sayur sumber protein

Anda Vegetarian? Ini Sayuran untuk Sumber Protein Anda!

Protein adalah nutrisi penting yang diperlukan untuk melakukan fungsi-fungsi vital tubuh dan juga untuk memperbaiki otot Anda. Anda tidak selalu makan daging untuk mendapatkan protein. Cara lainnya untuk mendapatkan protein yakni dengan mengonsumsi sayuran yang mempunyai sumber protein yang tinggi. Terutama bagi Anda yang termasuk vegetarian, Anda harus memerhatikan informasi berikut. Ya, inilah sumber makanan nabati yang mempunyai kandungan protein tinggi, kaya serat, dan nutrisi lainnya.

Headline vegetable

Kacang Polong

Kacang polong menyediakan Anda protein yang diperlukan tubuh, terutama bagi Anda yang mengikuti diet vegetarian atau yang hanya mengurangi makanan hewani. Kacang polong merupakan sumber protein yang baik dan mengandung agrinin, asam amino yang penting untuk membangun otot Anda. Satu cangkir kacang polong yang dimasak dapat memberikan sebanyak 8 gram protein. Anda dapat menikmati kacang polong segar atau beku yang dapat Anda manfaatkan untuk sup, salad, dan minuman. Anda juga dapat membuatnya menjadi sandwich dari kacang polong.

Bayam

Apabila Anda memasukkan bayam di program diet Anda, maka banyak asupan protein yang bisa Anda dapatkan. Satu cangkir bayam yang akan menyediakan lebih dari 5 gram protein. Bayam adalah sayuran yang rendah kalori dan tinggi vitamin. Itulah mengapa bayam adalah sayuran yang menyediakan nutrisi cukup banyak untuk tubuh Anda. Tak cukup sampai di situ, bayam juga dapat meningkatkan aliran darah dalam tubuh Anda dan mencegah pembekuan darah dalam arteri. Bayam termasuk sayuran dengan indeks glikemiks rendah, sehingga dapat menjadi sumber protein bagi Anda yang menderita diabetes.

Brokoli

Sayuran lain yang dapat memberikan Anda asupan protein yang baik adalah brokoli. Brokoli mengandung kolagen dan juga protein yang membantu memperkuat jaringan ikat Anda. Satu cangkir brokoli mentah dapat memberikan Anda hampir 3 gram protein. Brokoli yang dimasak juga menyediakan banyak serat dan mineral penting lainnya. Anda dapat menggunakan brokoli sebagai salad ataupun campuran ke dalam sup.

Kacang

Kacang dianggap sebagai makanan yang berprotein tinggi. Kacang-kacangan adalah sumber yang baik dari asam amino lisin. Kedelai adalah salah satu kacang-kacangan yang memiliki protein lengkap dan dapat menyediakan asam amino. Satu cangkir kedelai dapat menyediakan 15,8 gram protein. Jika Anda menginginkan asupan protein tanpa lemak, kacang bisa menjadi salah satu pilihan terbaik.

Jagung

Selain menjadi sumber antioksidan yang baik, jagung juga mengandung jumlah protein yang baik. Satu cangkir jagung berisi 5 gram protein. Untuk itu, Anda dapat menambahkan jagung ke dalam program diet vegetarian Anda. Dibuat pasta atau salad, keduanya akan menambah kelezatan dari menu diet Anda.

Nah, sumber protein nabati di atas bisa Anda jadikan rujukkan bagi Anda yang melakukan diet vegetarian atau menghindari makanan hewani. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. (gie)

BACA JUGA: Jangan Ragu Makan Kurma!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes