Inilah Manfaat Diet Tinggi Protein dan Rendah Karbohidrat

Sering kali Anda mungkin mendengar tipe diet ini, makan protein lebih banyak serta mengonsumsi karbohidrat lebih sedikit.

Harapan dari diet ini adalah membatasi karbohidrat dapat membuat tubuh Anda ‘kekurangan’ energi pada saat latihan, sehingga energi yang dihasilkan karena pembakaran lemak.

Tentu hasil yang diharapkan adalah penurunan kadar lemak dalam tubuh Anda.

Seperti Bagaimana Diet Tinggi Protein dan Rendah Karbohidrat?

menurunkan berat badan

Salah satu tujuan utama dari diet ini adalah untuk membuat tubuh Anda dalam kondisi yang dikenal dengan ketosis. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, ketosis adalah proses dimana ketika tubuh kurang menerima asupan karbohidrat maka lemak yang tersimpan akan diubah menjadi energi.

Dan targetnya adalah mengurangi kadar lemak berlebih dalam tubuh sehingga membantu penurunan berat badan dan pembentukan otot tubuh.

Diet ini sendiri cukup sederhana. Cobalah konsumsi karbohidrat serendah mungkin sesuai target Anda. Misalnya;

• Jika Anda ingin menurunkan berat badan secara perlahan, Anda dapat mengonsumsi karbohidrat tak lebih dari 200 gram per hari.
• Jika Anda ingin menurunkan berat badan dengan cara sedang, Anda dapat mengonsumsi karbohidrat tak lebih dari 100 gram per hari.

Meskipun asupan karbohidrat, Anda harus cermat dalam memilih jenisnya. Lebih baik Anda memilih karbohidrat yang kaya akan serat sehingga membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

Baca Juga: Ingin Menurunkan Berat Badan dengan Cepat? Coba 5 Tips Diet Berikut!

Makanan untuk Diet Tinggi Protein dan Rendah Karbohidrat

DietMakro

#Daging
Daging kebanyakan menjadi menu utama jika Anda ingin melakukan diet ini.

Seperti daging ayam atau sapi tanpa lemak adalah pilihan terbaik. Daging domba yang terkenal dengan daging berlemak, juga masih dapat Anda konsumsi asalkan cermat dalam pemilihan daging (tanpa lemak).

#Ikan
Ikan tidak hanya menjadi sumber protein yang baik, melainkan juga omega-3 dan asam lemak esensial. Anda sebaiknya mengonsumsi 2 porsi ikan setiap minggu.

Ikan yang menjadi sumber protein antara lain ikan salmon, tuna, atau trout.

#Sayuran
Ketika Anda melakukan diet ini, sebaiknya Anda memperbanyak makan sayuran seperti brokoli, asparagus, bayam, wortel, dan lain-lain.

Namun, beberapa sayuran juga masih mengandung karbohidrat. Karena itu pastikan karbohidrat dari sayuran yang Anda makan tidak melebihi jumlah yang sudah Anda tentukan.

#Lemak Sehat
Bukan berarti Anda melupakan lemak dalam diet ini. Lemak masih berperan untuk menjaga tubuh Anda tetap berenergi. Namun, hindari makanan yang berlemak dan diproses.

>> Cara Mengganti Lemak Jenuh Pada Makanan Anda <<

Pilihlah sumber lemak baik seperti dari alpukat, minyak kelapa, minyak zaitun, dan sumber lemak sehat lainnya.

#Buah-buahan
Sama seperti sayuran, dalam diet ini tubuh Anda juga masih harus terasupi buah-buahan. Tapi perhatikan ada beberapa buah yang masih mengandung tinggi karbohidrat (gula).

#Kacang dan Biji-bijian
Kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang mete, atau almon merupakan sumber lemak sehat yang baik untuk diet Anda.

#Serat
Serat merupakan salah satu dari karbohidrat kompleks, yaitu lambat dicerna oleh tubuh sehingga Anda dapat merasakan kenyang lebih lama, tidak seperti karbohidat sederhana yang mengandung tinggi gula.

Makanan ini antara lain ubi, beras merah, atau oat. Namun kembali pastikan bahwa jumlah karbohidrat yang Anda asup tidak melebihi target Anda.

Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh Anda

manfaat minum air putih

Faktor lain yang tak kalah penting adalah cairan. Pastikan kebutuhan cairan tubuh Anda tercukupi sepanjang hari.

Minum kopi atau teh juga tidak masalah asalkan minuman tersebut rendah atau bahkan nol kalori. Seperti Java Prime Matcha Latte yang merupakan teh hijau berkualitas yang rendah lemak dan kalori. Selain itu, teh ini juga mengandung L-Carnitine yang tentunya sangat bantu pembakaran lemak tubuh dan menurunkan berat badan Anda.

Apa Saja Manfaat dari Diet Tinggi Protein dan Rendah Lemak?

sarapan untuk diet

Diet jenis ini bisanya cocok bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan dengan cepat, atau Anda yang kelebihan berat badan dan ingin kehilangan banyak berat badan Anda.

Namun yang pasti, Anda harus berkomitmen untuk diet jika ingin menurunkan berat badan Anda. Tanpa komitmen maka diet yang Anda lakukan akan mudah sekali gagal.

Alasan lain mengapa diet ini tepat untuk mengurangi kadar lemak tubuh Anda adalah tubuh Anda memaksa untuk membakar lemak yang tersimpan menjadi energi dan bukan karbohidrat.

Selanjutnya, tubuh Anda akan menghasilkan insulin yang lebih sedikit karena berkurangnya asupan karbohidrat. Insulin adalah hormon yang berpotensi meningkatkan penyimpanan lemak.
Dengan mengurangi jumlah yang disekresikan, Anda dapat mencegah penambahan berat badan.

Diet ini juga baik untuk menurunkan LDL (kolesterol jahat) serta meningkatkan HDL (kolesterol baik), yang dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler. Simak informasi menarik lain mengenai Benarkah Diet Tinggi Protein dapat Membantu Menurunkan Berat Badan?

Adakah Efek Samping dari Diet Ini?

diet tinggi protein

Sebenarnya, tidak ada efek samping yang spesifik. Namun jika sebelumnya Anda memiliki riwayat penyakit ginjal, mengonsumsi tinggi protein akan dapat memperparah kondisi Anda.

Jadi sebaiknya, sebelum melakukan diet apapun konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter apakah diet tersebut tepat untuk Anda atau tidak.

Bagi wanita yang sedang hamil dan menyusui membutuhkan folat (asam folat) yang banyak terdapat pada makanan yang mengandung tinggi karbohidrat.

Dengan mengurangi karbohidrat, maka asupan asam folat Anda akan berkurang sehingga alangkah lebih baiknya Anda tidak melakukan diet saat hamil atau menyusui.

Intinya adalah diet tinggi protein dan rendah karbohidrat ini adalah cara yang baik untuk membakar lemak berlebih dan menurunkan berat badan dalam jangka pendek.

Selain itu, Anda juga disarankan untuk tetap latihan secara rutin agar seimbang antara pola makan dan latihan. Pastinya ini akan memberikan hasil yang lebih memuaskan.

Baca Juga: Asam Amino Terbaik untuk Ledakkan Energi Anda

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes