Air Putih Bisa Perbaiki Nilai Ujian

Sebuah studi yang dirumuskan dalam British Psychological Society Annual Conference di London Rabu, 18 April 2012 lalu menyatakan bahwa, pelajar yang minum air putih saat ujian memiliki tingkat kecerdasan yang lebih baik dalam menjawab soal-soal ujian.


“Langkah sederhana membawa botol air minum saat ujian ternyata memiliki kaitan yang erat dengan peningkatan nilai siswa” ungkap Dr. Chris Pawson, Dosen Senior School of Psychology University of East London.

Kesimpulan ini didapat setelah para peneliti melakukan penelitian terhadap pelajar yang sedang menghadapi ujian. Peneliti menganggap bahwa ada efek fisiologis langsung dari tubuh yang terhidrasi dengan kemampuan berpikir. Bahkan, penelitian juga menemukan bahwa minum beberapa teguk air saat ujian dapat membantu mereka lebih tenang dan terhindar dari rasa cemas yang dapat mengganggu kemampuan otak untuk berpikir.


Lebih jauh, para peneliti juga memeriksa hasil ujian dari pelajar yang membawa air minum saat ujian dan mereka yang tidak. Ternyata, hasil yang didapat cukup mengejutkan. Pelajar yang minum air putih saat ujian memiliki nilai yang lebih baik dari mereka yang tidak minum.

Pawson mengatakan penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat mendukung hasil penelitian ini. Beliau juga berharap, ada kebijakan dari lembaga pendidikan terkait yang memperbolehkan pelajar untuk minum air putih selama ujian.

“ Apapun alasannya, menjaga tubuh tetap terhidrasi selama ujian adalah faktor penting yang harus diperhatikan, khususnya bagi kesehatan” ungkap Dr. Chris Pawson.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes