mengganti lemak jenuh pada makanan

Cara Mengganti Lemak Jenuh Pada Makanan Anda

Meskipun Anda tidak dapat mengubah komposisi kimia dari lemak jenuh dalam makanan, Anda masih bisa menggantikan makanan dan bahan-bahan yang tinggi lemak jenuh dengan alternatif makanan yang lebih sehat sehingga membantu Anda secara drastis untuk mengurangi asupan lemak jenuh Anda. Makan terlalu banyak lemak jenuh dapat meningkatkan kolesterol darah dan risiko penyakit jantung. Berikut beberapa cara untuk menggantikan lemak jenuh pada makanan Anda:

mengganti lemak jenuh pada makanan

Pilih Minyak Daripada Mentega

Mentega sering digunakan dalam beberapa resep, menggantikan mentega dengan minyak akan secara signifikan menurunkan lemak jenuh dalam makanan Anda. Satu sendok makan mentega mengandung sekitar 7 gram lemak jenuh, sedangkan 1 sendok makan minyak kanola hanya mengandung 1 gram lemak jenuh. Cobalah mengganti mentega dengan minyak zaitun atau kanola untuk mengurangi kandungan lemak jenuh hampir dari setengahnya. Anda juga dapat mengganti beberapa mentega dalam resep makanan Anda dengan saus apel untuk mengurangi lemak jenuh dan kelebihan kalori. Hindari minyak tropis seperti minyak kelapa, karena meskipun minyak kelapa adalah minyak nabati, mereka kaya akan lemak jenuh.

Ganti Susu Berlemak Tinggi Dengan Susu Rendah Lemak

Jika Anda ingin menggunakan susu, krim, keju atau buttermilk dalam makanan Anda, maka pilihlah susu rendah lemak. Susu mengandung sekitar 5 gram lemak jenuh pada setiap cangkirnya, tapi susu skim mengandung hampir tidak ada lemak jenuh di dalamnya. The American Heart Association menyarankan untuk mengganti 1 cangkir susu dengan 1 cangkir susu skim. Jika Anda ingin memasak menggunakan buttermilk, gunakan susu rendah lemak ditambah cuka atau jus lemon sebagai gantinya.

Gantikan Daging Berlemak Tinggi Dengan Makanan Berprotein

Mengganti daging yang tinggi lemak dengan makanan berprotein secara drastis akan menurunkan asupan lemak jenuh Anda. Pilih potongan ramping daging merah (seperti bagian pinggang dan panggul).

Hindari Produk Berbahan Dasar Kelapa

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2011 di Asia Pasifik Journal of Clinical Nutrition, jenis lemak jenuh yang ditemukan dalam minyak kelapa mungkin tidak berdampak negatif pada kadar kolesterol darah Anda seperti lemak jenuh yang ditemukan dalam daging yang tinggi lemak dan produk susu. Kelapa, minyak kelapa, dan santan tinggi akan lemak jenuh. Ketika menumis atau memanggang dengan api kecil, gantikan minyak kelapa dengan minyak kedelai, kenari, wijen, dan jagung untuk mengurangi lemak jenuh.

Nah, sudah tahu kan bagaimana cara mengurangi lemak jenuh dalam makanan Anda? Yuk, terapkan hidup sehat dengan menjaga pola makan, suplementasi yang tepat, dan olahraga yang rutin. (mee)

BACA JUGA: Ingin Bergabung di Gym? Perhatikan Ini Dulu!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes