dapatkan tubuh langsing

Cara Cerdas Menjaga Diet Anda Tetap Aman Selama Liburan Akhir Tahun

Momen akhir tahun akan segera tiba, banyak yang berbondong-bondong pergi ke berbagai tempat untuk merayakannya. Tapi tunggu dulu, apakah Anda sudah mempersiapkan agar diet Anda tetap aman? Berikut ini beberapa tips cerdas agar diet Anda tetap aman meski saat liburan.

#Konsumsi Makanan yang Rendah Kalori

efek diet

Memang, sepertinya akan cukup sulit menemui makanan yang rendah kalori ketika musim liburan seperti akhir tahun ini.

Sah-sah saja menikmati makanan-makanan tersebut, namun jika dilakukan secara frontal, maka program diet yang Anda lakukan terancam gagal. Tidak mau kondisi seperti itu terjadi bukan?

Caranya adalah dengan mengonsumsi makanan-makanan yang rendah kalori. Diet bukan berarti memaksa Anda untuk tidak mengonsumsi makanan apapun, begitu pula dengan liburan yang tidak lantas membuat Anda bebas mengonsumsi makanan.

Dengan mengonsumsi makanan yang rendah kalori, maka Anda tetap dapat menyantap makanan lezat tanpa khawatir gemuk. Apa saja makanan rendah kalori?

1. Wortel

MAnfaat-wortel

Sayuran ini dapat dimakan dalam kondisi mentah dan rasanya tidak pahit. Wortel merupakan salah satu makanan rendah kalori yang baik untuk diet harian Anda. Dalam satu cangkir wortel kandungan kalorinya berkisar antara 25-50 kalori.

Tidak hanya rendah kalori, wortel juga mengandung sejumlah vitamin yang penting bagi tubuh. Seperti vitamin A dan beta karoten yang baik untuk kesehatan mata.

Dalam penelitian disebutkan bahwa konsumsi beta karoten 1,7-2,7 miligram beta karoten per hari dapat menurunkan risiko kanker paru-paru hingga 40 persen.

2. Bayam

BAYAM

Ketika mendengar bayam, mungkin Anda akan teringat dengan sosok Popeye Si Pelaut. ugg outlet australia auckland Ya, karakter kartun Popeye tersebut sangat kuat setelah sang pelaut mengonsumsi bayam.

Memang, bayam memang memberikan banyak manfaat bagi tubuh Anda. Dengan hanya kandungan 7 kalori per ons, maka bayam menjadi salah satu pilihan tepat untuk membantu menurunkan berat badan.

Beberapa nutrisi yang terkandung dalam bayam antara lain protein, serat, kalsium, vitamin B, dan vitamin C. 25 persen kebutuhan zat besi dan 30 persen kebutuhan magnesium harian Anda dapat tercukupi dengan bayam.

>> Selain ‘Makanan’ untuk Otot, Bayam Juga Baik untuk Diet <<

3. Brokoli

Brokoli

Jangan anggap remeh sayuran satu ini. Kandungan kalori dalam brokoli kurang lebih hanya sebanyak 10 kalori per ons-nya. Selain rendah kalori, hal yang spesial lain dari brokoli adalah manfaatnya yang luar biasa bagi kesehatan.

Anggota dari keluarga cruciferous ini kaya dengan nutrisi dan anti oksidan. Seperti vitamin C, zat besi, vitamin A, kalsium, magnesium, dan kalium.

Untuk mendapatkan gizi yang optimal dari brokoli, sebaiknya memasaknya dengan cara dikukus atau direbus.

4. Udang

Jendela Udang

Selain mengandung protein yang cukup tinggi, udang termasuk makanan yang rendah kalori. michael kors apple watch band activity tracker Empat udang yang dimasak biasanya mengandung kalori berkisar 26 kalori.

Selain rendah kalori dan tinggi protein, udang juga mengandung nutrisi lain seperti selenium, niacin, dan vitamin B-12.

5. Tomat

Tomat

Tomat juga termasuk dalam makanan yang rendah kalori. Lima potong tomat memiliki kalori total berkisar 20 kalori.

Sama dengan makanan-makanan lain yang disebutkan sebelumnya, tomat juga mengandung sejumlah nutrisi yang baik bagi kesehatan. Tomat mengandung vitamin A, B, dan C.

Tomat mengandung antioksidan yang disebut lycopene yang dapat membantu melancarkan sirkulasi darah dan mencegah penyakit kanker prostat.

Dengan kandungan kalori yang rendah tersebut, tomat juga dapat membantu mengontrol stabilitas gula darah dan kolesterol tubuh.

#Hindari Makanan Manis dan Perbanyak Makan Buah dan Sayur

diet

Menjaga pola makan tetap sehat adalah langkah utama yang perlu Anda lakukan selama liburan. Karena jika makan dengan sembarangan dan dalam porsi yang cukup besar, bukan tidak mungkin berat badan Anda akan bertambah signifikan selama liburan.

Dalam menjaga pola makan, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan-makanan yang manis selama liburan. Makanan manis dapat menyebabkan lonjakan gula darah sementara gula darah yang berlebih akan dapat tersimpan dalam tubuh menjadi lemak.

Baca Juga: Kecanduan Makanan Manis?

Sebaiknya, perbanyak makan sayur dan buah-buahan yang selain rendah kalori, buah-buahan dan sayuran mengandung banyak nutrisi dan multivitamin yang penting bagi kesehatan tubuh. Kandungan serat dalam sayur dan buah-buahan juga membantu melancarkan pencernaan Anda.

#Bagaimana dengan Acara Olahraga Anda?

monster beats apple accessories 2 jpg” alt=”diet dan olahraga” width=”710″ height=”335″ class=”aligncenter size-full wp-image-54366″ />

Apakah Anda cukup kesulitan memiliki waktu untuk berolahraga saat liburan?

Hal ini banyak dialami oleh fitnes mania, mungkin pula Anda. Liburan adalah saat yang tempat untuk berkumpul bersama keluarga, teman, atau orang-orang terdekat lain.
Meski demikian, bukan berarti acara kumpul-kumpul ini mengganggu kegiatan Anda yang menyehatkan.

So, mulai kembali aktivitas olahraga Anda. Tidak harus pergi ke gym, Anda dapat memulainya dengan melakukan jogging di pagi hari kemudian diikuti dengan latihan beban bodyweight training sederhana seperti burpee, push up, sit up, atau pull up.

Latihan-latihan sederhana tersebut akan membantu menjaga massa otot dan kadar lemak dalam tubuh Anda, serta memberikan kesehatan pada Anda secara menyeluruh.

Baca Juga: Latihan Bikin Liburan Anda Lebih Sehat dan Seru

#Dukung dengan Suplementasi Chitosan

Ketika liburan dan berkumpul dengan keluarga, pasti akan banyak makanan enak dan menggoda yang tersaji. Biasanya, makanan-makanan tersebut mengandung lemak yang tinggi.

Tentunya, ini akan dapat mengganggu program diet Anda karena makanan yang terlalu berlemak tinggi dapat meningkatkan kadar kolesterol.

Namun, Anda juga akan sulit menolak tawaran acara tersebut karena memang dipersiapkan untuk menyambut perayaan akhir tahun. Lalu bagaimana cara agar diet Anda tetap aman?

Salah satunya adalah dengan mengonsumsi suplemen chitosan. Apa itu chitosan? Chitosan merupakan bahan alami yang berfungsi untuk membuang lemak sebelum diserap oleh tubuh.

Karena tidak dapat diserap oleh tubuh, chitosan akan dibuang dari tubuh bersamaan dengan lemak yang diikat ketika buang air besar. Dengan menambahkan suplementasi chitosan, pastinya akan dapat membuat diet Anda tetap lancar tanpa takut bocor.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes