Asam Lemak Omega 3 dan 6 Terbukti Membantu Peremajaan Sel

Suplementasi asam lemak omega-3 dan omega-6 ternyata mampu mengaktifkan proses autophagy, yaitu semacam mekanisme daur ulang sel tubuh yang mampu menambah ketahanan sel dan memperlambat penuaan sel.

Begitulah hasil penelitian Massachusetts General Hospital (MGH), AS, yang dipublikasikan dalam Genes & Development edisi 15 Februari 2013. Para peneliti awalnya melakukan ujicoba pada cacing gelang yang diberi makan asam lemak omega-6. Hasilnya, mereka mampu bertahan lebih lama terhadap kelaparan dan mampu hidup lebih lama. ugg outlet barstow brisbane

Asam Lemak Omega 3 dan 6 Terbukti Membantu Perbaikan Sel

Kemudian suplementasi asam lemak omega-6 dilakukan terhadap sel-sel epitel manusia. Hasilnya adalah terjadinya proses yang dinamakan autophagy, yaitu sebuah mekanisme daur ulang sel yang setelah diamati mampu meningkatkan daya tahan dan memperlambat proses penuaan sel.

Para ilmuwan kemudian mengambil kesimpulan bahwa efek menyehatkan setelah suplementasi asal lemak tak jenuh ganda omega-3 dan omega-6 (misalnya dengan minyak ikan) yang muncul dari studi epidemiologi pada manusia mungkin disebabkan oleh aktivasi autophagy tersebut.

Selain suplemen minyak ikan, sumber-sumber penting asam lemak tak jenuh Omega-3 dan Omega-6 dalam makanan diantaranya adalah ikan laut (seperti tuna, kod, sardin, moncler jacket acorus 2 salmon), minyak biji flax, minyak wijen, kerang, minyak kedelai, biji blewah, sayuran berdaun, walnut, ugg outlet alexandria anaheim dan alpukat. Minyak kelapa bukan merupakan sumber asam lemak tak jenuh ganda. Sementara minyak inti sawit mengandung asam linoleat meskipun tidak banyak. (aan)

BACA JUGA : Manfaat Omega 3 & 6 Bagi Kesehatan Anda

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes