Tofu Cream Soup

Dalam rangka menyambut Chinese New Year, kali ini saya akan berbagi resep menggunakan tofu atau tahu yang merupakan bahan makanan yang berasal dari negeri China. Sebelum kita mengolahnya, yuk kita tinjau sedikit tentang tahu.

Tofu-Cream-Soup

Tahu atau tofu sering disebut juga bean curd dibuat dengan cara menggumpalkan susu kedelai menjadi dadih (curd) kemudian diperas atau ditekan sehingga berbentuk kotak lembut berwarna putih. Tahu berasal dari China sekitar 2000 tahun yang lalu kemudian menyebar ke Korea dan kemudian Jepang pada Periode Nara (710-794 M).

Tahu memiliki julukan sebagai “The Cheese of Asia” dan termasuk salah satu komponen di banyak jenis makanan Asia. Tahu memiliki citarasa yang lembut dan dapat digunakan pada makanan yang bercitarasa gurih atau manis. Ditinjau dari segi nilai gizinya, tahu memiliki jumlah kalori yang rendah, kandungan protein yang termasuk tinggi, dan hanya sedikit kandungan lemak yang terdiri dari omega 3 dan omega 6. Selain itu, tahu juga merupakan sumber yang baik dari kalsium, mangan, besi, selenium, tembaga, fosfor dan magnesium.

Dengan kandungan zat-zat gizi tersebut tentunya tahu memiliki manfaat kesehatan untuk tubuh. Beberapa manfaat kesehatan tahu antara lain yaitu:

Kesehatan kardiovaskular
Konsumsi protein kedelai secara teratur dapat membantu menurunkan total kolesterol dalam darah sebanyak 30%, menurunkan kolesterol jahat sebanyak 35-40%, menurunkan kadar trigliserida, mengurangi kecenderungan terbentuknya penggumpalan darah dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Manfaat ini tentunya sangat membantu agar terhindar dari terjadi penyumbatan pembuluh darah dan penyakit jantung. Selain itu tahu juga mengandung sekitar 319 mg omega 3 dalam 100 g bahan, yang dapat memenuhi sekitar 14% kebutuhan harian. Kandungan omega-3 ini juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan kardiovaskular karena berfungsi yang memperbaiki rasio HDL dan LDL, dan mencegah terbentuknya penggumpalan kolesterol di pembuluh darah.

Membantu pada saat menopause
Tahu mengandung sejumlah fitoestrogen seperti isoflavon, genistein dan diadzein yang dapat membantu menjaga keseimbangan estrogen dalam tubuh wanita. Selain itu tahu merupakan salah satu sumber kalsium yang baik sehingga dapat membantu kebutuhan kalsium pada saat menopause.

Sumber mineral dan antioksidan
Tahu mengandung sejumlah zat besi dan tembaga yang bermanfaat dalam pembentukan sel darah merah. Tahu juga mengandung mangan yang merupakan kofaktor dari enzim superoxide dismutase yang merupakan antioksidan yang bertugas menangkap radikal bebas di dalam mitokondria (tempat produksi energi dalam sel). Selain itu kandungan selenium dalam tahu juga merupaan kofaktor dari enzim glutathione peroxidase yang merupakan antioksidan, dan juga bersama vitamin E dengan fungsinya melawan terbentuknya kanker usus, mengurangi gejala asma dan radang sendi dan juga mencegah penyakit jantung.

Sebagai sumber protein yang baik
Seratus gram tahu dapat mensuplai protein sebanyak sekitar 8 g dan dapat mencukup sekitar 13% kebutuhan protein harian. Selain itu kandungan asam lemak jenuh yang dibawah 1% dan rendah kalori (+70 kkal).

Nah, itulah sekilas tentang tahu dan manfaat kesehatannya. Dalam perayaan Tahun Baru China, beberapa jenis makanan memiliki arti tertentu, demikian juga dengan tahu. Tahu kering (dried tofu) memiliki arti pemenuhan kekayaan dan kebahagiaan, serta memberkati rumah. Sedangkan tahu goreng (fried tofu) memiliki arti emas dan kekayaan.
Sebelum memasak menu sehat kali ini, saya ingin mengucapkan juga :

“Happy Chinese New Year 2564
Wishing you prosperity, good health, longevity, happiness, and wealth
Gong Xi Fat Choi”

Untuk 3-4 porsi

Bahan
350 g tahu
100 ml air
50 g bayam
50 g kangkung
50 g labu siam (potong dadu)
¼ sdt ketumbar bubuk
2 lembar daun salam kering
¼ sdt lada
½ sdt garam
½ sdt penyedap rasa ayam
500 ml air kaldu ayam
¼ sdt daun timi kering
2 siung bawang putih (iris tipis)
3 siung bawang merah (iris tipis)
1 batang daun bawang (potong menyamping 1 cm)
1 sdm minyak canola

Cara membuat

  1. Haluskan 350 tahu dengan 100 ml air menggunakan blender. Sisihkan.
  2. Cuci bersih bayam dan kangkung. Petik daunnya dan potong batangnya kurang lebih 2-3 cm. Sisihkan.
  3. Panaskan minyak canola. Tumis bawang putih, bawang merah, dan daun bawang sampai wangi. Masukkan labu siam. Tumis sebentar.
  4. Masukkan bubur tahu dan air kaldu. Aduk rata. Masak sampai mendidih sambil diaduk.
  5. Masukan bayam,kangkung, ketumbar, daun timi, lada, garam, daun salam dan penyedap rasa ayam. Aduk rata. Masak sebentar.
  6. Angkat dan sajikan.

Nilai gizi per porsi

Energi: 99 kkal
Lemak: 6,8 g
Karbohidrat: 1,7g
Serat: 1,6 g
Protein: 8 g

Tips dan saran

  1. Jenis sayuran dapat anda variasikan, misalnya menggunakan baby corn, kacang panjang, sawi, atau brokoli.
  2. Dapat juga ditambahkan potongan ayam atau ikan untuk menambah kandungan proteinnya.

BACA JUGA : Sauteed Kai-lan & Chicken

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes