Semangat Kerja

Inilah 6 Makanan untuk Menambah Semangat Kerja Anda

Pada musim hujan seperti sekarang, mungkin daya tahan tubuh Anda mudah menurun. Dengan kondisi tubuh yang kurang prima, hal ini juga bisa menurunkan semangat kerja Anda. Jika dibiarkan, maka produktivitas Anda tentu dapat menurun.

Lalu bagaimana agar Anda tetap semangat kerja atau aktivitas harian Anda?

Mengatur pola makan dan latihan rutin adalah kunci utama untuk menjaga kondisi tubuh Anda agar tetap prima. Pastikan juga Anda mendapatkan istirahat yang cukup agar tubuh Anda tidak gampang lelah.

Nah, untuk meningkatkan semangat kerja dan mood, Anda juga bisa mendapatkannya melalui nutrisi dalam makanan.

Agar tubuh Anda berfungsi dengan optimal, salah satu cara adalah dengan memastikan bahan bakar dalam tubuh Anda yang didapat melalui makanan tercukupi dengan tepat.

Untuk menambah semangat kerja, Anda dapat mengonsumsi makanan yang mengandung asam amino tinggi yang dikenal dengan triptofan. Ini merupakan prekursor serotonin di otak. Serotonin merupakan neurotransmitter yang mempengaruhi mood Anda.

Lalu makanan apa saja yang bisa meningkatkan semangat kerja dan mood Anda?

#1. Omega 3 dari Ikan

Semangat Kerja

Ikan merupakan sumber lemak sehat atau Omega 3 yang dapat menjaga kesehatan kulit dan kuku Anda.

Tidak hanya itu, omega 3 juga dapat membantu menambah semangat kerja dan mood Anda. Lemak ini dapat meningkatkan salah satu fungsi bagian otak yang disebut korteks serebral, yang menjadi pusat kendali atas perasaan (mood) dan kebahagiaan Anda.

Omega 3 tidak dapat dibuat sendiri oleh tubuh. Karena itu, Anda harus mendapatkannya melalui makanan. Beberapa jenis ikan berlemak yang mengandung Omega 3 antara lain ikan tuna, salmon, sarden, tenggiri.

Anda juga bisa mendapatkan Omega 3 seperti dari bayam, alpukat, kacang kedelai, atau kacang walnut. Apabila asupan omega 3 kurang mencukupi, Anda dapat menambahkannya melalui suplementasi Omega 3 terbaik seperti dari Ultimate Nutrition.

#2. Konsumsi Vitamin C dari Buah-buahan Citrus

Semangat Kerja

Vitamin C dikenal sebagai vitamin penting untuk penyerapan zat besi. Sementara zat besi sendiri sangat penting untuk energi Anda.

Jika Anda benar-benar merasa lelah, maka bisa jadi salah satunya disebabkan karena zat besi yang kurang memadai atau bahkan bisa menjadi anemia.

Anemia adalah kondisi kesehatan yang umum terjadi di masyarakat dan ini bisa menyebabkan Anda merasa sangat lelah dan mood Anda menurun. Fungsi dari zat besi sendiri merupakan sangat penting untuk produksi hormon serotonin dan dopamin.

Kondisi ini akan diperparah apabila Anda kekurangan mengonsumsi vitamin c. Vitamin C ini biasanya dapat dengan mudah Anda temukan di buah-buahan citrus atau sayuran.

Buah-buahan citrus antara lain jeruk, lemon, jeruk nipis, atau grapefruit.

#3. Menambah Semangat Kerja dengan Bayam

Semangat Kerja

Bayam juga dapat meningkatkan semangat kerja Anda. Hal ini karena bayam mengandung folat atau yg juga dikenal dengan vitamin B9. Dimana vitamin ini sangat penting untuk mengatur kadar serotonin yang Anda miliki.

Selain itu, bayam juga merupakan sumber magnesium, yaitu mineral penting agar Anda mendapatkan tidur yang lebih berkualitas. Dengan mendapatkan tidur yang berkualitas, maka akan dapat mempengaruhi kondisi tubuh Anda, dan membuat Anda lebih prima. Anda semakin semangat kerja dan juga semangat untuk menjalani kegiatan sehari-hari.

#4. Tingkatkan Semangat Kerja dengan Kacang-kacangan

Semangat Kerja

Kacang-kacangan merupakan salah satu sumber makanan yang baik untuk membantu meningkatkan mood Anda. Selain mengandung lemak baik, kacang-kacangan juga mengandung asam amino triptofan.

Kacang-kacangan juga kaya akan magnesium. Seperti apa itu magnesium dan apa fungsinya? Anda dapat membacanya di sini.

#5. Semangat Kerja dengan Konsumsi Jamur

Semangat Kerja

Jamur. Siapa yang tak kenal dengan tanaman yang sekarang telah banyak dibudidayakan ini? Selain lezat, jamur juga kaya manfaat kesehatan. Tak heran jika jamur saat ini menjadi sayuran favorit bagi vegetarian sebagai pengganti daging.

Jamur juga merupakan makanan yang kaya vitamin D. Dari beberapa studi, vitamin D sangat penting untuk meningkatkan mood Anda.

Sejumlah manfaat kesehatan lain juga penting pada sistem kekebalan tubuh Anda. Selain itu, vitamin D juga penting untuk mendukung kesehatan tulang Anda.

So, jika Anda merasa tidak semangat kerja atau mood Anda kurang baik hari ini, Anda dapat mencoba beberapa makanan di atas untuk membantu membuat Anda lebih bersemangat.

Baca Juga: 5 Resolusi Pola Makan Terbaik untuk Tahun Ini

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes