Sylvester Stallone Tips of Life

Siapa tak kenal Sylvester Stallone? Seorang aktor kawakan yang juga berprofesi sebagai sutradara, penulis cerita, entrepreneur, dan bahkan pelukis.

Aktor bernama lengkap Sylvester Gardenzio Stallone ini dilahirkan di New York, Amerika Serikat, pada 6 Juli 1946.  Sly, nama panggilan akrabnya.  Ia dilahirkan dari keluarga miskin di New York. Ibunya terpaksa melahirkan Sly kecil di tangga pintu sebuah sekolah.

Akibat proses kelahiran yang tidak lancar, Sly menderita kelainan saraf di bagian mukanya. Itulah sebabnya sisi kanan wajahnya menjadi tidak normal. Namun inilah yang kemudian menjadi ciri khas Sylvester Stallone di kancah perfilman dunia.

Sly kecil juga berbicara gagap, dan ujung bibirnya selalu tertarik ke bawah. Ia kerap diejek sebagai tokoh film kartun kucing di Looney Tunes bernama Sylvester yang kebetulan mirip namanya. Dengan segala kekurangan yang dimilikinya, di usia remaja Sly dimasukkan ke sekolah untuk anak berkebutuhan khusus.

Sly Meraih Mimpi

Meski tumbuh sebagai anak dengan kebutuhan khusus, namun Sly mempunyai mimpi untuk menjadi aktor terkenal. Berbekal kepercayaan diri yang tinggi, ia pun mengikuti berbagai audisi untuk mewujudkan impiannya.

Wajah yang terlihat cacat, gaya bicara gagap dan tidak memiliki kemampuan akting yang baik membuatnya harus rela keluar masuk pintu audisi tanpa mendapatkan peran apa pun. Ia pernah mengatakan bahwa dirinya pernah ditolak sebanyak 1500 kali, padahal jumlah agensi film di New York tidak sebanyak itu. Ini artinya, agensi film yang sama sudah menolaknya berkali-kali.

Dalam kondisi ‘galau’, Sly menyempatkan diri untuk melihat sebuah pertandingan tinju antara Mohammad Ali dan Chuck Webner kala itu. Banyak orang bertaruh bahwa Chuck Webner yang bertubuh kecil akan roboh pada ronde ke tiga. Namun ternyata ia dapat menyelesaikan total 15 ronde melawan Mohammad Ali yang bertubuh besar dengan kekuatan tekadnya.

Tokoh ini lah yang kemudian menjadi inspirasi Sly untuk menulis sebuah naskah film yang menceritakan seorang petinju yang pantang menyerah. Dalam hatinya ia tahu bahwa naskah tersebut akan menjadi sebuah film yang mengubah hidup dan nasibnya. Bahkan ia menyatakan jika tangannya sampai bergetar saat memandangi naskah itu.

Setelah mengalami 1500 kali penolakan, naskah film (yang diangkat ke layar lebar berjudul ‘Rocky’) yang dibuatnya ini mungkin satu satunya pintu gerbang untuk menjadi peran utama, karena itu ia tidak mau melepas peran Rocky untuk orang lain.

Sekalipun ber-budget rendah yakni US$1.000.000 dan dibintangi Stallone (yang belum tenar kala itu), di luar dugaan film ini meledak di pasaran dan menghasilkan uang senilai US$ 200.000.000. Bahkan dalam film tersebut Sly dinominasikan  sebagai Aktor Terbaik dalam Academy Award. Sedangkan film Rocky sendiri berhasil menggondol  tiga Oscar sekaligus, yakni untuk kategori Film Terbaik, Sutradara Terbaik dan Skenario Film Terbaik.

Kesuksesan Sly tak berhenti sampai di sini. Ia kembali menjadi raja film action setelah sukses membawakan peran John Rambo, dalam serial Rambo. Berkat film ini ia pun dijadikan lambang kejantanan film action Hollywood hingga saat ini.

The Sly Moves

Pernah berlatih di bawah asuhan Franco Columbu, pemegang dua kali gelar Mr. Olympia, untuk mencapai tubuh ideal berotot sebelum bermain dalam film-film action seperti Rocky dan Rambo.

Sang pelatih pernah berkata ,”Sly ingin latihan full out layaknya atlet binaraga yang akan bertanding Mr. Olympia dengan waktu hanya 6 minggu. Jadi ia harus latihan 2 kali sehari, 6 kali seminggu demi meraih bentuk tubuhnya yang terbaik.”

Franco pun tidak menemukan kendala berarti saat melatih Sly. “Sly benar-benar berusaha 100 persen. Tekadnya sangat luar biasa. Dia seorang peraih cita-cita. Seorang pemimpin. Dia tidak suka hanya duduk berpangku tangan saja. Dia lah orang yang membuat segala keinginannya tercapai.”

Keberhasilan Sly benar benar memotivasi dan menginspirasi banyak orang. Apa saja prinsip hidup Sly dalam meraih segala impiannya? Berikut adalah kumpulan sepuluh Sylvester Stallone Tips of Life dari buku yang ditulis oleh Sly sendiri berjudul “Sly Moves”.

  1. Jika tidak pecah, maka pecahkanlah. Seperti itulah temuan baru diciptakan. Itulah mengapa sesuatu yang mampu merubah kehidupan disebut dengan breakthrough.
  2. Pilihlah cita-cita yang membuat Anda rela mengorbankan segalanya. Untuk mencapai sukses, Anda harus mengikuti apa yang menjadi gairah hidup Anda.
  3. Antusiasme itu seperti penyakit yang menakjubkan. Karenanya terus sebarkanlah antusiasme sampai semua orang tertular.
  4. Pelajari dengan tekun kisah sukses seseorang. Pelajari lebih tekun lagi kegagalan mereka.
  5. Merasa naif dalam bisnis dan pemahaman sifat manusia adalah bibit bencana.
  6. Jangan pernah merasa malu saat Anda berusaha meraih cita-cita. Itu adalah bagian dari komitmen meraih cita-cita.
  7. Jika orang bisa mencuri ide Anda, maka kemungkinan mereka akan melakukannya.
  8. Jangan diskusikan impian Anda. Tetapi kejarlah impian Anda!
  9. Setiap hari, setiap beberapa jam sekali, lihatlah bahwa mimpi Anda mulai terwujud.
  10. Percayalah! Sebenarnya, hal tersebut bisa dilakukan dan akan dapat Anda lakukan. (aan)

 BACA JUGA : Miliki Tubuh Superhero ala Bintang ‘The Avengers’

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes