Susah tidur

Sering Susah Tidur? Anda Tidak Akan Dapat Manfaat Ini!

Telah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa tidur lebih awal tidak hanya berdampak pada kesehatan Anda secara keseluruhan. Memiliki waktu tidur malam yang berkualitas juga berperan penting dalam performa latihan Anda.

Ahli medis dari Pusat Gangguan Tidur di Cleveland Clinic, Ohio, Harneet Walia menjelaskan bahwa sebaiknya Anda mendapatkan tidur yang berkualitas pada malam hari antara 7-9 jam. Dengan waktu tersebut, akan membantu Anda merasa lebih bahagia dan selalu bugar.

#1. Rasa Lapar Akan Berkurang

Susah tidur

Jika Anda telat dalam berangkat tidur, sering tidur terlalu larut malam atau susah tidur tepat waktu, produksi hormon leptin yang mengendalikan nafsu makan akan menurun.

Sementara itu, produksi hormon ghrelin yang meningkatkan nafsu makan justru akan meningkat apabila Anda sering merasakan susah tidur.

Lalu bagaimana jika Anda selalu memiliki waktu tidur yang berkualitas? Ya pasti kebalikannya di atas.

Baca Juga: Hindari Insomnia dengan Perhatikan Kualitas Tidur Anda!

#2. Proses Recovery Anda Lebih Cepat

Susah tidur

Apakah tubuh Anda terlalu lama memulihkan diri setelah tubuh Anda dihajar dengan latihan yang intens?

Apakah Anda masih merasakan nyeri yang lebih lama setelah latihan? Jika benar demikian, bagaimana dengan pola tidur Anda? Apakah Anda memiliki waktu tidur yang berkualitas?

Yup, jika Anda sudah berlatih keras serta mengatur pola makan tapi tidak memiliki istirahat yang cukup, maka usaha Anda tidak akan optimal atau bahkan sia-sia. Mengapa?

Pasalnya, dengan Anda punya tidur yang berkualitas, akan bantu tingkatkan produksi hormon pertumbuhan seperti testosteron. Dengan begitu, regenerasi sel dan pertumbuhan otot juga akan maksimal.

#3. Menjaga Kadar Lemak dalam Tubuh Anda

Susah tidur

Jika Anda tengah melakukan program fat loss atau menurunkan berat badan, atau Anda yang hanya ingin menjaga berat badan tetap ideal, maka sebaiknya menjaga pola tidur Anda. Jika Anda tetap susah tidur, jangan terlalu banyak berharap.

Sebab, jika Anda terlalu sering tidur terlalu larut maka dapat menghambat program Anda. Ya, ketika Anda susah tidur, maka produksi hormon stres (kortisol) akan meningkat. Kondisi ini dapat mempengaruhi resistensi insulin yang merupakan faktor risiko obesitas dan diabetes.

>> Perhatikan Tidur Anda Jika Ingin Tubuh Lebih Berotot <<

#4. Menambah Performa Latihan Anda

Susah tidur

Seperti yang sudah dibahas pada kata pembuka tadi, tidur yang berkualitas tidak hanya berpengaruh pada kesehatan Anda secara menyeluruh, melainkan juga pada latihan Anda.

Beberapa hasil studi menyebutkan bahwa tidur yang berkualitas juga bisa membuat latihan Anda lebih berkualitas. Hasil studi mengatakan, atlet yang susah tidur performanya juga akan semakin menurun.

#5. Dapat Terhindar dari Flu

Susah tidur

Terutama pilek. Pada saat musim hujan seperti sekarang, pastinya daya tahan tubuh Anda dapat menurun. Pada kondisi ini, maka tubuh Anda dapat dengan mudah terserang penyakit musiman seperti flu, termasuk pilek.

Meskipun mudah diobati dan sering Anda alami, pilek akan dapat mengganggu dan menurunkan kepercayaan diri Anda. Tidak ingin itu terjadi bukan? Oleh karena itu, coba mulai sekarang Anda pergi tidur malam lebih awal.

Dari hasil beberapa penelitian menyebutkan bahwa kurang tidur dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh. Karena itu, bagi Anda yang kurang tidur risiko terkena flu akan lebih tinggi dari pada Anda yang memiliki tidur yang lebih baik.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes