Steamed Tuna Casserole

Steamed Tuna Casserole

Casserole berasal dari bahasa Perancis “casse” yang berarti wadah atau mangkuk yang dapat digunakan memanggang dalam oven atau digunakan sebagai tempat menyajikan makanan di meja. Dalam bahasa Inggris, casserole memiliki tiga arti yaitu 1) wadah panggangan yang terbuat dari gelas, aluminium, atau tanah liat dan biasanya menggunakan penutup, 2) campuran bahan makan yang dimasak dalam wadah yang siap saji, dan 3) piring kecil dengan pegangan yang biasanya digunakan dalam laboratorium kimia. Dalam dunia kuliner, caserole dimasak menggunakan piring casserole (casserole dish) atau panci casserole (casserole pan).

Resep

Bahan-bahan makanan untuk membuat casserole di Amerika dan Eropa umumnya menggunakan potongan daging seperti daging ayam, ikan seperti ikan tuna, berbagai jenis sayuran, sumber karbohidrat seperti tepung-tepungan, beras, kentang, atau pasta, dan terkadang juga menggunakan topping yang renyah seperti keju parut. , dan dalam menu kali ini merupakan campuran bahan makanan yang dimasak dalam wadah dan beberapa jenis cairan dapat ditambahkan pada saat penyajian seperti kaldu, wine, bir, cider atau jus sayuran.

Biasanya casserole dimasak dalam wadah tanpa penutup menggunakan oven dan dapat disajikan sebagai menu utama ataupun menu pendamping dan disajikan bersama wadahnya. Di Inggris, Australia dan Selandia Baru, casserole dimasak dengan cara sedikit berbeda. Pertama-tama bahan daging dan sayuran dimasak terlebih dahulu menggunakan kompor biasa, kemudian dicampur dengan bahan cairan dan dimasak dalam oven dalam wadah tertutup. Cara ini menghasilkan daging yang lebih lembut dan juicy.

Beberapa jenis makanan yang termasuk dalam jenis casserole antara lain ragout, cassoulet, moussaka, lasagne, shepperd’s pie dan macaroni timbalo. Pada resep sehat kali ini, saya akan membuat casserole tanpa menggunakan oven tetapi menggunakan kukusan. Cara ini dapat membuat casserole memiliki tekstur yang lebih basah berbeda dengan jika kita menggunakan oven.

Untuk 12 potong

Bahan

250 g tuna kalengan (pisahkan minyaknya)
100 g vegeroni (masak “al dente” terlebih dahulu)
100 g brokoli (blansir dan potong-potong)
2 butir putih telur
240 g saus jamur (lihat tips dan saran)
100 ml susu cair rendah lemak
1/8 sdt garam
¼ sdt lada
50 g keju cheddar (diparut atau dipotong-potong)

Cara membuat

1. Campur rata tuna, vegeroni, brokoli, putih telur, saus jamur, susu, garam dan lada.
2. Siapkan wadah-wadah aluminium foil dan masukkan campuran tadi ke dalam wadah tersebut.
3. Taburi dengan keju secukupnya.
4. Kukus 15-20 menit atau sampai matang.
5. Angkat dan sajikan.

Nilai gizi per potong

Energi: 92,4 kkal
Lemak: 3 g
Karbohidrat: 8 g
Serat: 0,2 g
Protein: 8,3 g

Tips dan saran

1. Untuk saus jamur, saya menggunakan 1 sachet “Mushroom Gravy Mix – McCormick” yang dimasak dalam 240 ml air.
2. Vegeroni adalah jenis pasta yang menggunakan bahan sayuran sebagai salah satu bahan pembuatnya. Anda bisa menggantikannya dengan jenis whole wheat pasta.
3. Anda dapat juga menggantikan brokoli dengan jenis sayuran lain ataupun menambahkannya untuk melengkapi kandungan gizinya.

BACA JUGA: Nilai Gizi Di Balik Gurihnya Daging Bebek

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes