Kafein Tingkatkan Metabolisme Tubuh & Bakar Lemak Lebih Banyak

Obesitas dan kelebihan berat badan sepertinya tidak lagi bisa dianggap remeh. Tak hanya di negara-negara maju seperti Amerika, di Indonesia pun jumlah orang yang mengalami masalah kelebihan berat badan ini terus bertambah dari tahun ke tahun.

Menurut data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas), banyaknya orang Indonesia yang mengalami obesitas telah mengalami peningkatan sebanyak 2,4% pada pria dan 3,1% pada wanita dalam kurun waktu 2007 hingga 2010.

Masalah kelebihan berat badan ini pun membuat semakin banyak orang yang ingin menurunkan berat badannya. Berbagai cara pun dilakukan, mulai dari mengatur pola diet, berolahraga, hingga menggunakan suplemen diet. Berbicara mengenai suplemen diet, kafein merupakan salah satu kandungan utama dalam berbagai produk suplemen pembakar lemak.

Kandungan Kafein dalam Suplemen Pembakar Lemak

Suplemen pembakar lemak dari Ultimate Nutrition, yaitu Ultra Ripped Fast Acting Formula, juga mengandung kafein alami yang berasal dari berbagai kandungan di dalamnya seperti green tea extract, guarana seed extract, dan yerba mate leaf extract. Selama bertahun-tahun kafein memang telah dikenal dapat merangsang peningkatan energi serta mampu membantu menurunkan berat badan dengan mengurangi lemak tubuh. Manfaat kafein ini sendiri telah terbukti melalui berbagai penelitian yang dilakukan oleh para ahli. Bagaimana kafein membantu proses penurunan berat badan Anda? Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Kafein, Peningkatkan Metabolisme, dan Pembakaran Lemak

Ultra Ripped Fast Acting Formula merupakan suplemen pembakar lemak yang bersifat termogenik atau mampu merangsang terjadinya proses termogenesis dalam tubuh. Apa itu termogenesis? Termogenesis adalah proses pengubahan energi menjadi panas dalam tubuh. Nah, kandungan kafein dalam Ultra Ripped Fast Acting Formula inilah yang merangsang efek termogenis tersebut. Proses ini meningkatkan pembakaran kalori dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Acheson et al., dan dimuat dalam The American Journal of Clinical Nutrition (K. J. Acheson, Ph.D., B. Zahorska-Markiewicz, M.D., Ph. Pittet,Ph.D., K. Anantharaman, Ph.D., and E. Jequier, M.D. Caffeine and Coffee: Their Influence on Metabolic Rate and Substrate Utilization in Normal Weight and Obese Individuals. Am. J Clin. Nutr. 33: 989-997, 1980) merupakan salah satu penelitian yang telah membuktikan bahwa kafein mampu meningkatkan metabolisme tubuh.

Dalam penelitian yang melibatkan subjek penelitian berupa orang-orang dengan berat badan normal dan yang mengalami obesitas ini, hasilnya adalah bahwa konsumsi kafein sebanyak 8 mg/kg berat badan mampu meningkatkan laju metabolisme tubuh hingga 16% lebih tinggi.

Masih menurut hasil penelitian ini, ternyata tidak hanya metabolisme tubuh yang terlihat mengalami peningkatan. Oksidasi lemak atau pembakaran lemak pun ternyata juga mengalami peningkatan meskipun tidak terlalu signifikan. Namun demikian, para peneliti menyimpulkan bahwa konsumsi kafein, dalam jumlah yang sesuai, dapat memberikan manfaat bagi mereka yang sedang dalam program untuk menurunkan berat badan. Sebagai tambahan, efek kafein pada subjek penelitian (baik yang memiliki berat badan normal ataupun obesitas) diyakini para peneliti sebagai akibat dari peningkatan pengeluaran energi (pembakaran kalori menjadi energi) serta perubahan komposisi tubuh yaitu dengan berkurangnya lemak yang tersimpan dalam tubuh.

Jadi, bagi Anda yang ingin memangkas lemak berlebih dalam tubuh Anda dan membentuk tubuh ideal yang Anda dambakan, menggunakan pembakar lemak Ultra Ripped Fast Acting Formula, yang mengandung kafein di dalamnya untuk membantu meningkatkan metabolisme tubuh Anda serta memaksimalkan pembakaran lemak dalam tubuh Anda.

BACA JUGA : Nutrition Guide for Circuit Training

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes