Apakah Aman Berolahraga Ketika Sakit?

Apakah seseorang harus berolahraga atau tidak ketika sakit? Menurut ahli, hal ini sebaiknya ditentukan berdasarkan dengan spesifik penyakit.

“Ketika sakit, tubuh kita akan berjuang melawan penyakit dan membutuhkan energi. Jadi, memberikan stres tambahan dari berolahraga ketika sakit bisa berbahaya bagi orang dengan kondisi penyakit jantung,” ungkap Keith Veselik, MD, dari Loyola University Health System, seperti dikutip Zeenews.com.

Di sisi lain, orang yang menderita diabetes mungkin perlu untuk memantau kadar glukosa darah lebih sering, terutama jika seseorang tidak makan dan minum secara normal, karena sakit bisa meningkatkan kadar glukosa dan hanya olahraga yang bisa menurunkannya.

Jika Anda memiliki kondisi medis tertentu dan tidak yakin apakah Anda harus berolahraga ketika sakit, Veselik menyarankan Anda sebaiknya berkonsultasi ke dokter Anda terlebih dahulu.

Namun, Veselik mejelaskan bahwa aturan umum untuk membolehkan Anda berolahraga jika gejala sakit yang Anda alami berada di atas leher, seperti sakit tenggorokan atau pilek.

“Jika Anda tidak merasa baik, tetapi masih ingin berolahraga, sebaiknya jangan berharap Anda untuk mendapatkan manfaat yang lebih. Anda juga tidak perlu berada di tempat tidur sepanjang hari, tetapi Anda tidak bisa berharap untuk memiliki tingkat energi yang sama seperti yang Anda lakukan jika Anda tidak sakit,” jelas Veselik. Namun, hal ini bisa berbahaya untuk berolahraga jika Anda memiliki gejala berikut ini:

• Demam

• Sesak napas atau sesak dada

• Nyeri badan

• Diare atau Muntah-muntah

• Jika merasa pusing atau berkunang-kunang ketika Anda berdiri. (jay)

BACA JUGA : Waspadalah! Obesitas Picu Melonjaknya Nafsu Makan

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes