protein shake

Kapan Saat yang Tepat untuk Minum Protein Shake?

Tujuan dari protein shake adalah dengan segera memberikan protein (asam amino) pada otot bagi Anda. Proses ini disebut Muscle Protein Synthesis (MPS) atau protein sintesis untuk membangun kembali sel otot yang rusak.

Setiap kali tubuh membangun otot yang rusak, maka otot akan menjadi lebih besar dan kuat untuk mengatasi stres ketika kembali latihan berikutnya. Proses adaptasi otot ini sangat penting dan di sinilah peran vital dari protein.

Untuk memaksimalkan pertumbuhan dan pemulihan otot, maka diperlukan peningkatan proses sintesis protein. Cara terbaiknya adalah dengan menjaga aliran nutrisi, terutama protein dalam darah Anda. Asupan protein bisa didapat melalui makanan atau camilan. Dan jika kesulitan mendapatkannya melalui makanan, Anda bisa mendapatkannya melalui protein shake.

>> 6 Tambahan Terbaik untuk Protein Shake Anda <<

Apa itu protein shake?

Protein shake merupakan salah satu jenis minuman olahraga (sport drink) yang terbuat dari bubuk protein. Bisa dicampur dengan air, susu, atau jus buah. Penambahan bahan lain juga dapat dilakukan bertujuan untuk meningkatkan citarasa dan nilai gizi. Protein sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan dan pemulihan yang lebih baik selama dan setelah latihan. >> Temukan suplemen protein terbaik Anda di sini <<

Bagaimana cara membuat protein shake?

Untuk membuat protein shake bisa tergantng masing-masing orang. Namun biasanya, untuk membuat 1 protein shake dibutuhkan satu shaker atau botol dengan jumlah air sebanyak 250-300 ml. Setelah itu tambahkan 1 scoop bubuk protein kemudian shake (kocok) sampai larut selama 1-3 menit. Simak video berikut untuk membuat protein shake.

Kapan waktu terbaik untuk mengonsumsi protein shake?

Jadi pertanyaannya adalah kapan Anda harus minum protein shake? Beberapa hasil penelitian telah menunjukkan bahwa penambahan protein melalui suplemen sebelum dan sesudah latihan sangat penting untuk perkembangan otot Anda.

Setelah membaca peran protein di atas (MPS), mungkin Anda berpikir bahwa asupan protein shake sangat diperlukan setelah latihan. Belum tentu juga, karena protein juga diperlukan sebelum latihan. Namun, setiap orang memiliki kebutuhan protein yang berbeda tergantung dari jenis latihan, kompetisi, hingga waktu makan sebelum dan setelah latihan. Simak juga video lainnya tentang How to Combine Fat Burner with Protein Shake.

#Sebelum Latihan

1. Jika dalam kondisi perut kosong 1-2 jam sebelum latihan

Tubuh Anda membutuhkan bahan bakar selama latihan. Dan jika Anda belum mengisi bahan bakar, maka tubuh Anda akan melakukan apapun untuk menjadikannya bahan bakar sebagai sumber energi. Artinya, termasuk mengubah protein di otot Anda untuk menjadi glukosa sebagai sumber energi. Nah, mengonsumsi protein shake dapat menjadi solusi untuk memastikan tubuh Anda memiliki asam amino yang memadai guna mencegah kekurangan protein dalam otot.

2. Jika Anda berlatih terlalu lama

Meski Anda makan menjelang latihan, tidak butuh waktu lama bagi tubuh Anda untuk menggunakannya sebagai bahan bakar. Minum protein shake sebelum atau selama latihan akan membantu memberikan bahan bakar ketika latihan Anda berlangsung lebih dari satu jam.

#Sesudah Latihan

protein shake

1. Hidrasi saat latihan

Protein sangat penting untuk menjaga otot selama latihan. Syarat utama lain yang belum kita bicarakan adalah hidrasi. Ya, tanpa hidrasi yang tepat sel otot Anda akan sulit memulai proses pemulihan. Jika Anda terbiasa tidak melakukannya setelah atau selama latihan, alternatifnya adalah dengan minum protein shake. [Baca Juga: Jangan Asal Konsumsi, Kenali Apa itu Bubuk Protein]

2. Jika latihan Anda lebih singkat dan ringan

Ketika Anda melakukan latihan tidak lebih dari satu jam dengan intensitas yang cukup ringan, tentu itu tidak berpotensi kerusakan otot. Namun perlu diingat, dengan latihan maka tubuh juga memerlukan tambahan protein juga.

3. Jika Anda tidak bernafsu makan setelah latihan

Setiap selesai latihan kebanyakan orang nafsu makannya akan meningkat. Namun, beberapa kasus juga terjadi tidak nafsu makan setelah latihan. Jika tidak bernafsu makan setelah latihan, protein shake adalah cara terbaik untuk menggantikan nutrisi dan hidrasi tanpa harus dengan makanan.

Jika dikonsumsi dengan tepat, protein shake sangat bermanfaat bagi perkembangan otot Anda. So, siapkan protein shake Anda mulai dari sekarang!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes