Apakah Teh Hitam Lebih Sehat dari Teh Hijau?

Teh hijau kini sudah menjadi kunci kesehatan yang baik di kalangan pekerja. Sebagian orang juga menyakini bahwa teh hijau ampuh menyembuhkan semua masalah kesehatan.

Meski teh hijau memiliki beberapa manfaat kesehatan, tetapi teh hitam juga tidak kalah populer. Di beberapa negara, khususnya di India, justru lebih populer teh hitam yang lebih kuat ketimbang teh hijau.

Varietas teh hitam dan teh hijau sama-sama berasal dari China. Tetapi di masa lalu, kebiasaan meminum teh hitam telah tergeser dan lebih terpikat pada teh hijau karena dipercayai memiliki lebih banyak manfaat. Teh hitam juga memiliki banyak manfaat kesehatan sendiri. Berikut adalah manfaat-manfaatnya seperti dikutip Boldsky.com:

Jika Anda seorang peminum teh hitam, maka Anda akan mengalami risiko yang lebih rendah untuk stroke jantung. Menurut studi independen yang dilakukan Netherlands National Institute of Public Health, teh hitam mampu meningkatkan kesehatan jantung dan dengan demikian, bisa mengurangi kemungkinan stroke.

  • Kandungan flavanoids yang hadir dalam teh jenis ini, mampu menghambat produksi kolesterol jahat dalam tubuh. Itulah alasan mengapa bisa mengurangi kemungkinan serangan jantung.
  • Pengerasan dinding arteri dan juga penyumbatan kembali bisa terjadi dengan menyeruput teh hitam.
  • Teh jenis ini mampu meningkatkan pencernaan dan membantu mempercepat tingkat metabolisme. Hal ini juga berlaku pada teh hijau.
  • Sama seperti teh hijau, teh hitam juga membantu penurunan berat badan. Hal ini akan berguna asalkan Anda meminumnya tanpa susu dan gula.
  • Gunakan kantong teh ketika pernah mungkin. Dengan cara ini, Anda bisa mendapatkan gambaran yang benar tentang berapa banyak kalori yang Anda konsumsi sekaligus.
  • Teh hitam juga baik untuk rambut Anda. Anda bisa merendam teh hitam dengan daun pacar (henna) dan diolesi ke rambut. Ini memberi warna hitam yang indah pada rambut Anda.

Kandungan Kafein

Anda harus menyadari bahwa kedua jenis teh ini memiliki manfaat kesehatan yang sangat mirip satu sama lain. Lalu, apa perbedaan yang sebenarnya antara kedua jenis teh ini? Perbedaannya terletak pada kandungan kafein. Teh hitam memiliki 2-3 kali lebih banyak kafein dari teh hijau.

Kafein memiliki manfaat tersendiri seperti penurunan berat badan, namun umumnya dianggap sebagai zat adiktif. Kafein juga memiliki banyak efek yang merugikan pada tubuh, terutama sistem saraf pusat. Namun, tidak ada konsensus yang jelas di antara para ahli medis tentang kafein. Jadi, kita tidak tahu berapa banyak dan terlalu banyaknya sejauh ini pada kandungan kafein.

Kita hanya bisa menyimpulkan bahwa teh secara umum menyehatkan. Anda bisa memilih di antara teh hijau atau teh hitam sesuai dengan selera Anda. (jay)

BACA JUGA : Kebotakan & Kantung Mata, Tanda-tanda Serangan Jantung

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes