Tempeh & Tomato Oatmeal Porridge

Tempeh & Tomato Oatmeal Porridge

Memasuki bulan suci Ramadhan 1436 H ini bagi pemeluk agama Islam tentu sudah mempersiapkan segala keperluannya untuk menjalankan ibadah di bulan ini. Berolahraga, memilih makanan sehat dan menjaga pola makan selama menjalankan ibadah puasa pun perlu mendapat perhatian. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengatur makanan dan pola makan sehingga dapat membantu Anda menjalankan ibadah puasa dengan baik.

Tempeh & Tomato Oatmeal Porridge

– Mulailah melakukan sahur dengan memilih makanan-makanan yang kaya serat seperti biji-bijian utuh seperti beras merah, oatmeal, dan beras coklat, sayur-sayuran, dan buah-buahan. Serat makanan dapat menurunkan nilai indeks glikemik total sehingga makanan menjadi lebih lama dicerna dalam pencernaan dan membuat Anda dapat menahan lapar lebih lama. Kelebihan lain dari serat makanan yaitu kemampuannya dalam mengikat air sehingga dapat membantu tubuh terhadap dehidrasi. Konsumsilah bersama sumber protein dan lemak yang baik. Menu sahur yang tepat dapat membuat tubuh Anda tetap berenergi selama berpuasa dan tidak menjadi lapar mata pada saat berbuka puasa.

– Pada saat berbuka puasa, mulailah dengan makanan atau minuman yang mudah dicerna yang dapat memberikan energi instan bagi tubuh karena selama kurang lebih 13 jam tidak ada asupan energi yang masuk dan aktifitas sistem pencernaan sangat rendah. Anda dapat memilih berbuka misalnya dengan kurma, buah-buahan segar atau kolak. Jangan mengkonsumsi makanan berbuka dalam jumlah yang berlebihan sehingga tidak terjadi kelebihan kalori dan tidak mengganggu pada saat anda melakukan sholat Maghrib.

– Setelah Anda melakukan sholat Maghrib, Anda dapat melakukan makan malam dengan menu lengkap dengan tetap memilih makanan-makanan sehat dalam jumlah yang cukup. Pilih sumber karbohidrat yang rendah indeks glikemik, sayur-sayuran, buah-buahan, dan sumber protein dan lemak yang baik.

– Anda dapat mengkonsumsi cemilan setelah selesai melaksanakan solat Tarawih. Pilihlah cemilan-cemilan sehat yang rendah kalori dan tinggi serat seperti buah-buahan.

– Cukupi kebutuhan air pada saat tidak berpuasa. Namun bukan berarti Anda harus minum air sampai bergelas-gelas. Air yang dibutuhkan oleh tubuh tidak hanya berasal dari air minum tetapi juga berasal dari makanan yang kita konsumsi.

– Anda dapat mengkonsumsi suplemen untuk membantu memenuhi kebutuhan zat gizi tubuh Anda.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan pada saat menjalankan puasa. Pada resep sehat kali ini Saya akan berbagi salah satu resep yang dapat anda konsumsi pada saat sahur. Resep sehat ini memiliki kalori yang cukup dengan jumlah serat yang cukup tinggi sehingga tidak membuat Anda cepat merasa lapar pada saat berpuasa.

Untuk 1 porsi

Bahan

100 g tempe (potong dadu)
9 buah (+75 g) tomat cherry (belah dua)
25 g bawang bombay (potong dadu)
50 g kacang polong kaleng
250 ml air matang
4 sdm chicken oatmeal porridge
½ sdm minyak canola
¼ sdt garam atau sesuai selera

Cara membuat

1. Panas minyak. Tumis bawang bombay dan tempe sampai sedikit matang.
2. Masukkan tomat. Tumis sebentar.
3. Tambahkan air. Masak hingga mendidih.
4. Masukkan chicken oatmeal porridge dan kacang polong.
5. Aduk-aduk sambil dimasak sampai agak mengental.
6. Angkat. Pindahkan ke piring saji dan sajikan hangat.

Nilai gizi per porsi

Kalori: 380 kkal
Lemak: 17,5 g
Karbohidrat: 28,3 g
Serat: 12 g
Protein: 27,5 g

Tips dan saran

1. Anda dapat menggantikan tomat dan kacang polong dengan jenis sayuran yang lain untuk mendapatkan citarasa yang berbeda.
2. Anda juga dapat menggantikan tempe dengan sumber protein yang lain seperti daging ayam, ikan, telur, tahu, atau daging sapi.
3. Jika anda tertarik dan ingin mencoba serta memesan chicken oatmeal porridge, anda dapat menghubungi melalui email saya di [email protected] atau pin BBM saya 2bd0ff69. Karena produk hanya dibuat sesuai pesanan. Selamat mencoba.

BACA JUGA: Chicken Oatmeal Cookies

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes