Awas, Kurang Nutrisi Bisa Sebabkan Depresi!

Menurut penelitian terbaru, pola makan yang kurang akan nutrisi seperti, folat dan vitamin B12, bisa meningkatkan risiko gejala-gejala depresi melankolis.

Depresi melankolis melibatkan gejala depresi yang umum, seperti menurunnya mood. Sementara itu, depresi non-melankolis ditandai dengan gejala jenis lain, seperti menurunnya rasa percaya diri, perasaan khawatir dan cemas.

Di sisi lain, gejala depresi non-melankolis juga berhubungan dengan peningkatan risiko untuk sindrom metabolik.

“Temuan ini memiliki implikasi praktis dalam perawatan pasien dengan gejala depresi. Sebagai contoh, sebaiknya hindari obat-obatan yang menyebabkan kenaikan berat badan di antara pasien depresi non-melankolis depresi. Sedangkan gejala depresi melankolis mungkin sebaiknya dilihat lebih dekat pada kualitas pola makan pasien,” ujar Jussi Seppala, MD, Kepala Departemen Psikiatri di Hospital District of Southern Savo.

Para peneliti mempelajari hampir 3.000 warga Finlandia berusia setengah baya dan lanjut usia. Di antara orang dengan asupan folat tinggi, risiko gejala depresi melankolis hampir 50 persen lebih rendah dibandingkan mereka dengan asupan terendah.

Selain itu, di antara mereka dengan tingkat tertinggi vitamin B12, risiko gejala depresi melankolis hampir tiga kali lebih rendah dibandingkan mereka dengan tingkat terendah.

Selain itu, risiko untuk sindrom metabolik tercatat dua kali lipat di antara mereka dengan gejala depresi non-melankolis, dibandingkan dengan orang dengan gejala depresi melankolis atau mereka yang tidak memiliki gejala depresi.

Penelitian ini telah dipublikasikan dalam Journal of Affective Disorders. (jay)

BACA JUGA : Nutrition Guide for Circuit Training

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes