resep tom yum

Resep Tom Yum yang Sehat dan Menyegarkan

Delicious Tom Yum Oatmeal Porridge with Shrimp, Sweet Corn, Red and Green Bell Pepper

Sup tom yum sekarang dapat dinikmati dalam bentuk bubur oatmeal. Menyehatkan dan juga menyegarkan. Tom yum atau tom yam adalah kuliner khas dari Thailand dan Laos. Makanan ini termasuk kuliner yang populer di dunia karena citarasanya yang khas. Dari segi bahasanya, tom yum berasal dari dua kata bahasa Tai yaitu “tom” dan “yam”. “Tom” memiliki arti diolah dengan cara direbus, sedangkan “yam” merupakan salah satu jenis salad Laos dan Thailand yang memiliki citarasa yang pedas dan asam.

resep tom yum

Jadi “tom yum” memiliki arti sup Laos dan Thailand yang memiliki citarasa pedas dan asam. Citarasa yang khas dari tom yum berasal dari bahan-bahan dan bumbu-bumbu yang digunakan seperti sereh, daun jeruk, lengkuas, jeruk nipis, saus ikan, dan cabe.

Tom yum memiliki banyak varian tergantung dari jenis bahan utama yang digunakan. Beberapa jenis tom yum antara lain tom yum goong atau tom yum kung (menggunakan udang), tom yum paa atau tom yam pla (menggunakan ikan), tom yum gai atau tom yum kai (menggunakan ayam), tom yum po taek atau tom yam thale (menggunakan campuran seafood seperti udang, cumi, kerang dan ikan), tom yum nam khon (menggunakan udang dan susu atau santan), tom yum kung maphrao on nam khon (menggunakan daging kelapa muda dan santan), dan tom yum kha mu (menggunakan kaki babi).

Beberapa jenis tom yum yang bergaya modern menggunakan jamur seperti jamur tiram dan jamur merang sebagai bahan utamanya. Atau tom yum ala kerajaan Laos (Royal Lao) yang menambahkan sedikit nasi pada sup tom yum-nya.

Pada resep sehat kali ini, saya membuat bubur oatmeal dengan citarasa tom yum yang menyegarkan. Cara pembuatannya mudah dan tidak membutuhkan banyak bumbu karena citarasa bumbunya sudah terdapat di dalam Tom Yum Oatmeal Porridge. Bubur ini tidak pedas seperti aslinya, sehingga dapat dinikmati oleh siapa saja. Anda ingin mencobanya? Yuk kita coba resep berikut.

Untuk 1 porsi

Bahan

4 sdm Tom Yum Oatmeal Porridge
50 g udang tanpa kulit
½ batang daun bawang (potong-potong)
2 sdm (+20 g) jagung manis pipil
¼ buah (+30 g) paprika merah (potong dadu)
¼ buah (+30 g) paprika hijau (potong dadu)
½ sdm minyak canola
250 ml air matang

Cara membuat

1. Panaskan minyak. Tumis daun bawang, udang dan jagung manis hingga matang.
2. Tambahkan paprika merah dan hijau. Tumis sebentar.
3. Tambahkan air. Masak hingga mendidih.
4. Masukkan Tom Yum Oatmeal Porridge. Masak dan aduk hingga agak mengental dan matang.
5. Angkat dan pindahkan pada mangkuk saji. Sajikan.

Tips dan saran

1. Anda dapat menggantikan jenis sayuran di resep dengan sayuran lain sesuai selera anda.
2. Anda juga dapat menggantikan udang dengan sumber protein lain seperti telur, daging ayam, tahu, tempe, dan lain-lain.

Nilai gizi per porsi

Kalori: 217 kkal
Lemak: 7,8 g
Karbohidrat: 21,8 g
Serat: 4,2 g
Protein: 14,8 g

BACA JUGA: Resep Puding Sehat Spesial Lebaran

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes