Apakah Testosteron Bikin Pria Sehat?

Wanita mendapatkan semua hormon selama siklus menstruasi dan kita bisa melihat efek-efek yang terlihat dari hormon-hormon tersebut pada kesehatan wanita. Pada pria, efek dari hormon pria justru terlihat sedikit. Namun, beberapa ilmuwan medis menunjukkan bahwa testosteron itu bisa membuat sehat pria.

Pria yang memiliki kadar testosteron rendah memiliki masalah kesehatan seperti kelelahan, kesehatan tulang yang buruk, metabolisme lemak yang lambat, dan masih banyak lagi. Juga, pria dengan kadar rendah hormonal memiliki rambut yang tidak sehat dan jarang tumbuh di tubuh dan kulit kepala.

Berikut adalah beberapa manfaat testosteron dalam mempengaruhi kesehatan pria, seperti dikutip Boldsky.com:

1. Massa otot: Pria diketahui lebih kuat dari wanita, hal ini berkat testosteron ekstra yang ada di dalam tubuh pria. Hormon pria yang diproduksi di testis bertanggung jawab untuk membangun otot secara alami.

2. Kekuatan tulang: Tidak seperti wanita, pria memiliki kesehatan tulang yang baik karena adanya testosteron dalam aliran darah mereka. Jumlah kalsium pada tubuh pria jauh lebih baik karena adanya hormon pria tersebut.

3. Sel darah merah: Pria memiliki tingkat hemoglobin yang lebih tinggi ketimbang wanita. Fakta lainnya, testosteron bisa membantu dalam produksi sel darah merah dalam tubuh.

4. Rambut di tubuh: Rambut adalah simbol kejantanan pria. Pria biasanya memiliki rambut tubuh lebih banyak daripada wanita dan juga dianggap sebagai tanda kejantanan. Rambut pun memiliki hormon seksual di dalam tubuh pria. Meski tidak berdampak pada kesehatan secara langsung, rambut memiliki faktor “feel-good” yang melekat pada setiap pria.

5. Distribusi lemak: Seperti yang kita ketahui, wanita lebih cepat gemuk ketimbang pria. Hal ini karena testosteron dalam tubuh pria membantu dalam metabolisme dan distribusi lemak dalam tubuh.

Manfaat-manfaat ini membuktikan bahwa testosteron memiliki peran penting dalam kelancaran fungsi dari tubuh manusia. Bahkan, proses penuaan juga tergantung pada hormon ini. (jay)

 BACA JUGA : Wanita Sulit Hamil jika Ibu Menopause Dini?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes