakan bahwa orang yang konsumsi flavonol dari cokelat hitam dua kali sehari (0.5g), menunjukkan peningkatan fungsi pembuluh darah, penurunan tekanan darah, dan menurunkan kadar kolesterol.

Masih pada penelitian yang sama, subjek ini juga berisiko lebih rendah terkena penyakit jantung, serangan jantung, atau meninggal karena salah satu dari kedua penyakit tersebut.

Manfaat Cokelat Hitam, juga Baik untuk Otak

Flavonol sangatlah bersahabat untuk otak Anda.

Senyawa ini dapat membantu meningkatkan fungsi sel otak, melindungi sel-sel otak, bahkan dapat merangsang regenerasi sel otak.

Sebuah ulasan yang diterbitkan di Frontiers in Nutrition mengatakan, bahwa sangat mungkin hal itu dikarenakan efek pelindung protein dari flavonols.

Apa efeknya? Yaitu kemampuan berpikir lebih cepat, peningkatan memori, dan mampu lebih fokus.

Sudah cukup hanya itu? Belum.

Ada manfaat yang lebih besar lagi.

Flavonoid dalam cokelat hitam ditengarai mampu mengobati penyakit neurodegeneratif seperti alzheimer.

Studi yang diterbitkan dalam Journal of Alzheimer Disease menemukan hubungan antara makan cokelat (cokelat hitam) dan mengurangi risiko penurunan kognitif, mungkin karena efek protektif dari flavonol cokelat.

Ternyata, Cokelat Hitam Juga Baik untuk Pertumbuhan Otot

Selain memiliki efek yang baik untuk kesehatan tubuh, flavonol dalam cokelat hitam juga baik untuk membantu pembentukan otot. Yaitu dengan meningkatkan produksi nitric oxide.

Fungsi dari Nitric Oxide adalah kemampuannya untuk meningkatkan produksi sel-sel satelit, yang berguna memperbaiki sel-sel otot pasca latihan yang intens.

Selain itu, flavonol dalam cokelat hitam juga diyakini dapat membantu merangsang produksi follistatin, yang merupakan lawan dari myostatin.

Apabila produksi myostatin dalam tubuh terlalu besar, maka hal itu dapat mengganggu pertumbuhan otot. Karena itu, cara untuk menurunkannya secara alami (tanpa bantuan steroid) adalah dengan meningkatkan produksi follistatin.

Selain dengan konsumsi cokelat hitam, salah satu cara terbaik untuk mengontrol produksi myostatin adalah dengan meningkatkan konsumsi whey protein.

Dengan menambahkan suplemen whey protein akan dapat membantu mengurangi myostatin dan membantu membangun massa otot.

Ingin mendapatkan manfaat cokelat hitam untuk kesehatan tubuh Anda? Konsumsilah secara bijaksana. Semoga bermanfaat.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes