Nutrisi sebelum latihan

Inilah Nutrisi Sebelum Latihan yang Sempurna

Sebenarnya, pemenuhan nutrisi sebelum latihan maupun setelahnya sangatlah sederhana. Baca artikel ini untuk mengetahui nutrisi yang terbaik sebelum dan sesudah latihan.

Mungkin sudah banyak yang melakukan ini ketika selama maupun setelah latihan di gym, yaitu mengonsumsi protein shake. Tentu saja dengan harapan dapat membantu percepat pemulihan serta perkembangan otot tubuh.

Dan protein shake ini memang benar-benar akan membantu tubuh Anda dalam keadaan anabolik.

Konsumsi protein shake setelah latihan seolah-olah sudah menjadi dogma bahwa itu harus dilakukan. Apakah benar hanya pada waktu ini saja bagian yang paling penting?

TIDAK.

Aspek penting lain yang perlu diperhatikan juga adalah pemenuhan nutrisi baik itu sebelum maupun selama latihan.
Ya, jika Anda memang ingin mendapatkan manfaat maksimal dari latihan, maka mulai sekarang Anda harus mulai memperhatikan asupan nutrisi sebelum memulai latihan.

Latihan dengan Perut Kosong Apakah Benar-Benar Efektif?

Nutrisi sebelum latihan

Hingga saat ini, mungkin beberapa dari Anda yang melakukannya. Yaitu berlatih dengan perut kosong. Terutama pada saat melakukan latihan kardio.

Latihan kardio dengan perut kosong dipercaya dapat membantu memaksimalkan pembakaran lemak tubuh.

Memang, ada beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa ketika mulai berlatih dengan intensitas rendah serta dalam kondisi perut kosong, tubuh akan mengoksidasi lebih banyak lemak.

Namun demikian tidak berarti bahwa peningkatan oksidasi lemak ini bisa menyebabkan kehilangan lemak yang lebih besar.

Dikutip dari laman MuscleandStregth.com, hal ini akhirnya dipecahkan pada penelitian yang diterbitkan Journal of the International Society of Sports Nutrition tahun 2014 dengan melakukan penelitian selama delapan minggu.

Penelitian tersebut mengatakan bahwa berlatih dengan perut kosong tidak berdampak nyata pada perubahan lemak tubuh bila dibandingkan dengan pemberian makanan ringan atau dalam keadaan perut telah terisi makanan.

Dengan demikian, ini berarti bahwa tidak ada alasan lagi untuk tidak makan sebelum berangkat latihan.

Lebih Banyak Latihan Maka Semakin Cepat Meraih Goal Anda

Latihan dengan volume yang tinggi akan memberikan manfaat yang luar biasa dalam program Anda. Dan memang benar, kunci utama dalam pertumbuhan otot adalah berlatih dengan keras.

Bila Anda melihat semua penelitian ini secara kolektif, Anda akan melihat bahwa repetisi rendah, beban berat dan repetisi tinggi, akan menghasilkan pertumbuhan otot yang maksimal.

Setelah baca sampai disini, mungkin Anda akan bertanya “artikel ini adalah membahas tentang nutrisi latihan, namun kenapa justru membahas perut kosong serta volume latihan sebagai kunci utama untuk mendapatkan manfaat yang maksimal?”

Berdasarkan dua hal tersebut, sangat jelas bahwa Anda juga perlu fokus pada pemenuhan asupan nutrisi sebelum latihan. Antara lain dengan:

– Mengetahui asupan nutrisi sebelum latihan yang sempurna
– Tentu saja untuk memaksimalkan program latihan Anda

Karbohidrat untuk Meningkatkan Performa Latihan atau Ergogenic Aid

nutrisi sebelum latihan

Sudah banyak penelitian tentang nutrisi yang membantu meningkatkan performa latihan Anda atau yang bisa disebut dengan Ergogenic Aid. Termasuk suplemen pre-workout yang sudah tersedia banyak di pasaran dengan berbagai merk.

Namun, ada satu hal yang berkali-kali menunjukkan bahwa nutrisi ini benar-benar dapat membantu meningkatkan kinerja latihan. Yaitu The Mighty Carbohydrate.

Ya. Konsumsi karbohidrat sebelum latihan adalah salah satu nutrisi terbaik untuk meningkatkan performa Anda selama berlatih. Mengapa karbohidrat bisa menjadi kunci performa Anda?

Ketika Anda mulai berlatih dengan intensitas yang cukup sederhana, tubuh Anda akan mulai menggunakan glikogen otot untuk memberi bahan bakar selama latihan. Seiring durasi latihan, Anda akan mulai menggunakan glukosa dalam darah untuk menjaga agar tubuh Anda tetap berenergi.

Seperti yang sudah dipublikasikan dalam US National Library of Medicine National Institute of Health tahun 1993, glukosa dari makanan sebelum latihan Anda mulai mengalir dalam aliran darah tidak lama setelah Anda memakannya dan akan terus berjalan selama 1-2 jam setelah Anda mengonsumsinya.

Tentu saja ini akan dapat memberikan Anda tambahan energi secara langsung ke dalam jaringan otot serta menjaga performa latihan Anda agar tetap maksimal.

Dengan berbekal pengetahuan ini, mungkin kita sudah bisa menebak bahwa mengonsumsi karbohidrat sebelum maupun selama latihan akan membantu meningkatkan performa latihan.

Lalu Bagaimana dengan Protein?

Apakah cukup sudah dengan karbohidrat saja sebagai nutrisi sebelum latihan? Rasanya masih ada yang kurang, yaitu protein.

Ya, protein juga memang tak kalah penting dan WAJIB dalam setiap program pembentukan otot. Karena telah terbukti bahwa protein dapat membuat karbohidrat menjadi lebih baik lagi dalam hal meningkatkan performa latihan dan pastinya adalah untuk membantu meningkatkan proses pemulihan otot pasca latihan.

Dalam jurnal Medicine Science Sports & Exercise tahun 2006 silam dikatakan, mengonsumsi protein sebelum latihan, terutama bila dikombinasikan dengan karbohidrat terbukti dapat meningkatkan pertumbuhan otot. Bahkan tanpa karbohidrat, mengonsumsi protein saja sebelum latihan dapat membantu memperbaiki sintesis protein otot.

Jadi kalaupun Anda tidak bisa konsumsi karbohidrat sebelum latihan, Anda bisa menambahkan whey protein terbaik sebelum latihan.

Nutrisi Sebelum Latihan: Berapa Banyak yang Harus Dimakan?

nutrisi sebelum latihan

Sekarang Anda sudah tahu bahwa Anda sangat membutuhkan karbohidrat dan protein sebelum latihan. Tentu saja ini dimaksudkan untuk memaksimalkan volume latihan, pemulihan, dan manfaat yang bisa Anda dapat.

Namun berapa banyak yang perlu dikonsumsi?

Untuk menentukannya memang gampang-gampang susah, tergantung seberapa besar keuntungan yang ingin Anda dapatkan. Anda bisa menggunakan cara sederhana ini:

– Jika Anda menerapkan program latihan body split, konsumsi sebanyak 20 gram protein dan 60-80 gram karbohidrat pada saat 30-60 menit sebelum latihan.
– Jika Anda rutin berlatih full body (latihan compound) dan sesi latihan bisa diperpanjang (lebih dari 90 menit), konsumsilah sekitar 40 gram protein dan 120-160 gram karbohidrat pada saat 30-60 menit sebelum latihan.

Jangan Kesampingkan Nutrisi Pasca Latihan

Ketika berbicara tentang apakah nutrisi setelah latihan benar-benar penting, maka ada satu kata yang terlintas, yaitu PEMULIHAN.

Salah satu yang sering disarankan oleh mereka yang ahli dalam sport nutrition, mengonsumsi karbohidrat 30-60 menit setelah latihan memungkinkan glikogen otot Anda untuk pulih lebih cepat daripada jika Anda menunggu lebih lama. Artinya adalah glikogen otot Anda pasti tidak akan cepat terisi jika Anda melewatkan asupan karbohidrat pasca latihan.

Sementara protein juga sudah umum diketahui bahwa ini adalah salah satu yang wajib dilakukan setelah latihan. Pasalnya, protein merupakan makanan utama bagi otot sehingga sangat penting perannya untuk membantu mempercepat masa pemulihan serta meningkatkan pertumbuhan otot.

Jadi kesimpulannya adalah baik nutrisi sebelum latihan maupun setelahnya sangatlah penting. Pemenuhan nutrisi sebelum latihan penting untuk membantu menjaga dan meningkatkan performa latihan. Serta pemenuhan nutrisi pasca latihan penting untuk percepat masa pemulihan (recovery).

Sementara itu, karbohidrat dan protein adalah nutrisi utama dalam pokok bahasan kali ini. Karbohidrat untuk menjaga peforma angkat beban Anda sementara protein dan membantu menjaga performa karbohidrat serta membantu meningkatkan pemulihan otot Anda.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes