Honey Baked Chicken

Honey Baked Chicken

Madu adalah cairan yang menyerupai sirup, bertekstur kental dan memiliki cita rasa manis yang khas. Madu yang biasanya dikonsumsi oleh manusia dihasilkan oleh lebah madu dari genus Apis yaitu umumnya dari jenis Apis dorsata. Madu dihasilkan juga oleh lebah dari jenis bumblebees (Genus Bombus), stingless bees (Suku Meliponini), dan serangga hymenoptera seperti tawon madu. Madu yang dihasilkan dari ketiga jenis ini memiliki jumlah yang lebih sedikit dan memiliki karakteristik yang berbeda dibandingkan dengan madu yang dihasilkan oleh lebah madu Apis.

Honey Baked Chicken

Madu terbuat dari nektar yang oleh lebah diubah menjadi madu melalui proses regurgitasi dan evaporasi. Nektar adalah cairan yang mengandung gula alami yang dihasilkan oleh tanaman dalam kelenjar nectaries. Regurgitasi adalah proses pengeluaran bahan dari hulu kerongkongan (faring) atau esofagus yang biasanya ditandai dengan adanya makanan yang tidak tercerna. Nektar yang melalui proses regurgitasi akan diubah menjadi monosakarida melalui proses hidrolisis asam saluran cerna lebah. Hasil regurgitasi (calon madu) ini akan disimpan lebah madu dalam honeycombs (sisiran madu) dalam sarangnya. Calon madu ini masing mengandung banyak air sehingga dalam penyimpanan akan mengalami proses evaporasi dan perubahan enzimatis menjadi madu.

Rasa manis madu berasal dari kandungan gula sederhananya yang terdiri dari glukosa dan fruktosa. Tabel berikut menggambarkan komposisi karbohidrat dalam madu.

Jenis karbohidrat Rata-rata
Fruktosa (%) 38,38
Glukosa (%) 30,31
Gula reduksi (%) 76,65
Sukrosa (%) 1,31
Rasio fruktosa/glukosa 1,23

Sumber: National Honey Board (www.nhb.org)

Madu memiliki kemanisan yang hampir sama dengan kemanisan gula pasir. Madu mengandung 82,4 g karbohidrat dalam 100 g sehingga kalori yang dimiliki hanya 304 kkal, jika dibandingkan dengan gula yang memiliki nilai kalori 400 kkal/100 g. Berdasarkan tabel indeks glikemik yang dimuat di The American Journal of Clinical Nutrition (2002), madu memiliki nilai indeks glikemik rata-rata 55 yang termasuk dalam kategori indeks glikemik rendah. Meskipun memiliki nilai indeks glikemik yang rendah sebaiknya untuk pengidap diabetes konsumsi madu harus tetap dikontrol.

Suatu penelitian yang dilakukan oleh Bahrami, ugg outlet alexandria anaheim dkk. yang dimuat di International Journal of Food Science and Nutrition (2009 Nov; 60(7):6 18-26) yang berjudul Effects of natural honey consumption in diabetic patients: an 8-week randomized clinical trial, memberikan efek yang menguntungkan pada berat badan dan kandungan lemak darah pada kelompok pasien yang mengkonsumsi madu. Namun ada terdeteksi peningkatan hemoglobin A(1C) yang merupakan salah satu indikator pada penyakit diabetes, sehingga konsumsi madu untuk penderita diabetes dianjurkan untuk tetap berhati-hati. Dalam dunia kuliner, madu memiliki citarasa yang khas sehingga sering digunakan sebagai penyedap rasa, pengganti gula ataupun jenis pemanis lainnya.

Untuk 2 porsi

Bahan

2 buah paha ayam tanpa kulit (+ 300 g)
3 siung bawang putih (cincang halus)
2 cm jahe (cincang halus)
3 sdm madu
1 sdm kecap manis
1 sdt lada bubuk
1 sdm saus tiram
¼ sdt minyak wijen
¼ sdt garam

Cara membuat

1. Campur rata bawang putih, jahe, madu, kecap manis, saus tiram, minyak wijen dan garam. Sisihkan.
2. Beri 2-3 sayatan pada permukaan daging ayam. Lumuri daging ayam dengan campuran bumbu. Diamkan selama sekitar 30 menit.
3. monster beats apple accessories Panaskan oven pada suhu 180oC
4. Letakkan daging ayam bersama bumbu dalam loyang oven yang telah dialasi dengan aluminium foil. Bungkus dengan aluminium foil.
5. Masukkan dalam oven dan panggang selama kurang lebih 30-40 menit.
6. Angkat. Buka bungkus aluminium foil dan sajikan.

Nilai gizi per porsi

Kalori: 232,9 kkal
Lemak: 1,9 g
Karbohidrat: 18,7 g
Serat: 0 g
Protein: 35,2 g

Tips dan saran

Paha ayam dapat anda gantikan dengan dada ayam tanpa kulit. Atau anda dapat juga bereksperimen menggunakan sumber protein lain seperti daging sapi, ikan, atau tempe.

BACA JUGA: Raw Mandarin Chocolate Energy Truffle

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes