Olahraga Berlebihan bisa Bahayakan Ginjal

Dalam artikel “Olahraga Berlebihan Bisa Membahayakan Jantung” kita telah mengetahui bahwa olahraga berlebihan dapat mengancam kesehatan jantung. Tak hanya itu saja, olahraga yang dilakukan secara berlebihan ternyata juga bisa membahayakan kesehatan organ penting lainnya, yaitu ginjal.

Adalah seorang pria dari Pennsylvania yang mengalami nyeri otot setelah melakukan latihan beban di sebuah gym. Nyeri otot yang terjadi pada lengan pria ini berkembang menjadi pembengkakan serius hingga 3 kali ukuran normal pada kesesokan harinya.

Karena khawatir ia pun memeriksakan dirinya ke dokter. Dokter menyatakan bahwa pria tersebut mengalami Rhabdomyolysis, kondisi kerusakan otot yang terjadi karena pelepasan enzim myoglobin bersama dengan creatine kinase ke dalam aliran darah. Dan dokter menyatakan kondisi ini berpotensi menyebabkan kerusakan ginjal.

Pria yang minta namanya dirahasiakan itu pun harus menjalani serangkaian tes sepeti tes darah, kardiogram, hingga ultrasound. Menurut sumber terpercaya proses ini membutuhkan waktu hingga lebih dari 120 jam di Rumah Sakit.

“Rhabdomyolysis sering terjadi akibat cedera fisik keras seperti kecelakaan atau tertimpa reruntuhan bangunan. Namun ternyata olahraga keras berlebihan juga dapat menyebabkan kerusakan otot yang mengarah pada masalah ginjal,” ungkap Leslie Spry, MD, juru bicara National Kidney Foundation, seperti dilansir Women’s Health.

Untuk mengeluarkan enzim berbahaya dari tubuh, proses hidrasi selang infus diperlukan dalam merawat pasien yang mengalami rhabdomyolysis. Dialisis ginjal mungkin juga diperlukan, tergantung pada tingkat kerusakan ginjal akibat enzim tersebut. Dengan kondisi ini, pasien harus tinggal selama beberapa hari di rumah sakit.

Kerusakan ginjal akibat rhabdomyolysis sebenarnya dapat dicegah. Salah satunya adalah dengan berlatih sesuai tingkat kemampuan Anda. Membuat program latihan yang tepat dan aman juga diperlukan untuk memperkecil risiko rhabdomyolysis saat berolahraga, sehingga Anda dapat berlatih sesuai porsi dan tidak berlebihan. Mintalah bantuan personal trainer atau ahli medis dalam membuat program latihan yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

Saat berolahraga, pastikan tubuh Anda tetap terhidrasi dengan baik. Minumlah beberapa teguk air sebelum, saat, dan sesudah latihan. Selain menjaga tubuh tetap terhidrasi, air minum juga berguna untuk menstabilkan suhu tubuh dan mencegah overheating.

Istirahat cukup dan konsumsi makanan bernutrisi tinggi setelah latihan juga dianjurkan agar proses pemulihan tubuh dapat berjalan optimal. (dan)

BACA JUGA : Cegah Keropos Tulang dengan Olahraga

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes