Nutrisi Penting Untuk Pembentukan Tubuh Ideal Yang Sering Terlupakan

Selama ini Anda sering mendengar betapa pentingnya menjaga pola makan dan asupan gizi untuk mendapatkan tubuh ideal Anda. Tahukah Anda bahwa ternyata memastikan asupan air yang cukup juga sama pentingnya dengan menjaga pola makan? Kenyataannya adalah, ketika Anda kekurangan air saat berlatih akan membuat program pembentukan tubuh Anda sia-sia!

Satu hal yang paling umum terjadi ketika Anda mengalami dehidrasi adalah munculnya rasa haus. Rasa haus ini akan terus meningkat seiring berat latihan yang Anda lakukan. Anda pun akan kehilangan sekitar 2-5% berat badan Anda dalam satu set latihan. Dan jika ini berlanjut, tubuh Anda akan mengalami ketegangan yang luar biasa, karena tubuh berusaha menghemat cadangan air yang ada. Akhirnya tubuh mengalami kelelahan dan tidak sanggup menjalankan program latihan dengan maksimal.

Menjaga tubuh agar tidak kekurangan air selama latihan juga berdampak pada pembentukan otot Anda. Air dapat membantu melindungi persendian. Ketika Anda kekurangan air, persendian Anda tidak memiliki cukup pelumas untuk bergerak sehingga bisa berisiko cedera. Kandungan elektrolit pada air juga bisa mengurangi risiko kejang otot atau kram.

Selain itu, kurangnya cairan juga bisa berdampak pada mengurangnya produksi keringat. Seperti Anda ketahui, bahwa keringat membantu tubuh kita mengeluarkan racun-racun yang ada dalam tubuh. Jika racun ini tidak keluar dari tubuh, maka akan berpotensi menjadi penyakit. Tentunya ketika sakit, kita tidak akan bisa melakukan latihan normal dan program pembentukan tubuh Anda menjadi terganggu.

Sekarang Anda sudah mengetahui betapa pentingnya peran air dalam pembentukan tubuh Anda. Berapa banyakkah konsumsi air yang baik bagi Anda? Masing-masing berbeda, tergantung dari aktifitas dan berat badan Anda. Secara umum tubuh kita memerlukan 7-8 gelas air/hari atau sekitar 2 liter air/hari. Bagi Anda yang beraktifitas tinggi bisa mengkonsumsi lebih dari itu.

Sangat penting untuk bisa membaca sinyal dari tubuh Anda. Rasa haus merupakan “alarm” alami bahwa tubuh kita membutuhkan asupan air. Jagalah tubuh tetap dalam kondisi cukup air dan rasakan manfaatnya bagi perkembangan tubuh Anda!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes