Anak Obesitas Juga Berisiko Tekanan Darah Tinggi!

Obesitas memang sangat merugikan kesehatan manusia karena telah diketahui berisiko pada penyakit kronis seperti jantung, dan stroke. Namun ternyata penyakit kronis tersebut juga bisa menimpa pada anak-anak yang obesitas lho!

Anak Obesitas Juga Berisiko Tekanan  Darah Tinggi!

Tim peneliti dari California melakukan analisa pada data kesehatan sekitar 250.000 anak yang berusia 6-7 tahun, dan mereka menemukan bahwa anak-anak yang memiliki kelebihan berat badan 2 kali lebih berisiko untuk terkena tekanan darah tinggi dibandingkan dengan anak-anak yang memiliki berat badan normal.

“Temuan penelitian ini menunjukan bahwa dokter harus sangat waspada saat memeriksa kesehatan anak yang memiliki kelebihan berat badan, karena akan berisiko pada tekanan darah tinggi dalam waktu jangka panjang,” kata penulis utama penelitian ini, Dr. Corinna Koebnick, PhD., dan seorang peneliti di Kaiser Permanente Southern California’s Department of Research and Evaluation, AS.

Sementara peneliti lain juga memperingatkan bahwa tekanan darah tinggi pada anak-anak adalah suatu kondisi yang sangat serius, karena dapat memicu penyakit jantung dan ginjal.

Umumnya dokter direkomendasikan untuk mengukur tekanan darah sejak anak berusia 3 tahun keatas, namun hasil penelitian yang juga telah diterbitkan secara online oleh Journal of Clinical Hypertension menyatakan bahwa mengukur tekanan darah harus dimulai lebih awal pada anak yang diketahui memiliki kelebihan berat badan.

Semoga bermanfaat! (boy)

BACA JUGA : Ibu Obesitas, Anak Berisiko Meninggal Dini

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes